merek semen terbaik

7 Rekomendasi Merk Semen Terbaik Untuk Kebutuhan Berbagai Bangunan

Diposting pada

Semen merupakan salah satu bahan material penting yang harus ada pada setiap pembangunan sebuah bangunan. Dan beruntung saat ini semen sudah mudah untuk di dapatkan dan bisa dipastikan akan ada di setiap toko bangunan baik di kota ataupun di daerah pedesaan sekalipun (khususnya pulau Jawa).

Mengutip Wikipedia terkait sejarah semen, Sebelum ditemukan zat kimia sebagai komposisi semen seperti saat ini, orang-orang di zaman dulu bahkan menggunakan putih telur dan ketan sebagai perekat untuk merkatnya batu-batu untuk bangunan.

Dan ajaibnya adalah, bahwa candi Borobudur, candi Prambanan dan jembatan di China pun ternyata dibangun menggunakan ketan sebagai perekatnya. Padahal untuk saat ini tidak akan pernah kita temukan lagi ketan dan putih telur digunakan sebagai perekat bangunan.

Harga Semen Terbaru

Harga semen yang banyak beredar di pasaran dari yang paling murah ada di kisaran harga Rp 40 ribuan, dan untuk kisaran harga termahal Rp 70 ribuan. Terkecuali di bagian wilayah Indonesia yang sulit dijangkau transportasi seperti di Papua misalnya, maka bisa jadi harganya akan menjadi jauh lebih mahal.

Beli Semen Kiloan Apakah Bisa?

Sangat bisa. Baik di toko bangunan offline ataupun di marketplace online seperti Lazada dan Shopee, saat ini Anda bisa membeli semen kilon atau per kilo, dengan harga mulai dari Rp 3 ribu sampai dengan Rp 7 ribu per kilonya.

Tips Memilih Semen Yang Berkualitas

Mengutip artikel yang ada di Kompas.com, berikut ini beberapa tips terkait cara memilih semen yang baik sebelum membeli:

Pilih semen yang masih baru yang waktu simpannya belum melebihi 1 bulan. Untuk mengetahuinya bisa ditanyakan kepada penjual atau di cek fisiknya langsung apakah semen terasa padat dan keras atau tidak.

Tips selanjutnya adalah dengan hanya memilih merk semen yang sudah berlabel SNI atau Standar Nasional Indonesia.

Jika mengutip tips yang ada di Kompas.com sebenarnya masih ada beberapa tips lainnya akan tetapi menurut BestList hal tersebut tidak memungkinkan untuk dilakukan oleh pembeli semen karena harus melihat warna semen dan juga memegang dan merasakan sensasi semen tersebut dingin atau panas.

7 Rekomendasi Merek Semen Bangunan Yang Bagus

Dan beberapa rekomendasi dari BestList berikut ini bisa Anda jadikan acuan sebelum Anda membeli dan menentukan pilihan merk semen apa yang akan pergunakan untuk membangun rumah Anda ataupun proyek yang Anda kerjakan.

1. Dynamix Serbaguna – Untuk Kegunaan Non Struktural

semen dynamix serbaguna

Semen untuk pasangan batu bata dan keramik, Plesteran, dan Acian Dinding Tembok.

LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Semen Dynamix Serba Guna cocok digunakan untuk semua pengerjaan bangunan dengan teknologi Micro Filler Particle, mampu mengisi rongga dengan sempurna, memberikan kekuatan dari dalam, sehingga hasil kuat dan memilik permukaan yang halus.

Belum kenal dengan merk Dynamix ini?, dulu namanya adalah Holcim kemudian berganti nama menjadi Dynamix setelah perusahaan induknya diakuasi oleh perusahaan lain sehingga perusahaan pemegannya melakukan rebranding menjadi Dynamix.

Namun meskipun sudah berganti nama, kualitasnya tentu saja tidak berubah dan bahkan mengalami perbaikan dan menjadi lebih bagus lagi, karena memang sudah sejak dulu semen Holcim sudah dipercaya untuk membangun karena harganya yang ramah di kantong akan tetapi memberikan kualitas yang tidak abal-abal.

Untuk versi yang lebih ekonomis dari Dynamix Serbaguna, ada juga Dynamix Mansory yang cocok dan bisa diperuntukan untuk semua kebutuhan pembangunan yang sifatnya non struktural seperti ngecor dan membuat beton.

2. Dynamix Extra Power – Semen Terbaik Untuk Ngecor

semen dynamix extra power

Jika Anda bertanya merk semen apa yang bagus untuk ngecor, maka salah satu merk yang akan BestList rekomendasikan adalah Dynamix Extra Power yang satu ini.

Dynamix Extra Power merupakan produk semen bangunan yang sudah diformulasikan secara khusus dengan Micro Filler Particle dan Strength Agent Formula, agar dapat menutup rapat setiap celah, sehingga sangat cocok digunakan untuk stuktur bangunan dan cor Beton.

Situs resmi semen Dynamix yang diproduksi oleh PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (yang dulunya PT Holcim Indonesia Tbk) adalah https://solusibangunindonesia.com.

3. Tiga Roda – Semen Terbaik Untuk Mengaci

semen tiga roda

Cocok untuk semua kebutuhan bangunan

LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Berbicara tentang merk semen, siapa sih yang tidak kenal dengan merk Tiga Roda ini? bagi masyarakat Indonesia tentu hampir semua orang dewasa sudah mengenalnya karena semen ini merupakan salah satu semen yang sudah sejak dulu ada dan belum berganti nama atau merk sampai dengan sekarang.

Semen Tiga Roda dipercaya memiliki kualitas hasil akhir yang baik jika digunakan untuk mengaci dinding tembok. Dan bahkan cukup banyak tukang bangunan yang merkomendasikan untuk kebutuhan memasang bata dan plester atau ngeplur menggunakan semen Holcim, dan untuk mengaci atau acian dinding temboknya menggunakan Tiga Roda ini karena memang memberikan hasil yang lebih bagus.

Oleh karena itu, meskipun sebenarnya harga Tiga Roda lebih mahal dari Holcim (Dynamix), tapi dengan kualitasnya kemudian membuat konsumen untuk tetap membelinya, karena konsumen menganggapnya bukanlah kerugian ketika membeli dengan harga yang lebih mahal tapi memberikan kualitas yang lebih baik.

4. Semen Gresik

semen gresik indonesia
LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Setelah Tiga Roda, semen Gresik merupakan salah satu yang paling populer di Indonesia yang juga sudah ada sejak bertahun-tahun yang lalu, dan sudah barang tentu juga sudah menjadi salah satu produk semen yang sudah ber SNI.

Dan selain sudah memenuhi SNI atau Standar Nasional Indonesia, semen Gresik ini juga sudah mengantongi sertifikat ISO 14001.

Keunggulan produk ini diantaranya adalah di dalamnya terdapat unsur pozzolan yang akan membuatnya menjadi bertambah kuat dan kokoh. Dan juga, unsur pozzolan ini juga dapat membuat produk ini menjadi lebih tahan terhadap asam serta sulfat dan juga mengurangi risiko keretakan atau pecah-pecah di dinding tembok.

5. Semen Rajawali – Semen Alternatif Tiga Roda

semen rajawali
LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Meskipun kualitas tetap saja masih kalah dengan Tiga Roda, akan tetapi semen rajawali terkadang dianggap memiliki mutu dan kualitas yang tidak terlalu berbeda jauh dengan Tiga Roda dan sering dijadikan sebagai alternatif dari Tiga Roda untuk merka yang memang ingin membeli semen dengan budget yang lebih hemat.

Atau dengan kata lain, Rajawali ini merupakan produk versi murahnya dari Semen Tiga Roda, karena sebenarnya merk atau brand ini sebenarnya adalah second brand dari semen merk Tiga Roda.

Meskipun harganya cukup murah dan terjangkau dan tidak berbeda jauh dari semen Dynamix, semen ini sering diklaim memberikan hasil yang tidak mudah retak-retak di dinding tembok dan cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan pembangunan.

6. Semen Bima

semen bima
LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Semen Bima merupakan sebuah produk semen yang diproduksi oleh perusahaan yang bernama PT Sinar Tambang Arthalestari yang berada di Banyumas Jawa Tengah. Dan meskipun ketersediaannya di pasaran bisa dikatakan masih terbatas dan tidak begitu luas mencakup berbagai wilayah di Indonesia, namun semen ini banyak dianggap sebagai semen yang berkualitas.

Semen Bima tersedia dalam 2 pilihan kemasan yakni kemasan sak 40kg dan 50kg yang dikemas menggunakan bungkus sak 3 lapis sehingga membuatnya menjadi lebih tahan dan beku pada suhu dingin.

7. Semen Padang

semen padang
LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Dari nama atau merknya tentu sudah bisa ditebak kan bahwa semen ini berasal dari Padang – Sumatera Barat. Dan jika dibandingkan keenam merk semen yang diatas, Semen Padang bisa dikatakan sebagai salah satu pabrik semen terbesar di Indonesia.

Produk ini juga sudah ada sejak lama, dan keberadaannya yang masih ada hingga saat ini, sebenarnya bisa juga dijadikan sebagai salah satu bukti bahwa kualitas produk semen ini memang bagus dan banyak dipercaya oleh konsumen untuk membangun.

Alamat situs resmi semen Padang adalah http://www.semenpadang.co.id/, akan tetapi memang tidak sepopuler dengan alamat situs klub sepak bolanya yakni Semen Padang FC https://www.semenpadangfc.co.id. Dan bahkan berdasarkan pengecekan BestList situs tersebut tidak bisa diakses atau sedang mengalami gangguan.

Simak juga rekomendasi:

Plafon PVC Terbaik.

Baja Ringan Standar SNI.

Merek Cat Tembok Terbaik.

Cat Pelapis Anti Bocor Terbaik.

Keramik Kamar Mandi.