benih jagung terbaik

10 Rekomendasi Jenis Benih Jagung Terbaik Yang Berasa Manis

Diposting pada

Ingin menanam jagung kebutuhan pertanian skala besar? salah satu hal terpentingnya adalah, Anda harus mempersiapkan benih jagung yang memang benar-benar berkualitas baik, hal ini sangat penting, agar potensi panen secara maksimal menjadi semakin besar.

Karena menanam jagung dari jenis jagung yang memang berkualitas baik, akan sangat mempengaruhi potensi panen, ketahanan terhadap hama penyakit, dan juga durasi lamanya panen. Adapun jagung manis merupakan salah satu jenis jagung yang paling digemari oleh masyarakat di Indonesia.

voucher tokopedia gratis
===

Jagung manis sendiri sebenarnya bisa artikan sebagai jagung yang dipanen ketika masih muda (daging belum keras), dan ketika sudah tua dan daging bijinya mengeras akan menjadi jagung pipil biasa.

Mengenal Jenis-jenis Jagung

Mengutip kompas.com, sedikitnya untuk saat ini ada 6 jenis jagung yang dibudidaya di Indonesia, yang banyak diolah sebagai jagung rebus, jagung bakar, sayur sop, sayur bening, berondong atau pop corn, dan lain-lain.

  • Jagung Manis
  • Jagung Berondong (Jagung Pop Corn)
  • Jagung Mutiara
  • Jagung Gigi Kuda
  • Jagung Pod
  • jagung Ketan

Manfaat Jagung Untuk Kesehatan

Meskipun sebagian besar masyarakat Indonesia tidak menjadikan jagung sebagai makanan pokok bagi mereka, tapi sebenarnya manfaat jagung untuk kesehatan ternyata cukup banyak, seperti yang kami kutip dari AloDokter berikut ini.

  • Jagun dapat membantu melancarkan saluran pencernaan.
  • Jagung dapat membantu memelihara kesehatan mata.
  • Jagung dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang.
  • Jagung dapat mencegah depresi.
  • Jagung dapat mengendalikan tekanan darah.
  • Jagung dapat menagkal radikal bebas.

Selain diolah secara rumahan dan dijadikan sebagai makanan sumber karbohidrat, jagung juga bisa diolah oleh industri untuk pembuatan minyak jagung, gulang jagung, dan lain-lain.

Cara Menanam Jagung Dari Biji Hingga Panen

Jagung merupakan jenis tanaman yang cepat tumbuh kembangnya, cara menanam jagung yang terbaik adalah di lahan terbuka yang terkena paparan sinar matahari langsung sepanjang hari. Namun untuk Anda yang hobi menanam, jagung juga bisa ditanam di polybag atau planter bag yang berukuran besar.

Dan berikut ini salah satu video tutorial cara menanam jagung yang baik yang layak untuk Anda simak sebentar.

10 Rekomendasi Benih Jagung Yang Bagus

Setelah Anda mengetahui dan tips cara menanam jagung yang baik, berikut ini BestList pilihkan untuk Anda beberapa benih jagung terbaik, dari penjual yang juga sudah terpercaya yang ada di marketplace Lazada ataupun Shopee.

1. Bonanza F1 – Benih Jagung Manis Andalan Petani

benih jagung bonanza f1

Rekomendasi benih jagung terbaik yang pertama adalah Bonanza F1 dari Cap Panah Merah. Jagung Bonanza merupakan salah satu jenis jagung yang cukup banyak ditanam oleh para petani di Indonesia karena memiliki kualitas yang cukup baik yang diterima di pasaran.

Jagung Bonanza F1 merupakan jenis jagung manis yang memiliki bobot berat sekitar 400 gram per satu buahnya. Jagung ini cocok ditanam untuk kebutuhan pertanian skala besar, atau bisa juga ditanam untuk kebutuhan pertanian skala rumahan karena tersedia dalam kemasan kecil dengan harga mulai dari Rp 16 ribuan.

2. Perkasa F1 Cap Panah Merah

benih jagung perkasa f1

Jagung manis besar dan tahan lama

Rekomendasi yang kedua masih dari merek Cap Panah Merah, yang mana benih jagung Perkasa F1 ini untuk saat ini menjadi salah satu jenis jagung yang mampu menghasilkan potensi panen yang hingga 18 ton per hektar.

Meskipun memang, jagung Perkasa F1 ini hanya cocok ditanam pada lahan di area atau wilayah dataran rendah sampai menengah saja, jadi untuk Anda yang memiliki perkebunan di wilayah dataran tinggi dengan suhu udara yang lebih dingin, sebaiknya menggunakan jenis benih lainnya.

3. Benih Jagung Hibrida Pertiwi 3

benih jagung pertiwi 3

Jenis jagung yang berbuah lebat

Rekomendasi yang ketiga adalah benih jagung Pertiwi, yang juga merupakan salah satu benih jagung yang cukup dijadikan sebagai andalan para petani di Indonesia, karena cukup memberikan keuntungan ketika ditanam.

Salah satu kelebihan dari benih jagung Pertiwi 3 ini adalah dapat memberikan potensi hasil panen yang tinggi yang hingga 13,73 ton per hektar, dapat dipanen ketika sudah berumur sekitar 100 hari,dan daun tetap berwarna hijau meskipun kondisi jagung sudah tua dan siap dipanen.

Harga benih jagung Pertiwi 3 ini dibanderol mulai dari Rp 70 ribuan untuk kemasan ukuran 1 kg yang berisi sekitar 4.300 biji benih. Varian jenis jagung lain yang sudah dikeluarkan oleh merek Pertiwi ini adalah jagung Pertiwi 2,3,4,5, sampai dengan Pertiwi 6.

4. Pioneer P35 – Benih Jagung Unggul Hibrida

benih-jagung-pioneer-p35

Benih jagung Pioneer ini juga tidak kalah populer jika dibandingkan dengan kedua jenis benih diatas, karena banyak petani yang sudah membuktikannya dengan cara menanamnya langsung di ladang mereka, dan ternyata memang benar-benar dapat memberikan potensi hasil yang besar.

Untuk Anda yang baru pertama kalinya akan mencoba untuk menanam jagung Pioneer P35 ini, Anda bisa mendapatkan benihnya secara online dengan harga mulai dari Rp 50 ribuan untuk kemasan 1 kg. Silahkan klik link dibawah ini untuk menuju ke penjual terpercaya yang ada di Shopee.

5. BISI 18 – Benih Jagung Jumbo

benih jagung bisi 18

Cocok ditanam di dataran rendah – tinggi

Jagung BISI 18 masih tergolong kedalam jenis jagung manis, dan jagung ini memiliki beberapa keunggulan yang diantaranya adalah lebih tahan terhadap penyakit tanaman karat daun dan hawar daun. Dan keunggulan lainnya adalah biji buah jagung BISI 18 tergolong terisi penuh sampai ke bonggol ke ujung atau pucuk tongkol.

Merek Cap Kapal Terbang selama ini juga sudah cukup terpercaya dan banyak digunakan oleh para petani di Indonesia. Terutama ketika dulu benih jagung tongkol 2 pertama kali dimunculkan ke publik. Potensi hasil panen dari jagung BISI 18 bisa mencapai hingga 12,8 ton per hektar, dan tanaman jagung ini memiliki bentuk yang cukup tinggi yakni lebih dari 2 meter.

6. Rasanya F1 – Benih Jagung Ketan Cap Panah Merah

jagung ketan rasanya f1

Jagung ketan yang memiliki 2 warna dan 2 rasa

Jagung ketan yang cocok ditanam di dataran rendah hingga dataran tinggi ini memiliki tekstur yang berbeda dari kebanyakan jenis atau varietas jagung yang ada, karena jagung ini memiliki zat yang lengket, yang disebagian daerah di Indonesia disebut juga sebagai jagung pulut.

Jagung ketan lebih banyak diolah dengan cara direbus, dan tidak jarang juga disajikan dengan dicampur ke nasi putih, atau dikukus dan dicampur dengan parutan kelapa atau kelapa parut. Namun jagung ketan juga banyak digunakan para industri pembuatan kertas dan juga industri pembuatan lem.

Jagung ketan Rasanya F1 dari Cap Panah Merah ini cocok ditanam di kawasan dataran rendah hinggg dataran tinggi. Dan untuk harga termurahnya adalah Rp 25 ribuan untuk satu bungkus kemasan berisi 200 butir biji benih.

7. Arumba – Benih Jagung Ketan Putih Ungu Pertiwi

benih jagung ketan arumba

Yang selanjutnya juga masih merupakan jagung ketan, hanya saja diproduksi oleh merek Pertiwi. Jagung ketan Arumba dari Pertiwi ini sudah bisa mulai dipanen ketika sudah berumur sekitar dua bulan atau 60 hari.

Berbeda dengan jagung ketan Rasanya F1 kepunyaan cap Panah Merah yang bijinya berwarna-warni, jagung ketan Arumba ini warnanya hanya agak putih atau agak ungu saja (putih ungu).

Selain tersedia dalam kemasan besar untuk kebutuhan pertanian skala besar, benih ini juga tersedia dalam kemasan bungkus kecil yang hanya berisi 100 biji harga Rp 15 ribuan, yang cocok ditanam untuk pertanian rumahan di pekarangan rumah.

8. Jantan F1 – Benih Jagung Pulut Ungu

benih jagung pulut jantan f1

Jenis jagung hitam warna unik

Berbeda lagi dengan jagung pulut Jantan F1 dari Cap Panah Merah yang satu ini yang memiliki warna yang lebih unik yakni ungu kehijauan atau terlintas seperti jagung hitam. Sama seperti jenis jagung ketan lainnya, jagung Jantan F1 ini juga memiliki karakteristik yang cukup lengket, yang juga menjadi salah satu ciri khusus jenis jagung ketan.

Pada batang tanaman ini juga sebenarnya sangat mudah dibedakan, karena batang pohon tanaman ini juga agak ungu kehijauan, terlebih lagi pada klobot jagungnya yang juga ungu kehijauan, meskipun tidak merata.

9. Benih Jagung Kristal Pakan Burung Merpati

benih jagung kristal pakan burung

Jenis jagung mutiara mini biji kecil-kecil

Rekomendasi yang kesembilan berikut ini adalah jenis jagung kecil atau yang disebut juga sebagai jagung unyil karena memang memiliki ukuran yang tetap kecil meskipun dibiarkan sampai tua di pohon. Jagung ini memang lebih di khususkan sebagai jagung pakan burung terutama burung merpati.

Jika dibandingkan dengan jagung varietas lain, jagung kristal atau jagung unyil ini memiliki harga pasaran yang mudah sekali naik turun, terutama pada musim hujan dimana produksi dan stok petani hanya sedikit, sedangkan permintaan pasar untuk pakan burung tidak menurun.

Benih jagung pakan burung tidak memiliki sertifikat benih karena memang tidak diproduksi oleh perusahaan benih besar seperti merek cap Panah Merah, Pertiwi, cap Kapal Terbang, dan lainnya, akan tetapi hanya dihasilkan oleh petani tradisional biasa.

10. NK 212 – Benih Jagung Tahan Semua Musim

benih jagung nk 212

Rekomendasi benih jagung yang terakhir atau yang kesepuluh adalah NK 212 yang diproduksi oleh perusahaan yang bernama PT Syngenta Indonesia, yang berkantor pusat di Jakarta. Kelebihan dari jagung Syngenta NK 212 ini adalah memiliki ketahanan terhadap cuaca yang lebih baik, karena bisa ditanam di musim hujan, akan tetapi juga tetap bertahan di musim kering atau musim kemarau.

Namun terlepas dan keunggulan jagung NK 212 ini yang memiliki ketahanan musim yang bagus, potensi hasil dari jagung NK 212 ini bisa dikatakan memang masih kalah banyak dari berbagai jenis atau varietas yang lainnya.

Simak juga rekomendasi:

Benih Timun Terbaik.

Benih Melon Terbaik.

Bibit Semangka Terbaik.

Benih Labu Terbaik.

Benih Terong Terbaik.

Benih Paprika Terbaik.

Benih Cabai Merah Besar.

voucher alfamart gratis
===