benih pare terbaik

7 Rekomendasi Benih Pare Terbaik Yang Mudah Ditanam dan Tahan Virus

Diposting pada

Dapatkan bibit pare atau benih pare di Shopee, yang bisa Anda tanam di ladang untuk pertanian skala besar, atau bisa juga Anda tanam di halaman atau samping rumah. Pare merupakan jenis sayur atau buah yang cukup digemari oleh masyarakat (terutama orang-orang tua). Akan tetapi pare tidak terlalu disukai oleh anak-anak karena rasanya yang agak pahit.

Meskipun sebenarnya dibalik rasa pahit yang ada pada pare, terkandung cukup banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Karena ada juga tips cara memasak pare agar rasa pahit yang ada padanya hilang setelah matang di masak.

voucher tokopedia gratis
===

Dan salah satu cara untuk menghilangkan rasa pahit pada pare adalah setelah buah pare dipotong dan dibuang semua bijinya, pare dilumuri garam dan diremas-remas, dan baru kemudian dicuci bersih, lalu baru dimasak.

Manfaat Pare Untuk kesehatan

Mengutip SehatQ, sedikitnya ada 10 manfaat yang terkandung di dalam buah pare yang baik untuk kesehatan tubuhan seperti berikut ini:

  • Membantu menurunkan berat badan.
  • Menurunkan kadar gula darah
  • Membantu tubuh mengurangi kolesterol.
  • Mengandung banyak nutrisi.
  • Berpotensi mengatasi kanker.
  • Melawan inflamasi atau peradangan.
  • Menjaga kesehatan saluran pencernaan.
  • Membantu penyembuhan penyakit herpes dan HIV.
  • Menjaga kesehatan tulang.
  • Menjaga daya tahan tubuh.

Harga Bibit Pare

Harga bibit pare cukup murah dan terjangkau, seperti pada harga bibit pare Lipa F1 cap Panah Merah misalnya yang dibanderol seharga mulai dari Rp 10 ribuan saja untuk satu bungkusnya, yang berisi 7 butir biji yang siap disemai.

Dan semua bibit pare atau paria yang dijual adalah berbentuk bibit benih dan bukan berupa bibit tanaman hidup, karena memang sebenarnya, tanaman pare termasuk jenis tanaman merambat yang mudah tumbuh dan cepat besar.

7 Rekomendasi Benih Pare Yang Bagus

Dan berikut ini sudah BestList.id siapkan beberapa jenis bibit pare terbaik yang dijual oleh penjual terpercaya yang ada di marketplace Shopee ataupun Lazada.

1. Pare Lipa F1 – Benih Pare Panah Merah Terlaris

lipa f1

Benih pare Lipa F1 cap Panah Merah ini merupakan salah satu jenis pare terlaris yang paling banyak ditanam oleh para petani pare. Pare Lipat F1 ini merupakan jenis pare hibrida yang cocok ditanam di dataran rendah hingga menengah, yang dapat menghasil buat yang berukuran panjang hingga 30 cm dengan diameter 5,5 cm.

Dan dengan ukuran panjang dan juga diameter itu, pare lipa ini dapat memiliki bobot berat antara 300 gram sampai dengan 400 gram pada per 1 buahnya, dan dapat menghasilkan hasil panen hingga 40 ton per hektar.

2. Benih Pare Raden F1 Cap Panah Merah

benih pare raden f1

Rekomendasi bibit pare yang kedua masih dari merek Cap Panah Merah yakni pare Raden F1, yang juga cukup banyak difavoritkan oleh para petani karena pare Raden F1 ini memiliki potensi hasil panen yang cukup besar, yang hingga 50 ton per hektar.

Akan tetapi pare Raden hanya cocok ditanam di daerah dataran rendah saja, tidak seperti pare Lipa yang masih bisa berpotensi panen melimpah meskipun di tanam di daerah dataran menengah.

Pare Raden F1 memiliki masa panen sejak berumur 40 harian setelah tanam, dengan bobot berat per buah antara 300 gram sampai 400 gram, dan per tanaman bisa menghasilkan produk buah pare hingga 3 kg.

3. Alaska – Benih Pare Pertiwi Terlaris

pare alaska

Rekomendasi bibit paria atau pare selanjutnya adalah bibit pare Pertiwi yang juga merek perusahaan penyedia bibit dan benih terpercaya yang banyak digunakan petani. Bibit pare ini bisa menghasilkan pare yang berukuran kecil dengan panjang 26 cm dengan warna hijau terang.

Dan ukuran panjang pare 26 cm sampai dengan 30 biasanya merupakan ukuran yang paling banyak digemari oleh para penggemar di pasaran. Pare Alaska Pertiwi ini memiliki tekstur yang keras sehingga memiliki daya simpan yang agak lama dan tidak masalah jika harus melalui pengiriman jarak jauh.

4. Benih Pare Yuna F1 Bintang Asia

bibit pare yunan

Rekomendasi selanjutnya adalah bibit pare Yunan F1 yang diproduksi oleh Bintang Asia yang juga sudah tidak diragukan lagi dalam memproduksi benih-benih unggul untuk para petani. Pare Yunan F1 memiliki bentuk dan ukuran yang sama seperti jenis pare perusahaan benih lainnya.

Pare Yunan yang bisa Anda dapatkan seharga mulai Rp 20 ribuan per bungkus ini juga sudah dapat mulai dipanen ketika usia tanaman sudah menginjak umur 40 hari setelah tanam.

5. Bajul F1 – Jenis Pare Mirip Pare Liar

benih pare bajul f1

Sebelum banyak bermunculan jenis bibit-bibit pare Hibrida baru seperti sekarang ini, jenis pare yang liar yang awalnya tumbuh secara alami adalah seperti pada bentuk pare bajul F1 Bintang Asia ini, hanya saja memiliki ukuran yang lebih kecil.

Pare Bajul F1 ini juga memiliki ukuran panjang yang relatif masih lebih pendek dari kebanyakan jenis pare Hibrida yang ada di pasaran, dan juga memiliki bentuk dan ciri khas yang lancip pada bagian ujung, dan kulitnya yang bergerigi dan seperti berduri.

6. Benih Pare Belut Bintang Asia

bibit pare belut

Pare belut atau yang disebut juga sebagai pare ular merupakan jenis pare yang tidak pahit, ya rasa pare belut memang tidak pahit seperti jenis pare lainnya. Rasa pare belut malah lebih mirip seperti labu air atau oyong. Pare belut termasuk jenis pare yang jarang di budidaya padahal cukup banyak juga penggemarnya.

Panjang pare belut ini bisa mencapai 70 cm dan bahkan maksimal bisa hingga 100 cm atau 1 meter dengan diameter 4 sampai 5 cm.

Untuk Anda yang ingin menanam pare ini untuk pertanian skala besar, kami sarankan untuk membeli bibit pare belut atau benihnya merek Bintang Asia, karena benih yang diproduksi perusahaan penyedia benih lebih terjamin aman dari kontaminasi jamur dan hama pengganggu tanaman.

Pare belut putih apakah ada?

Ada, akan tetapi bibit pare belut putih masih cukup jarang, dan juga petani lebih menyukai pare belut yang berwarna hijau. Terlebih lagi, untuk saat ini sepertinya belum ada pabrikan benih yang menyediakan bibit pare belut putih ini.

7. Bibit Pare Putih Jepang – Pare High Moon F1

bibit pare putih

Jenis pare putih susu rasa manis

Tidak hanya terong saja ternyata yang ada yang hijau dan yang putih, karena ternyata ada juga pare putih (selain pare belut putih), yang memiliki warna putih bersih mirip susu yang berasal dari Okinawa Jepang. Rasa pare putih ini juga manis dan tidak pahit sehingga bisa juga dimakan mentah sebagai lalapan.

Salah satu perusahaan benih yang menyediakan bibit pare putih diantaranya adalah merek Known You Seed yakni pare putih High Moon F1, yang bisa Anda beli seharga mulai dari Rp 17 ribuan.

Simak bibit tanaman lainnya:

Benih Timun Baby.

Benih Terong Ungu.

Benih Paprika Kuning.

Benih Labu Air.

Benih Tomat Terbaik.

Bibit Cabe Rawit.

Benih Jagung Manis.

voucher alfamart gratis
===