Kategori
Berkebun

7 Jenis Benih Sawi Varietas Terbaik Yang Mudah Ditanam

Baik sawi hijau maupun sawi putih merupakan jenis sayuran yang mudah ditanam dan juga dapat cepat dipanen, karena dalam waktu 1 bulan atau 40 hari setelah ditanam sudah bisa mulai dipanen. Selain itu, benih sawi juga cukup mudah didapatkan karena bisa dibeli secara online.

Sawi caisim adalah salah satu dari jenis sawi yang paling populer dan paling sering dikonsumsi oleh masyarakat. Beberapa resep masakan yang menggunakan bahan utama ataupun kombinasi sawi ini diantaranya adalah tumis sawi hijau, cah sawi tahu putih, pelengkap mie ayam dan bakso, cap cay, kimchi (khusus sawi putih), sayur bening sawi, dan juga dijadikan pelengkap ketika memasak mie instan.

Dan dengan menanam sendiri sawi organik dirumah, baik menggunakan media polybag ataupun pot, Anda akan dapat dengan mudah memasak sawi hasil dari kebun sendiri dengan kualitas yang jauh lebih baik dari yang ada di pasar karena 100% organik dan tanpa mengandung residu kimia dari pupuk dan pestisida kimia sintetis.

Harga benih sawi

benih sawi varietas terbaik
benih sawi varietas terbaik

Harga benih sawi terbaru yang dapat Anda beli secara online dibanderol dengan harga eceran yang paling murah mulai dari Rp1 seribu rupiah yang berisi ratusan biji. Harga eceran ini biasa juga dijual oleh penjual hasil dari repacking benih dari merk ternama.

Atau bisa juga membeli per kemasan 1 bungkus utuh dengan harga mulai Rp10 ribuan untuk beberapa merk benih sawi unggul terbaik dari perusahaan benih seperti Cap Panah Merah (PT East West Seed Indonesia), Botani Seed IPB, Daily Farm, Benih Pertiwi, Haira Seeds, Botani Seed, dan lain-lain.

Manfaat sawi hijau dan putih untuk kesehatan

Agar lebih bersemangat lagi dalam menanam, selain memang rasanya enak untuk disantap, perlu untuk Anda ketahui beberapa manfaat sayuran sawi untuk kesehatan seperti yang kami kutip dari laman IDNTimes berikut ini:

  • Mencegah penyakit kanker
  • Mencegah penyakit diabetes
  • Mengontrol kadar kolesterol
  • Menyehatkan tulang
  • Melancarkan sistem pencernaan
  • Menyehatkan kulit dan rambut
  • Menstabilkan berat badan

Meskipun antara sawi hijau dan putih memiliki manfaat yang agak berbeda, akan tetapi secara garis besarnya masih sama karena kandungan dalam kedua jenis sawi tersebut tidak terlalu berbeda jauh.

Dan tentu saja akan lebih bagus lagi manfaatnya ketika yang Anda konsumsi adalah sawi organik yang Anda tanam sendiri menggunakan metode penanaman organik tanpa sentuhan zat kimia.

7 Rekomendasi Jenis Benih Sawi Terbaik Yang Mudah Ditanam

Jika Anda membeli benih ini secara online, Anda akan mendapatkan salah satu keuntungan yakni dapat membelinya secara eceran, sehingga dengan uang hanya 50 ribuan misalnya, Anda akan mendapatkan benih sayuran yang bermacam-macam.

1. Benih Sawi Caisim

benih sawi caisim
gambar sawi manis caisim

Sawi manis cepat panen

Rekomendasi benih sawi yang pertama adalah jenis sawi caisim. Sawi caisim merupakan sawi manis yang paling populer dan paling banyak ditanam atau dibudidayakan karena rasanya yang enak dan cocok ditanam di dataran rendah.

Harga benih caisim atau yang di beberapa daerah disebut juga sebagai caisin, cesin, dan sosin ini dibanderol mulai dari Rp1000. Atau untuk Anda yang ingin membeli yang benih sawi unggul diantaranya adalah sawi caisim Tosakan dan sawi Shinta merk Cap Panah Merah seharga Rp10 ribuan.

Selain batang yang berwarna hijau, ada juga caisim batang putih seperti pada caisim Dakota yang memiliki kelebihan lebih renyah dan tidak berserat.

  • Harga kisaran Rp 1.000 – Rp 100.000
  • Lihat promo di Lazada.
  • Lihat promo di Shopee.

2. Sawi Pakcoy (Sawi Sendok)

benih sawi pakcoy

Rekomendasi yang kedua adalah benih sawi pakcoy yang disebut juga sebagai sawi sendok atau sawi daging. Beberapa resep masakan dari bahan sawi pakcoy diantaranya adalah tumis pakcoy tahu, tumis pakcoy jamur tiram, cah pakcoy bawang putih, dan lain-lain.

Merk benih sawi pakcoy Cap Panah Merah varietas Nauli F1 sudah cukup terkenal karena merupakan benih hibrida yang lebih tahan terhadap serangan penyakit, umur panen yang singkat, dan juga memiliki potensi hasil panen yang banyak.

  • Harga kisaran Rp 1.000 – Rp 100.000
  • Lihat promo di Lazada.
  • Lihat promo di Shopee.

3. Sawi Samhong King (Sawi Keriting)

sawi samhong

Sawi Samhong bisa dikatakan lebih berbeda dengan kebanyakan varietas sawi karena bentuk daunnya yang lebih lebar-lebar dan juga agak keriting. Sawi Samhong cukup dikenal memiliki rasa yang lebih manis dan gurih jika dibandingkan dengan sawi ijo lainnya.

Merk benih sawi Samhong King yang cukup terkenal salah satunya adalah Daily Farm. Sawi Samhong King yang merupakan varietas impor ini cocok ditanam di dataran rendah hingga tinggi dan cocok ditanam di polybag, pot, hidroponik dan juga aquponik dengan umur panen antara 30 sampai dengan 40 hari.

  • Harga kisaran Rp 1.000 – Rp 100.000
  • Lihat promo di Lazada.
  • Lihat promo di Shopee.

4. Benih Sawi Pahit

benih sawi pahit
benih sawi pahit

Sawi dengan kandungan antioksidan paling tinggi

Rasa pahit pada sawi ini memang tidak sepahit daun pepaya, akan tetapi tetapi disebut sebagai sawi pahit dikarenakan sawi memiliki rasa yang lebih pahit dari semua jenis dan varietas sawi.

Tapi terlepas dari rasa pahit yang dimilikinya, sawit pahit memiliki kandungan antioksidan yang paling tinggi dari semua jenis sawi yang ada. Dan antioksidan merupakan salah satu senyawa yang dapat membantu tubuh memerangi radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker, sehingga sawi pahit ini dapat membantu meningkatkan imun atau kekebalan tubuh.

Tapi karena rasa pahitnya tersebut juga kemudian membuat sawi ini menjadi cukup jarang dikonsumsi terutama oleh anak-anak kecuali oleh orang-orang yang memang ingin mengambil manfaat untuk kesehatan dari sawi ini.

  • Harga kisaran Rp 1.000 – Rp 100.000
  • Lihat promo di Lazada.
  • Lihat promo di Shopee.

5. Benih Sawi Pagoda

varietas pagoda
gambar sawi pagoda

Seperti yang bisa Anda lihat pada gambar diatas, bahwa disebut sebagai sawi Pagoda karena memang bentuknya yang bertumpuk dan bergerombol seperti bertingkat-tingkat. Sawi ini akan cukup sulit Anda temukan di pasar-pasar tradisional tidak seperti caisim.

Sawi ini banyak ditanam dengan metode hidroponik, dengan pemberian atau nutrisi yang cukup, sawi ini dapat tumbuh maksimal dengan tumpukan atau gerombolan daun yang lebat.

Harga benih sawi Pagoda cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan varietas lainnya, dan hal tersebut kemungkinan dikarenakan karena sawi ini masih cukup jarang dibudidayakan dan juga tidak mudah berbunga sehingga tidak terlalu mudah untuk mendapatkan benih atau biji dari bunga tersebut seperti jenis lainnya.

  • Harga kisaran Rp 5.000 – Rp 100.000
  • Lihat promo di Lazada.
  • Lihat promo di Shopee.

6. Sawi Putih

sawi putih
gambar sawi putih

Bisa untuk membuat kimchi

Kimchi merupakan salah satu makanan sayuran khas Korea yang cara pengolahannya dilakukan dengan cara difermentasi. Kimchi termasuk salah satu makanan sehat yang mengandung probiotik sehingga bagus untuk kesehatan sistem pencernaan terutama usus.

Dan salah satu bahan penting yang digunakan dalam pembuatan kimchi diantaranya adalah sawi putih ini. Sawi putih disebut juga sebagai sawi cina, petsai atau pai tsai.

  • Harga kisaran Rp 1.000 – Rp 100.000
  • Lihat promo di Lazada.
  • Lihat promo di Shopee.

7. Sawi Nai Bai

nai bai

Sawi kecil jenis Pakcoy

Sawi ini sebenarnya masih termasuk kedalam jenis Pakcoy akan tetapi memiliki ukuran yang lebih kecil. Oleh karena itu juga sawi Nai Bai juga disebut sebagai Baby Pakcoy, dan sawi Nai Bai ini cukup populer di kalangan warga Singapura.

Meskipun di Indonesia masih cukup jarang, sawi yang memiliki berat rata-rata 100 gram per tanaman ini layak untuk Anda coba tanam. Salah satu merk yang menyediakan benih Nai Bai adalah Daily Farm dengan harga mulai dari Rp10 ribuan per bungkus yang berisi 200 biji.

  • Harga kisaran Rp 10.000 – Rp 100.000
  • Lihat promo di Lazada.
  • Lihat promo di Shopee.

Baca juga rekomendasi:

Bibit Anggur.

Bibit Pisang Terbaik.

Bibit Porang Murah.

Bibit Strawberry Manis.

Bibit Kelengkeng Super.

Bibit Mangga Kiojay.