benih semangka terbaik

10 Rekomendasi Benih Semangka Terbaik Yang Mudah Ditanam dan Cepat Panen

Diposting pada

Siapa sih yang enggak suka buah semangka? dan daripada harus selalu beli, yuk coba tanam sendiri di rumah! caranya mudah loh, bisa ditanam di pot atau polybag. Selain itu, bibit atau benih semangka juga mudah didapatkan.

Bibit semangka bisa didapatkan dengan cara membeli buah semangka dan kemudian mengambil bijinya dan ditanam, atau membeli benihnya saja di toko-toko pertanian terdekat, atau bisa juga membelinya secara online di marketplace populer seperti Lazada dan Shopee.

voucher tokopedia gratis
===

Dan salah satu kelebihan jika membeli benih langsung adalah, harganya yang lebih murah, dan juga bisa membeli berbagai benih jenis semangka sekaligus. Karena saat ini sudah ada beberapa jenis semangka yang ada di pasaran seperti semangka semangka merah, semangka kuning atau semangka inul, semangka non biji (semangka tanpa biji), dan lain-lain.

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Baik semangka merah ataupun semangka kuning, semuanya memiliki manfaat untuk kesehatan yang cukup banyak karena memang mengandung berbagai jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Meskipun memang, dengan catatan mengonsumsinya juga tidak boleh berlebihan.

Dan berikut ini beberapa manfaat buah semangka seperti yang kami kutip dari KlikDokter, yang ternyata ada sedikitnya 10 lebih manfaat dari buah ini.

  • Membantu menghidrasi tubuh.
  • Mengandung banyak nutrisi bermanfaat seperti seperti vitamin C, A, B1, B5, B6, dan magnesium. Semangka juga kaya akan karotenoid, termasuk likopen, dan beta-karoten.
  • Menurunkan risiko penyakit kanker.
  • Menjaga kesehatan jantung.
  • Mencegah degenerasi makula pada mata.
  • Meringankan nyeri otot.
  • Baik untuk kulit dan rambut.
  • Menurunkan peradang dalam tubuh.
  • Menjaga kesehatan otak dan sistem saraf.
  • Bisa bersifat sebagai diuretik.
  • Membantu menyeimbangkan gula darah.
  • Mengurami keparahan penyakit asma.
  • Membantu menurunkan berat badan.
  • Menjaga kesehatan gigi.

Kelebihan Menanam Buah Semangka Sendiri

Dengan menanam semangka sendiri, Anda bisa menanamnya secara organik yang tanpa menggunakan pupuk ataupun pestisida kimia sehingga akan memberikan kebaikan yang lebih banyak pada buah semangka organik tersebut.

Dan kelebihan lainnya adalah, Anda akan mendapatkan sensasi kesegaran yang jauh lebih segar ketika mengonsumsi buah semangka yang baru di petik dari pohonnya.

10 Rekomendasi Benih Semangka Yang Bagus

Dan berikut ini sudah BestList pilihkan untuk Anda, beberapa benih semangka terbaik yang dijual oleh seller-seller yang sudah terpercaya yang sudah memiliki angka penjualan yang cukup tinggi di marketplace Lazada dan Shopee.

1. Benih Semangka Non Biji Terlaris di Shopee

benih-semangka-non-biji

Yang pertama adalah benih semangka merah tanpa biji atau semangka non biji F1 hibrida. Dan buah semangka non biji ini sebenarnya berasal dari hasil transgenik (GMO) atau sejenis rekayasa genetik yang dilakukan di laboratorium.

Apakah semangka non biji benar-benar tidak mengandung biji? ternyata meskipun dinamakan non biji, buah ini tetap bisa mengeluarkan biji meskipun hanya sedikit, apabila mendapatkan perlakukan pemberian pupuk yang berlebihan.

Terlepas dari sisi negatif atau bahaya buah semangka non biji, tapi faktanya kebanyakan orang memang lebih menyukai buah semangka jenis ini, tapi bagi Anda yang memang tidak ingin menanam buah semangka jenis ini, Anda bisa memilih benih jenis yang lain.

Akan tetapi jika memang Anda tertarik untuk mencoba menanamnya, Anda bisa membelinya melalui link dibawah ini karena kami sudah mempersiapkan penjual terbaiknya untuk Anda.

2. Benih Semangka Punggawa F1 – Cap Panah Merah

benih-semangka-punggawa-f1

Rekomendasi benih semangka terbaik yang kedua adalah semangka Punggawa yang diproduk oleh perusahaan penyedia benih cap Panah Merah. Semangka Punggawa merupakan jenis semangka yang cocok ditanam pada dataran rendah, dan dapat menghasilkan buah yang berbentuk lonjong dengan kulit yang berwarna hijau tua lorek-lorek.

Daging buah pada semangka Punggawa ini berwarna merah, dan untuk benih yang dijual oleh cap Panah Merah dibanderol dengan harga mulai dari Rp 18 ribuan untuk kemasan yang berisi sekitar 80 butir biji.

3. Benih Semangka Inul Mardi F1 – Bintang Asia

benih-semangka-inul-bintang-asia

Semangka inul merah

Semangka Inul biasa disebut sebagai semangka papaya karena memang memiliki ukuran yang sebesar ukuran buah pepaya. Dan benih semangka inul Mardy F1 yang diproduksi oleh perusahaan pebih Bintang Asia ini juga cukup populer di kalangan petani.

Namun untuk kebutuhan pertanian skala besar ataupun pertanian skala rumahan, semangka Inul ini cocok untuk ditanam baik di pot/polybag, ataupun di tanah langsung.

Dan untuk kebutuhan pertanian skala besar, sebaiknya membeli benih yang memang bermerek seperti Bintang Asia ini agar memiliki kualitas yang lebih terjamin, seperti terbebas dari virus, jamur, atau bibit hama tanaman.

4. Benih Semangka Kuning Inden F1

benih-semangka-kuning-inden-f1

Semangka Kuning Kulit dan daging buahnya

Yang satu merupakan jenis semangka yang bisa dikatakan masih cukup jarang peredarannya di pasaran. Semangka tidak hanya memiliki warna kuning pada daging buahnya saja, akan tetapi pada kulit luarnya juga memiliki warna yang kuning seperti pada buah melon Golden yang berwarna kuning keemasan.

Dan jika Anda menanam semangka kuning atau yang disebut sebagai semangka madu ini di halaman rumah Anda, maka hal tersebut akan cukup menarik perhatian tetangga ketika sudah berbuah karena warnanya yang berbeda dari kebanyakan semangka yang berwarna hijau atau coklat gelap lorek.

5. Benih Semangka Ungu Impor

benih-semangka-ungu

Apa benar ada buah semangka ungu atau semangka biru? jawabannya, seperti tidak ada. Tapi lucunya, mengapa ada penjual di marketplace Shopee yang mengaku menjual benih semangka ungu F1 impor.

Dan yang lebih lucu lagi, benih semangka yang diklaim sebagai beni semangka ungu atau semangka biru tersebut sudah terjul hingga lebih dari 1000 paket penjualan, dengan harga Rp 3500 per kemasan yang berisi 2 biji semangka ungu.

Bagaimana dengan review dan testimoni komentar dari pembeli? ternyata berdasarkan hasil pengecekan BestList, pembeli juga merasa tidak yakin apakah biji tersebut akan benar-benar membuahkan semangka ungu atau tidak, dan seandainyapun tidak pembeli sudah tidak bisa lagi mengedit komentar mereka karena sudah berbulan-bulan yang lalu.

Jadi intinya, BestList tidak merekomendasikan Anda untuk membeli benih semangka yang kata berwarna ungu atau biru ini. Namun jika penasaran, silahkan klik link dibawah.

6. Benih Semangka Kotak – Semangka Jepang

benih-semangka-kotak

Jika semangka ungu kemungkinan besar ada hoax, berbeda dengan semangka kotak atau kubus yang memang beneran ada yang dikembangkan pertama di Jepang. Di negara asalnyapun yakni di Jepang, semangka kotak atau persegi ini masih memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan yang berbentuk bulat.

Sedangkan di Indonesia sendiri, budidaya semangka kotak memang masih cukup jarang, apalagi jika mencari buahnya di pasaran, bisa dikatakan masih sangat langka.

7. Benih Cucamelon – Semangka Anggur

benih cucamelon semangka anggur

Buah mirip semangka tapi kecil

Semangka yang satu ini sebenarnya bisa dikategorikan sebagai mentimun, atau semangka. Karena secara penampilan buah Cucamelon ini memang mirip semangka, hanya saja memiliki bentuk dan ukuran yang sangat kecil seperti kelereng yang lonjong.

Akan tetapi meskipun tampilan kulitnya seperti semangka, rasa dari buah cenderung mirip seperti mentimun atau perpaduan antara mentimun dengan keruk limau.

8. Benih Semangka Mini – Semangka Kerdil

benih semangka mini

Semangka jenis yang satu ini memang hanya bisa membuahkan buah yang berukuran kecil dan tidak bisa seukuran buah semangka bulat yang besar. Dan dikarenakan ukuran buahnya yang kecil tersebut, semangka ini juga lebih mudah jika ditanam di pot atau polybag.

Dikarenakan bibit atau benihnya masih cukup jarang dijual di Indonesia, harga benih juga masih mahal jika dibandingkan dengan benih jenis lain karena dibanderol mulai dari Rp 30 ribuan per 5 biji benih.

9. Benih Semangka Jumbo Rancamaya

benih-semangka-jumbo-rancamaya

Semangka hijau loreng berukuran besar

Untuk Anda ingin menanam buah yang bobot buahnya bisa mencapai berat 10 kg per buah bahkan 12 kg, Anda bisa membeli bibit benih Rancamaya dari Pertama Baru ini. Semangka jumbo Rancamaya ini berbentuk lonjong dan corak warna hijau loreng dan merupakan salah satu jenis buah semangka khas di Sumatera.

Harga bibit semangka Rancamaya yang merupakan jenis bibit hibrida ini dibanderol mulai dari Rp 30 ribuan untuk kemasan isi 10 gram yang berisi ratusan biji.

10. Benih Semangka Raksasa Amazon

benih-semangka-raksasa-amazon

Giant watermelon from Amazon

Apa benar ada buah semangka raksasa yang bisa sebesar gambar diatas? semangka pada gambar diatas diklaim memiliki bobot berat hingga 20 kg, dan ini benar-benar semangka raksasa dan bukan hanya sekedar semangka jumbo.

Tapi apakah semangka raksasa ini benar-benar ada? jawabannya adalah masih cukup meragukan. Jika semangka itu ditumbuhkan di daerah Amazon sana mungkin masih masuk akal karena secara tingkat kesuburan, tanah di Amazon sana memang sangat subur.

Dan bahkan ada sebuah penelitian terkait penyebab mengapa tanah di Amazon subur dan dapat membuahkan buah dengan ukuran raksasa, ternyata pada tanah di Amazon, mengandung bakteri dan mikro organisme penyubur tanah yang tidak terdapat di tanah daerah lain di dunia ini.

Nah, jadi seandainya yang dijual oleh salah satu seller yang ada di Shopee ini memang benar biji benih semangka raksasa dari Amazon, maka tidak ada jaminan juga akan bisa tumbuh dan berbuah di Indonesia hingga seukuran itu.

Rekomendasi bibit tanaman lainnya:

Rekomendasi Bibit Pepaya Terbaik.

Rekomendasi Bibit Nanas Terbaik.

Rekomendasi Bibit Apel Terbaik.

Rekomendasi Bibit Jeruk Terbaik.

Rekomendasi Bibit Pisang Terbaik.

Rekomendasi Bibit Kelapa Terbaik.

Rekomendasi Bibit Alpukat Terbaik.

voucher alfamart gratis
===