benih timun terbaik

10 Rekomendasi Jenis Benih Timun Terbaik Yang Cepat Panen

Diposting pada

Anda sedang mencari benih timun yang berkualitas baik untuk kebutuhan pertanian skala besar di kebun Anda? Tepat sekali jika Anda menemukan artikel ini, karena pada artikel ini kami ingin memberikan informasi beberapa rekomendasi benih timun terbaik untuk Anda.

Tidak hanya untuk kebutuhan pertanian skala besar saja sebenarnya, untuk Anda yang sedang mencari benih timun untuk berkebun skala rumahan juga bisa, karena ketika benih yang Anda tanam memiliki kualitas yang baik, maka hasilnyapun akan berpotensi lebih baik juga.

voucher tokopedia gratis
===

Saat ini sudah cukup banyak jenis atau varietas timun yang bisa untuk dipilih sebelum ditanam, namun secara garis besarnya yang paling populer adalah timun baby, yakni timun yang bentuk buahnya kecil-kecil, rasanya manis dan renyah, dan juga timun besar yang bisa digunakan sebagai pelengkap rujak atau untuk pelengkap hidangan lainnya, atau untuk lalap juga tetap bisa akan tetapi harus diiris-iris terlebih dahulu.

Timun baby bisa diistilahkan untuk timun muda yang dipanen ketika masih kecil, akan tetapi memang ada juga jenis timun baby yang meskipun sudah tua bentuk dan ukurannya tetap kecil.

Manfaat Timun Untuk Kesehatan

Sering makan timun atau mentimun tapi belum tahu apa saja manfaat timun untuk kesehatan? ternyata manfaatnya ada cukup banyak loh. Seperti yang kami kutip dari ALoDokter, berikut ini beberapa manfaatnya.

  • Timun dapat mencegah dehidrasi karena mengandung cukup banyak kadar air.
  • Timun dapat membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas.
  • Timun dapat melancarkan pencernaan.
  • Timun dapat membantu menurunkan berat badan.
  • Timun dapat menjaga kesehatan kulit.
  • Timun dapat mencegah pertumbuhan sel kanker karena mengandung cukup banyak antioksidan.
  • Timun dapat menjaga kesehatan tulang karena mengandung vitamin K dan Kalsium.

10 Rekomendasi Benih Timun Yang Bagus

Dan seperti yang sudah BestList sampaikan diawal, pada kesempatan kali ini BestList akan berbagi rekomendasi beberapa jenis bibit atau benih timun berkualitas beserta dengan penjual terpercayanya yang ada di Lazada atau Shopee.

1. Bandana F1 Cap Panah Merah

benih timun bandana f1

Cocok ditanam di dataran rendah hingga menengah

Rekomendasi benih timun terbaik yang pertama adalah Bandana F1 yang diproduksi oleh East-West Seed atau cap Panah Merah, dan timun Bandana F1 merupakan salah satu jenis timun cap Panah Merah yang paling banyak ditanam oleh para petani.

Timun bandana cocok juga jika digunakan untuk lalap karena memiliki ukuran yang tidak terlalu besar sehingga tidak perlu diiris-iris ketika akan disajikan. Bobot berat rata-rata pada timun bandana adalah antara 120 gram sampai dengan 135 gram per buahnya.

2. Baresta F1 – Benih Timun Baby Cap Panah Merah

benih timun baresta f1

Jenis timun lalap paling populer

Kelebihan dari timun baby Baresta F1 yang bisa dikatakan sebagai pengganti timun Wulan F1 ini adalah memiliki ukuran yang kecil karena bobot buahnya hanya ada di kisaran antara 76 gram sampai dengan 79 saja. Dan dengan ukurannya yang kecil ini tentu sangat cocok jika dijadikan lalap karena menghidangkannya tidak perlu lagi dipotong-potong, akan tetapi hanya cukup dicuci saja.

Namun meskipun ukuran buah mentimun ini kecil, masa panen yang diperlukan hampir sama dengan jenis timun besar yakni paling cepat bisa dipanen ketika tanaman sudah berumur satu bulan atau 30 hari.

3. Baby Mentimun 007 F1

mentimun baby 007 f1

Timun baby paling kecil dari cap Panah Merah

Meskipun timun Baresta F1 sebenarnya juga sudah berukuran kecil, tapi ternyata ada lagi yang lebih kecil yang masih sama-sama diproduksi oleh cap Panah Merah yakni timun Baby 007 F1. Bobot timun baby 007 F1 ini ada di kisaran 50 gram sampai dengan 80 gram saja. Dan pada momen tertentu timun baby terkadang lebih disukai daripada timun yang berukuran sedang atau besar.

Jika Anda menginginkan bobot yang lebih kecil lagi dan juga agar memiliki rasa timun baby yang lebih manis, pemetikan atau panen bisa Anda lakukan lebih awal sebelum 30 hari atau ketika sudah menginjak umur 3 minggu lebih beberapa hari saja.

Harga benih timun baby 007 F1 cap Panah Merah dibanderol mulai dari Rp 16 ribuan per 1 bungkus yang sudah berisi sekitar 175 buti biji mentimun siap tanam atau semai. Dan kemasan ini cocok juga digunakan untuk pertanian skala rumah menggunakan pot atau polybag.

4. Metavy F1 – Benih Timur Besar

benih-timun-metavy-f1

Jika dibandingkan dengan semua varietas timun yang sudah diproduksi oleh cap Panah Merah, timun Metavy F1 ini memiliki buah yang paling besar dan paling panjang. Bobot berat per buahnya antara 300 gram sampai dengan 350 gram jika dikembangkan secara maksimal dengan pemberian pupuk yang maksimal.

Selain pemberian pupuk, penanggulangan HPT atau hama pengganggu tanaman juga harus dilakukan secara intensif, terutama jenis hama oteng-oteng yang memakan daun, yang jika dibiarkan akan sangat mengganggu pertumbuhan tanaman, yang secara otomatis akan berdampak pada produksi buah yang dihasilkan.

5. Benih Timun Monas Bintang Asia

benih-timun-monas-f1

Rekomendasi timun terbaik yang kelima berikut ini adalah jenis timun besar yang buahnya bisa tumbuh hingga sepanjang 28 cm dengan diameter sekitar 5 cm. Jika Anda ingin membeli benih timun Monas dan menanamnya dalam jumlah banyak, Anda tidak perlu khawatir, karena benih ini diproduksi oleh perusahaan benih terpercaya yang bernama Bintang Asia.

Dan dengan menggunakan benih yang berkualitas baik yang diproduksi oleh perusahaan benih terpercaya, maka benih-benih tersebut sudah lulus uji laboratorium terdapat terhadap bakteri, jamur atau virus tertentu yang biasanya ada pada benih.

6. Benih Timun Hercules Cap Kapal Terbang

benih-timun-hercules-plus

Timun Hercules juga merupakan salah satu jenis timun besar yang menjadi favorit para petani dikarenakan potensi hasil yang cukup besar ketika mereka menanam jenis timun ini. Untuk ukuran buahnya, timun Hercules mampu membuahkan hasil buah dengan panjang rata-rata antara 18 cm.

Timun Herculer diproduksi oleh PT BISI International yang merupakan pemegang merek dagang cap Kapal Terbang. Untuk hasil buah yang maksimal, jarak tanam yang disarankan ketika menanam timun ini 60×50 cm.

7. Benih Timun Harmony Plus

benih timun harmony plus

Masih diproduksi oleh perusahaan yang sama yakni PT BISI International Tbk, timun Harmony Plus Hibrida F1 memiliki kelebihan dapat menghasilkan buah yang lebih besar sedikit dari jenis Hercules. Karena jika panjang timun Hercules rata-ratanya adalah 18 cm, panjang rata-rata timun Harmony adalah 22 cm.

Bagi petani yang memang sudah terbiasa menggunakan bibit timun merek cap Kapal Terbang ini, mereka biasanya akan memilih timun Hercules atau timun Harmony Plus ketika ingin mendapatkan hasil panen yang lebih besar-besar.

8. Ronaldo F1 – Benih Timun Jepang Bintang Asia

benih timun jepang ronaldo f1

Jenis timun jepang yang berukuran panjang

Timun Jepang Kyuri Ronaldo F1 ini bisa menghasilkan buat timun hingga sepanjang 27 cm, sehingga termasuk kategori timun besar. Warna mentimun jepang cenderung lebih hijau gelap, akan tetapi memiliki rasa yang manis atau tidak pahit.

Makanya ketika waktu-waktu awal kemunculan timun jepang di Indonesia, kebanyakan justru mengonsumsinya bukan sebagai lalap akan tetapi dijadikan sebagai minuman dengan jadi di blender dan dibuat jus timun jepang.

9. Benih Timun Krai

benih timun krai
shopee.co.id

Meskipun terlihat agak berbeda dengan jenis timun lainnya, timun krai masih masuk ke dalam kategori timun, meskipun memiliki bentuk fisik yang berbeda terutama pada bagian warna kulitnya yang bergaris-garis memanjang.

Timun memiliki rasa yang cenderung manis, dengan tekstur yang cukup renyah, sehingga cocok juga apabila dibuat untuk rujak. Di daerah Jawa Timur, malah banyak yang gemar memasak timun krai untuk sayur asam karena dianggap menghasilkan sensasi rasa manis yang menyegarkan.

10. Zucchini Green Summer

benih zucchini
Zucchuni Italia: the-groceryclub.com

Jenis Timun Jepang Yang Populer di Eropa

Diantara timun Kyuri dan timun Zucchini secara sekilas memang mirip, akan tetapi jika diperhatikan secara seksama ternyata berbeda. Dan salah satu perbedaan yang paling mendasar adalah pada tangkai buahnya, dan pada Zucchini memiliki tangkai buah yang besar seperti terong.

Zucchini yang memiliki 2 varian warna yakni Zucchini hijau dan kuning ini juga digolongkan sebagai timun ini kebanyakan di konsumsi dengan cara dimasak dahulu meskipun sebenarnya tetap bisa juga ketika di makan mentah seperti halnya timun lalap.

Simak rekomendasi bibit tanaman lainnya:

Rekomendasi Benih Paprika Terbaik.

Rekomendasi Benih Labu Terbaik.

Benih Melon Terbaik.

Benih Kangkung Terbaik.

Benih Semangka Terbaik.

Bibit Daun Mint Terbaik.

Bibit Kiwi Terbaik.

voucher alfamart gratis
===