bibit apel terbaik

7 Bibit Apel Terbaik Yang Bisa Ditanam Di Pot dan Cepat Berbuah

Diposting pada

Seperti halnya pada jenis tanaman buah lainnya yang dapat ditanam pada pot, cara menanam bibit apel menggunakan pot atau planter bag besar juga bisa dilakukan. Dan jika ditanam adalah bibit apel cangkok, maka pohon apel tersebut akan jauh lebih cepat berbuah dari bibit yang didapatkan dari biji meskipun tergantung juga pada varietas apel yang ditanam.

Tapi dari hampir semua varietas atau jenis apel yang diperoleh dari cangkok atau okulasi akan jauh lebih cepat berbuah jika dibandingkan dengan yang berasal dari biji.

Buah apel sudah sejak dulu dikonsumsi dan digemari masyarakat, dan bahkan bisa diolah menjadi produk yang baik untuk kesehatan yang salah satunya adalah cuka apel yang berasal dari sari buah apel yang di fermentasi.

Dan beruntung, untuk saat ini untuk mendapatkan bibit yang berasal dari hasil cangkok atau okulasi sudah cukup mudah karena bisa di beli secara online.

Harga Bibit Apel

Harga bibit apel tidaklah mahal, dan bahkan cukup murah dan terjangkau karena dibanderol dengan harga mulai dari Rp 10 ribuan saja yang sudah berbentuk bibit tanaman hidup dengan tinggi antara 40 cm sampai dengan 70 cm.

Tidak seperti harga bibit anggur yang cenderung lebih mahal hingga ratusan ribu terutama untuk jenis import yang masih cukup jarang di budidaya di Indonesia.

7 Rekomendasi Bibit Apel Yang Bagus

Dan berikut daftar bibit apel terbaik versi BestList yang layak untuk Anda coba tanam sendiri baik menggunakan media pot atau planter bag, atau bisa juga dengan menanamnya langsung di lahan tanah terbuka.

1. Bibit Apel Manalagi (Apel Malang Cangkok)

bibit apel manalagi malang
gambar: shopee.co.id

Rekomendasi bibit apel terbaik yang pertama adalah bibit apel manalagi atau yang lebih dikenal sebagai apel malang yang merupakan varietas apel lokal asli Indonesia yang bisa dikatakan sudah dikenal oleh semua orang di Indonesia.

Dengan menanam bibit apel malang yang didapatkan dari hasil cangkok, hal tersebut akan membuat tanaman ini menjadi lebih cepat berbuah dan cocok ditanam menggunakan media pot.

2. Bibit Apel Fuji (Apel Jepang)

bibit apel fuji cangkok
gambar: shopee.co.id

Apel Fuji merupakan varietas atau jenis apel yang berasal dari Jepang yang cocok di tanam pada iklim di Indonesia. Dan bahkan, apel Fuji saat ini sedang cukup banyak ditanam dan diminati oleh para petani rumahan untuk ditanam di pot atau dijadikan sebagai tanaman apel tabulampot.

Rasa dari apel fuji yang ketika sudah matang berwarna merah cerah hingga oranye ini tergolong cukup manis dan juga memiliki sensasi daging buah yang renyah.

3. Bibit Apel Putsa (Apel India)

bibit apel putsa india
gambar: shopee.co.id

Apel Putsa (apel futsa) atau memiliki nama latin Ziziphus Mauritiana merupakan jenis apel India yang berasal dari wilayah India yang dapat ditanam di dalam pot.

Seperti yang BestList kutip dari semarangkota.go.id, Apel putsa ini cocok ditanam pada daerah dataran rendah dan juga dataran tinggi, yang jika ditanam pada pot bisa tumbuh hingga tinggi mencapai 2 meter sampai dengan 3 meter.

Harga bibit apel Putsa India ini masih sama dengan kebanyakan bibit yakni hanya dibanderol dengan harga yang paling murah mulai dari Rp 10 ribuan per bibit yang sudah berbentuk bibit tanaman hidup hasil dari cangkok ataupun okulasi.

4. Bibit Apel Anna (Apel Thailand)

bibit apel anna thailand

Apel Anna merupakan varietas apel yang berasal dari negara Thailand yang sudah dikembangkan sejak sekitar tahun 1970 silam. Apel Anna cukup disukai oleh kalangan pecinta buah apel yang memiliki rasa manis dan agak asam.

Karena bagi sebagian orang memang ada yang kurang menyukai rasa apel yang terlalu manis karena dianggap kurang menyegarkan.

Karena masih cukup jarang dibudidaya di Indonesia, harga bibit apel Anna tergolong lebih mahal dari harga bibit-bibit jenis yang di atas karena untuk apel Anna yang paling murah dibanderol Rp 20 ribuan per bibit.

5. Bibit Apel Merah Washington

bibit apel merah washington

Apel merah Washington cukup dikenal sejak dulu dan seperti yang melekat pada namanya “washington”, apel merah ini berasal dari Amerika Serikat meskipun ada juga teori yang mengatakan bahwa aslinya bukan berasal dari sana hanya saja sejak dulu memang dibudidaya secara besar-besaran di benua tersebut.

Pada awalnya, apel merah ini memiliki daging buah yang keras dan berasa manis, akan tetapi dikarenakan kebanyakan apel merah Washington yang ada di pasaran Indonesia merupakan buah impor, maka tidak jarang akan kita temukan apel merah ini sudah dalam kondisi lembek dan juga berasa manis agak hambar dan tidak berasa asam sedikitpun.

Untuk mendapatkan apel merah yang segar, Anda kini bisa menanamnya sendiri di rumah dan jika Anda menanamnya secara organik menggunakan pupuk organik, maka hal tersebut akan membuatnya kualitasnya menjadi semakin baik dan semakin sehat untuk tubuh Anda.

6. Bibit Apel Red Caroline

bibit apel red caroline

Apel Red Caroline merupakan jenis apel merah yang cocok ditanam di pot dan dapat mulai berbuah ketika umurnya sudah menginjak 1 tahun atau 2 tahun.

Agar membuatnya lebih cepat berbuah, dapat diupayakan dengan selalu memperhatikan kebutuhan unsur hara yang dibutuhkan dari mulai unsur hara nitrogen dan fosfor ketika tanaman masih kecil, kemudian dilanjutnyakan dengan pemberian pupuk berkadar kalium dan fosfor tinggi ketika sudah berusia 1 tahun atau lebih.

Jika diperlukan, pemberian hormon perangsang buah yang dapat merangsang bunga juga dapat diberikan dengan cara di semprotkan pada seluruh bagian daun menggunakan semprotan tanaman hingga merata.

7. Bibit Apel Pink Honey

bibit apel pink honey

Meskipun rasa buah apel pink honey masih kalah dari beberapa jenis apel diatas seperti apel fuji, apel malang, atau apel putsa, akan tetapi dari segi penampilan apel ini lebih menarik perhatian.

Karena warnanya yang pink, sehingga membuat apel ini cocok ditanam di pot dan ditempatkan pada halaman atau depan rumah yang sekaligus akan berfungsi juga sebagai tanaman hias outdoor yang memperindah halaman rumah Anda.

Lihat juga rekomendasi:

Bibit Kelengkeng.

Bibit Durian Unggul Cepat Berbuah.

Bibit Rambutan Binjai.