bibit bidara terbaik

3 Penjual Bibit Bidara Arab Asli, Bidara Cina dan Bidara India Terpercaya

Diposting pada

Sebelum membeli bibit bidara Arab asli, paling tidak kita harus tahu terlebih dahulu perbedaan antara bidara arab, bidara cina, bidara india dan juga bidara laut, karena dari semua jenis-jenis bidara ini memiliki kesamaan yang tidak jarang membuat bingung orang awam.

Di dalam ajaran agama Islam, pohon bidara terutama bagian daun bidara nya sangat bermanfaat untuk kebutuhan ruqyah dalam mengatasi gangguan yang diakibatkan oleh sihir atau jin. Oleh karena itulah kemudian membuat pohon bidara ini menjadi salah satu pohon yang sangat ditakuti jin.

Penggunaannya bisa dengan cara mandi menggunakan air rendaman yang sudah diberi daun bidara, atau bisa juga direbus atau diseduh dengan air panas kemudian diminum.

Saat ini sudah banyak juga diproduksi beberapa produk olahan dari daun bidara seperti sabun bidara, teh bidara yang berasal dari daun bidara kering, dan juga minyak bidara yang praktis dan mudah digunakan.

Perbedaan Pohon Bidara Arab Asli dengan Bidara Cina dan India

Ada beberapa jenis pohon bidara yang untuk saat ini sudah cukup mudah ditemukan di Indonesia, dan berikut ini beberapa ciri-ciri penting dari pohon bidara tersebut seperti yang kami kutip dari pikiran-rakyat.com:

  • Ciri Pohon Bidara Arab (sidr): Daun bidara arab asli atau sidr memiliki ciri-ciri daun yang lonjong cenderung lancip, tidak bulat dan agak lemas. Serta pada setiap tangkai daun ataupun batang terdapat duri-duri yang tajam.
  • Ciri Pohon Bidara Cina: Antara bidara arab dan cina sama-sama memiliki kesamaan yakni sama-sama memiliki duri, namun pada spesifikasi daun berbeda yakni daun bidara cina berbentuk bulat dan juga berbulu.
  • Ciri Pohon Bidara India: Bidara India sering disebut juga sebagai apel India atau Putsa yang memiliki ciri-ciri memiliki daun yang lebih besar dari bidara Arab dan Cina, bertekstur lemas dan nyaris tidak berduri sama sekali, seandainya ada hanya sedikit sekali.

Harga Bibit Bidara

harga bibit bidara

Harga bibit bidara Arab asli bisa Anda beli secara online harga paling murah mulai dari Rp 1 ribuan untuk bibit yang sudah berupa tanaman hidup dengan panjang 20 cm atau lebih.

Untuk mendapatkan harga yang lebih murah terutama jika memang ingin menanam dalam jumlah yang banyak, bibit bisa di beli yang masih berupa biji atau benih bidara. Akan tetapi untuk cara yang lebih mudah adalah dengan membeli yang sudah berbentuk tanaman hidup.

Cara Menanam Bibit Bidara

Jika Anda ingin menanam bibit bidara yang sudah berupa tanaman hidup dengan cara membelinya secara online, berikut beberapa tips dan langkah-langkah mudah untuk menanamnya.

  • Langsung buka paket begitu Anda terima dari kurir.
  • Segera tanam bibit tersebut dalam polybag atau pot kecil, siram dan hindarkan dari sinar matahari setidaknya 5 atau 7 hari.
  • Setelah sudah berumur lebih dari 14 hari dan bibit sudah terlihat segar dan pulih dari layunya, bibit bisa dipindahkan ke pot yang besar dengan cara jangan disiram selama 2 hari agar tanahnya mengering dan mudah terbawa bersama akar ketika diangkat dan akan dipindahkan.
  • Pemindahan yang mengikutsertakan semua bagian akar beserta tanahnya yang ada di dalam polybag atau pot kecil tersebut tidak membuat tanaman layu sehingga tanaman bisa tetap akan terus tumbu.

Rekomendasi Penjual Bibit Bidara Arab Asli Yang Terpercaya

Dan berikut ini sudah kami pilihkan untuk Anda beberapa penjual bibit bidara terbaik yang sudah terpercaya yang sudah berhasil menjual cukup banyak bibit secara online.

1. Bibit Bidara Arab Asli (Sidr)

bibit bidara arab asli
gambar: shopee.co.id

Penjual yang berikut ini sudah memiliki angka penjualan yang cukup tinggi dan juga sudah mendapatkan cukup banyak review dan penilaiaan positif dari cukup banyak pembeli yang sudah mendapatkan bibitnya.

Dengan harga hanya kurang dari Rp 2 ribuan per bibit, saat ini sedang ada promo gratis bibit untuk setiap pembelian 5 bibit.

Seperti yang Anda bisa lihat pada gambar diatas, bibit ini sudah berbentuk tanaman hidup ukuran 20 cm sampai dengan 25 cm yang berasal dari biji.

2. Bibit Bidara Cina

bibit bidara cina
gambar: shopee.co.id

Bibit besar dengan panjang 50 cm

Memang, peminat daun bidara Cina tergolong sangat sedikit dan berbeda jauh dengan peminat bidara Arab. Terutama untuk kalangan orang Islam yang memiliki keyakinan bahwa daun bidara Arab asli yang bisa digunakan untuk kebutuhan ruqyah dan pengusir jin.

Namun untuk kegunaan lain seperti sebagai tanaman hias pelengkap, pohon bidara Cina bisa Anda tanam di pot untuk ditempatkan di teras atau halaman rumah.

3. Bibit Bidara India (Apel Putsa)

bibit bidara india

Motivasi orang Indonesia ketika menanam pohon bidara India tidaklah sama ketika mereka ingin menanam pohon bidara Arab atau Sidr yang akan digunakan untuk kebutuhan ruqyah dan sihir.

Motivasi orang menanam pohon bidara India adalah untuk dijadikan sebagai tanaman hias dan juga diambil buahnya karena bidara India ini sama hal seperti bibit apel yang bisa juga ditanam di pot.

Lihat juga rekomendasi:

Bibit Zaitun Terbaik.

Bibit Kurma Tropis.

Bibit Buah Tin Terbaik.