bibit kelapa terbaik

6 Bibit Kelapa Terbaik, Pohon Pendek dan Cepat Berbuah

Diposting pada

Ketika bibit kelapa ditanam, waktu yang dibutuhkan biasanya dari mulai 7 tahun atau bahkan ada yang 9 tahun. Tapi saat ini sudah banyak di budidaya beberapa jenis atau varietas kelapa yang dapat berbuah lebih cepat mulai dari 3 tahun dan bahkan 2 tahun sudah mulai berbunga.

Tapi meskipun sudah ada bibit kelapa pendek yang genjah atau yang cepat berbuah, ketika menanam pohon kelapa tidak bisa di dalam pot atau dijadikan kelapa tabulampot karena akan tidak optimal mengingat pohon kelapa adalah pohon yang berdahan banyak dan besar.

Agar lebih optimal dan dapat tumbuh besar maksimal, serta dapat menghasilkan buah yang banyak, pohon kelapa perlu ditanam pada media tanah langsung meskipun tidak harus dengan jarak yang lebar dan bisa di halaman rumah.

Kesegaran air kelapa yang diambil dari kelapa muda yang baru saja dipetik tentu akan berbeda dengan air kelapa yang sudah dipetik beberapa hari yang lalu.

Dan dengan menanam sendiri pohon kelapa, Anda akan bisa dengan mudah mengambil air kelapa mudanya atau Anda biarkan hingga menjadi tua dan bisa dibuat santan kelapa atau dibuat menjadi minyak kelapa VCO.

Harga Bibit Kelapa

Harga bibit kelapa yang saat ini bisa dengan mudah Anda beli secara online dibanderol mulai dari Rp 10 ribuan untuk jenis kelapa hibrida genjah yang berpohon pendek dan cepat berbuah.

Akan tetapi ada juga yang dibanderol seharga Rp 30 ribuan seperti pada kelapa hijau wulung dan bibit kelapa pandan wangi.

6 Rekomendasi Bibit Kelapa Pendek Yang Cepat Berbuah

Dan berikut ini adalah daftar bibit kelapa terbaik versi BestList yang layak untuk Anda pertimbangkan untuk ditanam di kebun atau pekarangan di dekat rumah Anda.

1. Bibit Kelapa Wulung Hijau

bibit kelapa wulung ijo
gambar: shopee.co.id

Rekomendasi bibit kelapa terbaik yang pertama adalah kelapa wulung hijau (kelapa ijo) yang selama ini cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia karena memiliki khasiat dan berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan.

Harga kelapa muda ijo wulung di pasaran juga dijual dengan harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan kelapa hijau biasa.

Bibit varietas ijo wulung yang ini juga menjadi salah satu bibit terlaris yang ada di marketplace Shopee.

2. Bibit Kelapa Pendek Entok

gambar: shopee.co.id

Yang kedua adalah bibit kelapa genjah entok yang untuk saat ini sedang naik daun dan cukup populer di kalangan komunitas yang suka berkebun skala rumahan termasuk para petani kelapa skala besar.

Salah keunggulan dari kelapa pendek entok ini adalah karena lebih cepat berbuah dari kebanyakan jenis kelapa genjah. Kelapa entok ini ketika masih cukup pendek dan baru berumur 2 tahun saja sudah akan mulai untuk berbuah.

3. Bibit Kelapa Hibriba Super

bibit kelapa hibrida super cepat berbuah

Jenis bibit kelapa hibrida seperti yang satu ini juga banyak digemari karena pendek dan cepat berbuah dan dalam satu tandannya bahkan bisa menghasilkan cukup banyak kelapa.

Meskipun jenis kelapa ini sebenarnya bisa juga ditanam di pot, akan tetapi tetap saja hal tersebut kurang optimal, dan bahkan jika media tanam yang ada di pot tersebut tidak mengandung sumber-sumber unsur hara makro yang cukup, hal tersebut malah akan semakin memperlambat pertumbuhan pohon kelapa ini.

Cara yang paling optimal tetap saja harus Anda tanam pada tanah langsung, meskipun area yang dibutuhkan tidak luas seperti di depan rumah, atau di samping rumah yang jaraknya tidak terlalu jauh dengan tembok.

4. Bibit Kelapa Gading Kuning

bibit kelapa gading kuning
gambar: shopee.co.id

Jenis kelapa genjah yang berwarna menarik

Kelapa gading atau kelapa kuning ini merupakan jenis kelapa genjah yang lebih awal dikenal oleh masyarakat di Indonesia sebelum kemunculan berbagai jenis kelapa genjah lainnya yang untuk saat ini sudah banyak di budidaya.

Kelapa gading genjah ini memiliki bentuk yang relatif paling kecil dari kebanyakan jenis kelapa genjah yang ada di Indonesia, namun kelapa ini tergolong paling cepat berbuah dan bahkan ketika sudah berumur 1 tahun lebih sudah bisa mulai berbunga terutama jika diperlakukan dan diberi pupuk organik yang cukup.

5. Bibit Kelapa Kopyor

bibit kelapa kopyor asli

Sudah tahu kelapa kopyor? kelapa kopyor adalah kelapa yang sudah mengalami mutasi genetik secara alami atau bisa dikatakan kelapa yang sudah memiliki kelainan dari kelapa normal.

Seperti yang BestList kutip dari Wikipedia, kelapa kopyor memiliki ciri-ciri daging buahnya yang mudah terlepas dari batok atau tempurung nya. Tekstur daging buah kelapa kopyor juga cenderung lebih lembut dari kelapa normal sehingga membuat kelapa kopyor banyak diolah untuk kebutuhan makanan dan minuman.

6. Bibit Kelapa Pandan Wangi

bibit kelapa pandan wangi

Berbeda dengan kebanyakan varietas kelapa, kelapa pandan wangi yang sesuai dengan namanya ini memiliki aroma wangi yang lebih kuat dari kelapa biasa.

Bagian yang wangi ada pada daging buahnya, yang meskipun cenderung tipis dan tidak tebal, akan tetapi memiliki aroma wangi cukup kuat seperti halnya daun pandan.

Lihat juga rekomendasi:

Bibit Durian Bawor.

Bibit Mangga Mahatir Jumbo.

Bibit Nangka Madu Jumbo.