Kategori
Berkebun

10 Jenis Bibit Sayuran Hijau Yang Mudah Ditanam Sendiri

bibit benih sayuran hijau terbaik
gambar sayuran hijau

Tidak seperti dulu sebelum era digital di tahun 2020 seperti sekarang ini dimana ketika kita ingin menanam sayuran organik atau buah-buahan, maka untuk mendapatkan bibit sayuran tersebut kita harus membeli sayur atau buahnya langsung untuk mendapatkan batang atau benih biji yang nantinya bisa untuk kita tanam.

Atau paling tidak kita harus datang ke toko pertanian langsung untuk membeli paling sedikit satu bungkus kemasan besar atau 1 paket benih sayuran tertentu yang terdiri dari cukup banyak biji yang sebenarnya jumlahnya kebanyakan untuk berkebun atau bertani skala rumahan.

Tapi kini semua persoalan yang agak menyulitkan tersebut menjadi gampang dan mudah karena berbagai bibit sayuran hijau yang mudah di tanam dirumah menggunakan pot plastik atau polybag bisa di beli secara ecer di berbagai toko online terpercaya seperti Shopee dan Lazada.

Kelebihan Membeli Bibit Sayuran Eceran Secara Online

kelebihan beli bibit sayuran online
kelebihan beli bibit sayuran online, gambar: shopee.co.id

Begitu anda tahu beberapa kelebihan dan betapa mudahnya untuk mendapatkan berbagai bibit sayuran dan juga buah-buahan melalui online, kemungkinan besar anda akan langsung tergiur untuk mulai menanam di halaman rumah anda.

Dibanderol dengan harga murah karena bisa di ecer

Berbeda dengan membeli bibit ke toko online pertanian secara offline yang membeli kemasan besar, di toko online atau marketplace besar seperti Shopee dan Lazada pembeliannya bisa di ecer dengan harga bahkan mulai dari seribuan rupiah saja.

Seperti misalnya ketika anda ingin membeli bibit paprika yang dibanderol seharga seribuan per 1 biji, maka anda bisa juga hanya membeli 5 biji saja jadi totalnya hanya Rp 5.000, dan selanjutnya anda bisa membeli berbagai jenis bibit sayuran yang lainnya yang masih di jual oleh penjual yang sama.

Mendapatkan bibit sayuran yang bermacam-macam

Dengan begitu ketika anda berbelanja sebesar 50 ribuan saja misalnya, maka anda akan mendapatkan bermacam-macam bibit sayuran yang berbeda-beda jenis yang bisa untuk langsung anda tanam.

Tips Membeli Bibit Sayuran Eceran Secara Online

tips beli bibit sayuran online

Agar aktifitas belanja online anda menjadi lebih hemat ketika hendak berbelanja bibit secara online, perhatikan beberapa tips dari Bicara Produk berikut ini.

Pilih penjual bibit yang sudah terpercaya

Bagaimana cara agar kita dapat mengetahui bahwa orang yang jual bibit tersebut terpercaya atau tidak? hal tersebut bisa kita lihat dari rating dan review positif yang sudah diberikan oleh banyak pembeli yang sudah mendapatkan bibitnya.

Membeli ke satu penjual untuk menghemat ongkir

Ongkir atau biaya ongkos kirim barang yang diberlakukan oleh toko online adalah dihitung 1 paket dengan berat maksimal kurang lebih 1 kg per toko atau penjual, dan ketika anda membeli bibit yang notabene beratnya ringan tapi karena membeli kepada 2 toko yang berbeda, maka biaya ongkirnya juga akan terhitung 2 ongkir juga.

Oleh karena itu, belilah beberapa jenis bibit sekaligus kepada satu toko saja agar ongkos kirim menjadi murah karena terhitung 1 paket saja.

Pilih penjual terdekat dengan lokasi anda

Hal ini masih terkait dengan biaya ongkir agar anda mendapatkan harga yang lebih murah dengan cara membeli ke penjual yang berlokasi dekat dengan anda.

Misalkan anda tinggal di kota Bandung yang notabede di provinsi Jawa Barat, maka ketika anda hendak mencari jenis bibit sayuran yang akan anda beli, anda bisa menggunakan fitur filter yang tersedia pada aplikasi atau situs belanja online seperti Shopee dan menandai (check list) Jawa Barat sehingga yang akan ditampilkan oleh sistem hanya penjual yang berlokasi di area Jawa Barat saja.

Tapi jika selisih beberapa ribu rupiah saja tidak masalah bagi anda, anda tidak perlu melakukan tips ini dan bisa langsung saja melalukan order ke penjual yang berlokasi dimana saja yang penting sudah memiliki track record yang jelas.

Kelebihan Menanam Sayuran Hijau Organik Sendiri

kelebihan menanam sayuran organik
kelebihan menanam sayuran organik, gambar: shopee.co.id

Berikut ini beberapa kelebihan dan manfaat yang bisa anda dapatkan ketika bertani atau bercocok tanam sayuran skala rumahan dirumah.

Mendapatkan sayuran hijau organik yang berkualitas baik 100 persen alami

Sayuran yang kita tanam sendiri bisa menggunakan cara atau metode penanaman secara organik murni yang hanya menggunakan pupuk organik dan juga pestisida organik sebagai penanggulangan terhadap hama.

Dan dengan penanaman organik tersebut maka sayuran yang dihasilkan pun akan memiliki kualitas yang jauh lebih baik karena 100 persen alami tanpa adanya residu atau sisa-sisa penggunaan pupuk kimia sintetis dan juga pestisida kimia beracun yang bisa berdampak buruk untuk kesehatan untuk jangka panjang.

Menghemat pengeluaran belanja dapur

Anggaran belanja dapur harian anda akan menjadi lebih hemat ketika anda sudah menanam sayuran sendiri, padahal beberapa sayuran hijau seperti kangkung, bayam dan sawi bisa dipanen hanya dalam waktu 30 hari setelah penanaman.

Mendapatkan hiburan yang menyenangkan

Aktifitas menanam bisa menjadi sebuah hiburan yang cukup menghibur dan menyenangkan dan juga menyehatkan karena dilakukan di luar ruangan sambil menghirup udara segar dan juga terkena paparan sinar matahari langsung.

Dan berikut ini beberapa rekomendasi bibit sayuran hijau terbaik versi Bicara Produk yang bisa untuk anda tanam baik menggunakan pot plastik, polybag, hidroponik maupun pada media tanah langsung.

1. Bibit Sayuran Bayam Hijau

bibit sayuran bayam hijau
gambar bibit bayam hijau maestro: shopee.co.id

Rekomendasi yang pertama adalah bayam hijau yang tentu saja sudah tidak asing lagi bagi semua ibu rumah tangga yang ada di Indonesia dan bahkan dunia.

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang cukup banyak memberikan manfaat bagi kesehatan karena mengandung banyak serat alami dan juga zat besi yang berkaitan erat dengan pembetukan sel-sel darah merah untuk penambah darah.

2. Benih Biji Sayuran Kangkung Bangkok

bibit sayuran kangkung lokal dan impor

Bagi orang yang sudah diagnosa dokter memiliki kadar asam urat tinggi biasanya akan lebih berhati-hati dan membatasi mengkonsumsi kangkung, tapi jika yang dikonsumsi adalah kangkung organik yang ditanam sendiri tentu hal tersebut akan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan kangkung yang di beli dari pasar yang ditanam secara anorganik (non organik).

Dan menurut sumber yang belum terlalu jelas menyebutkan bahwa kangkung yang diperoleh hanya sekali panen (kangkung cabut) jauh lebih baik untuk penderita asam urat jika dibandingkan dengan kankung yang dipanen berkali-kali (dipangkas) apalagi yang juga diberi pupuk kimia sintetis.

3. Benih Biji Sawi Hijau Pakchoy, Caisim dan Pagoda

bibit sayuran sawi caisim dan pak choy

Jenis-jenis sayuran sawi hijau yang paling populer di masyarat diantaranya adalah sawi caisim yang lazim digunakan sebagai sayuran segar pelengkap pada mie bakso dan mie ayam, dan sawi pak choy yang lebih sering digunakan untuk membuat cap cay.

Namun ternyata ada beberapa jenis sawi yang lainnya seperti sawi pagoda yang berbentuk bertumpuk-tumpuk seperti bangunan pagoda di China, dan ada juga sawi pahit yang memiliki rasa cenderung selalu pahit.

4. Bibit Sayuran Lalap Selada Keriting Hijau

bibit sayuran lalap selada keriting

Selada keriting hijau ini cocok untuk yang suka makan lalapan sayuran mentah yang masih segar, terlebih lagi dengan selada hijau hasil dari kebun sendiri yang ditanam secara organik yang bisa dipetik sesaat sebelum makan menemani makan pakai sambel dan ayam goreng atau ikan tentu akan lebih memeberikan kesegaran yang lebih.

Atau bisa juga dijadikan sebagai campuran salad dengan berbagai sayuran hijau segar lainnya dengan racikan bumbu pendukung lainnya seperti minyak zaitun, garam himalaya, dan madu asli yang akan semakin salad tersebut menjadi semakin berkualitas dan baik untuk kesehatan.

Untuk berapa lama waktu selada keriting bisa di panen, dari mulai bibit yang berupa biji yang di semai sampai tumbuh besar dan dipanen berkisar antara 38 harian.

Proses pemanenan bisa juga dilakukan secara berkali-kali dengan cara memotong dengan gunting per lembar daunnya dan bukan batang utamanya langsung.

5. Bibit Biji Sayuran Kemangi

benih biji kemangi

Daun kemangi segar paling mudah kita temukan pada menu-menu masakan yang mengandung lalapan seperti ayam bakar atau goreng, atau yang paling banyak biasanya pada pedagang pecel lele, dan juga pelengkap pepes.

Aroma wangi yang keluar dari kemangi dapat memberikan sensasi kesegaran yang berbeda meskipun pada sebagian orang ada yang tidak menyukainya.

Terlepas aroma yang sangat menyengat, kemangi memiliki manfaat yang bisa langsung terasa ketika dimakan yakni dapat memberikan efek menghangatkan badan karena bersifat panas.

6. Bibit Daun Mint

benih tanaman daun mint

Daun mint memiliki aroma yang sangat khas, menyegarkan dan terkesan dingin yang bisa digunakan sebagai pelengkap berbagai jenis makanan dan minuman.

Penggunaan daun mint segar yang sedang menjadi tren saat ini adalah daun mint di minum setelah sebelumnya dijadikan infused water terlebih dahulu setelah dimasukkan kedalam infused water dan membiarkannya minimal 6 jam.

Apa bisa daun mint di makan langsung dalam kondisi mentah sebagai lalap? bisa juga, meskipun kebanyakan orang tidak menyukainya karena terasa terlalu panas di mulut.

Cara perkembangbiakan daun mint terdiri dari 2 cara yakni dengan biji dan juga stek, dan untuk cara yang lebih mudah dan juga lebih cepat anda bisa membeli pada penjual yang menjual bibit tanaman daun mint dan bukan bibit biji.

7. Bibit Seledri Lokal dan Impor

benih seledri impor dan lokal

Selain digunakan sebagai pengharum masakan, seledri juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan dan juga bisa dibuat minuman infused water.

Waktu penanaman seledri sekitar 30 hari sebelum bisa untuk dipanen dengan proses berkecambah antara 7 sampai dengan 14 hari.

Jenis bibit seledri yang saat ini banyak beredar dipasaran adalah jenis seledri impor dan juga lokal yang diproduksi oleh perusahaan bibit lokal terkenal seperti cap panah merah.

8. Bibit Daun Bawang

benih dau bawang

Daun bawang bisa dikatakan salah satu sayuran bumbu pelengkap yang harus selalu ada di dapur setiap rumah masyarakat Indonesia, karena berbagai menu masakan kebanyakan membutuhkan daun bawang.

Anda bisa dengan mudah menanam daun bawang dirumah menggunakan media pot atau polybag meskipun harus menunggu waktu yang agak lama sekitar 3 sampai 4 bulan sebelum dapat memanennya.

9. Benih Cabai Rawit Hijau dan Cabe Besar Merah

benih biji cabai rawit dan besar

Meskipun jika dilihat secara ilmu botani, tanaman cabai masuk dalam kategori tanaman buah karena memiliki biji, tapi cabai dapat juga digolongkan sebagai sayuran terlebih ketika cabai digunakan sebagai bumbu masakan yang berfungsi sebagai penguat rasa pedas.

Beberapa jenis cabai, cabe atau lombok yang saat ini benihnya bisa anda beli secara online diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Benih Cabe Rawit Hijau dan Merah
  • Benih Cabai Besar Keriting
  • Benih Cabe Besar Hijau dan Merah
  • Benih Cabai Hias Pelangi Warna-warni (Cabai Rainbow)

Dan dari jenis-jenis cabai diatas masih ada puluhan dan bahkan mungkin ratusan varian lainnya yang memiliki bentuk, warna dan tingkat dan pedas yang berbeda-beda pula.

10. Benih Biji Paprika Merah dan Kuning

benih biji paprika merah, kuning,dan hijau

Paprika juga masih sama seperti cabai yang meskipun kategori buah tapi masih bisa juga digolongkan sebagai sayur karena dapat digunakan sebagai bumbu penyedap rasa.

Paprika merupakan salah satu jenis buah sayur yang memiliki harga jual yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga cabai.

Beberapa jenis prapika yang saat ini beredar dipasaran diantaranya adalah: benih paprika merah, hijau, kuning, orange, coklat, ungu, paprika bentuk mawar, dan ada juga paprika sweet california yang memiliki rasa cenderung manis.

Harga biji benih paprika berapa? cukup murah dan terjangkau mulai dari Rp 3.000 per 1 biji dan bisa di beli secara ecer di toko online Shopee.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *