Kategori
Berkebun

10+ Jenis Sayuran Hijau Yang Mudah Ditanam Sendiri

Tidak seperti dulu sebelum datangnya era digital seperti di tahun 2021 sekarang ini dimana ketika kita ingin menanam sayuran organik atau buah-buahan, maka untuk mendapatkan bibit atau benih sayuran tersebut kita harus membeli sayur atau buahnya langsung untuk mendapatkan batang atau benih biji yang nantinya bisa untuk kita tanam.

Atau paling tidak kita harus datang ke toko pertanian langsung untuk membeli paling sedikit satu bungkus kemasan besar atau 1 paket benih sayuran tertentu yang terdiri dari cukup banyak biji yang sebenarnya jumlahnya kebanyakan untuk berkebun atau bertani skala rumahan yang hanya menanamnya di halaman atau pekarangan rumah saja.

Tapi kini semua persoalan yang agak menyulitkan tersebut menjadi gampang dan mudah karena berbagai bibit sayuran hijau yang mudah di tanam dirumah menggunakan pot plastik atau polybag bisa di beli secara ecer di berbagai toko online terpercaya seperti Shopee dan Lazada.

Kelebihan menanam sayuran hijau organik sendiri

benih sayuran hijau terbaik

Berikut ini beberapa kelebihan dan manfaat yang bisa anda dapatkan ketika bertani atau bercocok tanam sayuran skala rumahan dirumah.

Mendapatkan sayuran hijau organik yang berkualitas baik 100 persen alami

Sayuran yang kita tanam sendiri bisa menggunakan cara atau metode penanaman secara organik murni yang hanya menggunakan pupuk organik dan juga pestisida organik sebagai penanggulangan terhadap hama.

Dan dengan penanaman organik tersebut maka sayuran yang dihasilkan pun akan memiliki kualitas yang jauh lebih baik karena 100 persen alami tanpa adanya residu atau sisa-sisa penggunaan pupuk kimia sintetis dan juga pestisida kimia beracun yang bisa berdampak buruk untuk kesehatan untuk jangka panjang.

Menghemat pengeluaran belanja dapur

Anggaran belanja dapur harian anda akan menjadi lebih hemat ketika anda sudah menanam sayuran sendiri, padahal beberapa sayuran hijau seperti kangkung, bayam dan sawi bisa dipanen hanya dalam waktu 30 hari setelah penanaman.

Mendapatkan hiburan yang menyenangkan

Aktivitas menanam bisa menjadi sebuah hiburan yang cukup menghibur dan menyenangkan dan juga menyehatkan karena dilakukan di luar ruangan sambil menghirup udara segar dan juga terkena paparan sinar matahari langsung.

Kelebihan membeli benih sayuran eceran secara online

Begitu anda tahu beberapa kelebihan dan betapa mudahnya untuk mendapatkan berbagai bibit sayuran dan juga buah-buahan melalui online, kemungkinan besar anda akan langsung tergiur untuk mulai menanam di halaman rumah anda.

Dibanderol dengan harga murah karena bisa di ecer

Berbeda dengan membeli bibit ke toko online pertanian secara offline yang membeli kemasan besar, di toko online atau marketplace besar seperti Shopee dan Lazada pembeliannya bisa di ecer dengan harga bahkan mulai dari seribuan rupiah saja.

Seperti misalnya ketika anda ingin membeli bibit paprika yang dibanderol seharga seribuan per 1 biji, maka anda bisa juga hanya membeli 5 biji saja jadi totalnya hanya Rp 5.000, dan selanjutnya anda bisa membeli berbagai jenis bibit sayuran yang lainnya yang masih di jual oleh penjual yang sama.

Mendapatkan bibit sayuran yang bermacam-macam

Dengan begitu ketika anda berbelanja sebesar 50 ribuan saja misalnya, maka anda akan mendapatkan bermacam-macam bibit sayuran yang berbeda-beda jenis yang bisa untuk langsung anda tanam.

10+ Rekomendasi Benih Sayuran Hijau Yang Mudah Ditanam

Dan berikut ini beberapa rekomendasi bibit sayuran hijau terbaik versi BestList.ID yang bisa untuk anda tanam baik menggunakan pot plastik, polybag, hidroponik maupun pada media tanah langsung.

1. Bayam Hijau dan Bayam Merah

benih sayuran bayam hijau
gambar bayam hijau: shopee.co.id

Rekomendasi yang pertama adalah benih sayuran bayam yang tentu saja sudah tidak asing lagi bagi semua ibu rumah tangga yang ada di Indonesia dan bahkan dunia. Bayam bisa ditanam menggunakan media tanam tanah, dan bisa juga ditanam secara hidroponik menggunakan media air.

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang cukup banyak memberikan manfaat bagi kesehatan karena mengandung banyak serat alami dan juga zat besi yang berkaitan erat dengan pembentukan sel-sel darah merah untuk penambah darah.

Jenis bayam yang saat ini benih yang berupa biji mudah didapatkan di Indonesia diantaranya adalah bayam hijau, bayam merah, dan ada juga bayam batik. Untuk bayam hijau ada jenis bayam cabut sekali panen, dan ada juga yang bisa dipanen berkali-kali.

2. Sayuran Kangkung Cabut (kangkung darat)

benih sayuran kangkung terbaik
gambar kangkung: bukalapak.com

Bagi orang yang sudah diagnosa dokter memiliki kadar asam urat tinggi biasanya akan lebih berhati-hati dan membatasi mengkonsumsi kangkung, tapi jika yang dikonsumsi adalah kangkung organik yang ditanam sendiri tentu hal tersebut akan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan kangkung yang dibeli dari pasar yang ditanam secara anorganik (non organik) yang mengandung berbagai residu kimia yang berasal dari pupuk dan pestisida kimia sintetis.

Dan menurut sumber yang belum terlalu jelas menyebutkan bahwa kangkung yang diperoleh hanya sekali panen (kangkung cabut) jauh lebih baik untuk penderita asam urat jika dibandingkan dengan kangkung air atau kangkung darat tapi yang dipanen berkali-kali (dipangkas) apalagi yang juga diberi pupuk kimia sintetis.

3. Sawi Hijau, Pakcoy, dan Pagoda

benih sawi hijau
sayuran sawi hijau

Jenis-jenis sayuran sawi hijau yang paling populer di masyarakat diantaranya adalah sawi caisim yang lazim digunakan sebagai sayuran segar pelengkap pada mie bakso dan mie ayam, dan sawi pakcoy yang lebih sering digunakan untuk membuat cap cay.

Namun ternyata ada beberapa jenis sawi yang lainnya seperti sawi pagoda yang berbentuk bertumpuk-tumpuk seperti bangunan pagoda di China, dan ada juga sawi pahit yang memiliki rasa cenderung selalu pahit.

Sawi bisa dengan mudah ditanam di polybag atau pot dengan perawatan yang mudah dan tidak memerlukan pupuk khusus. Masa panen sawi bisa dimulai ketika sudah berumur minimal 1 bulan atau 40 harian. Dan jika semakin dibiarkan, maka tekstur batang sawi akan semakin mengeras.

Baca juga: Benih Sawi Terbaik.

4. Tomat

tomat

Tomat merupakan sayuran buah atau buah sayur yang mengandung cukup banyak vitamin A dan vitamin C, serta antioksidan yang cukup dibutuhkan dalam hidangan masakan sehari-hari di Indonesia terutama bagi mereka keluarga yang menyukai sambal, karena tanpa tomat sambal dibuat tentu akan menjadi kurang sedap.

Ada cukup banyak jenis atau varietas benih tomat yang saat ini bisa didapatkan di Indonesia dan bahkan konon ada sebanyak ribuan varietas tomat di seluruh dunia.

Akan tetapi jika dilihat dari perbedaan bentuk dan ukurannya, beberapa jenis tomat yang paling populer dan mudah didapatkan diantaranya adalah tomat sayur yang memiliki ukuran buah sedang, tomat buah yang memiliki ukuran buah besar, dan tomat cherry yang berbentuk kecil-kecil seukuran jari orang dewasa.

5. Sayuran Buncis dan Kacang Panjang

buncis dan kacang panjang

Sebenarnya antara sayuran buncis dan kacang panjang itu berbeda, akan tetapi cukup banyak memiliki kesamaan, dan cara menanam sayuran yang berbentuk panjang ini juga tidak jauh berbeda.

Dan jika Anda menanam buncis atau kacang panjang di kebun sendiri dirumah, maka Anda akan mendapatkan sayuran yang bebas pestisida, karena kebanyakan kedua sayuran jenis ini yang dijual di pasaran bisa kami katakan hampir semuanya tidak ditanam secara organik.

Hal tersebut dikarenakan hama sangat menyukai kedua jenis tanaman ini, akan tetapi dengan penanaman skala rumah yang tidak luas, penanggulangannya dapat dengan mudah diatasi dengan hanya menggunakan pestisida nabati atau pestisida alami yang terbuat dari bahan-bahan dapur seperti bawang putih saja.

Buncis dan kacang panjang bisa ditanam di polybag atau pot dengan memberikan ajir untuk rambatan yang bisa menggunakan kayu atau paralon. Dan ada juga buncis prancis yang tidak merambat yang memiliki batang kokoh seperti kacang kedelai.

6. Terong Sayur dan Lalap

terong

Rekomendasi sayuran buah berikutnya adalah terong, yang juga mudah ditanam dan juga bisa cepat dipanen. Jenis yang paling banyak ditanam di Indonesia diantaranya adalah terong ungu, terong hijau dan terong lalap (ada yang hijau dan ada yang ungu).

Bentuk dari terong pun bermacam-macam, ada yang lonjong memanjang, dan ada juga yang agak bulat. Sedang untuk terong lalap bentuknya kecil-kecil dan cenderung bulat hampir 100%.

7. Sayuran Selada Keriting

sayuran lalap selada keriting
sayuran lalap selada keriting

Selada keriting hijau ini cocok untuk Anda yang suka makan lalapan sayuran mentah yang masih segar, terlebih lagi dengan selada hijau hasil dari kebun sendiri yang ditanam secara organik yang bisa dipetik sesaat sebelum makan menemani makan pakai sambel dan ayam goreng atau ikan tentu akan lebih memberikan kesegaran yang lebih.

Atau bisa juga dijadikan sebagai campuran salad dengan berbagai sayuran hijau segar lainnya dengan racikan bumbu pendukung lainnya seperti minyak zaitun, garam himalaya, dan madu asli yang akan semakin salad tersebut menjadi semakin berkualitas dan baik untuk kesehatan.

Untuk berapa lama waktu selada keriting bisa di panen, dari mulai bibit yang berupa biji yang di semai sampai tumbuh besar dan dipanen berkisar antara 1 bulan sampai 45 harian.

Proses pemanenan bisa juga dilakukan secara berkali-kali dengan cara memotong dengan gunting per lembar daunnya dan bukan batang inti atau batang utamanya langsung.

8. Kemangi

benih daun kemangi
daun kemangi untuk lalap

Daun kemangi segar paling mudah kita temukan pada menu-menu masakan yang mengandung lalapan seperti ayam bakar atau goreng, atau yang paling banyak biasanya pada pedagang pecel lele, dan juga pelengkap pepes.

Aroma wangi yang keluar dari kemangi dapat memberikan sensasi kesegaran yang berbeda meskipun pada sebagian orang ada yang tidak menyukainya.

Terlepas aroma yang sangat menyengat, kemangi memiliki manfaat yang bisa langsung terasa ketika dimakan yakni dapat memberikan efek menghangatkan badan karena bersifat panas.

9. Leunca

sayuran lalap leunca
sayuran buah lalap leunca

Rekomendasi sayuran berikutnya berbentuk sayuran buah yang banyak dijadikan sebagai lalap dan disandingkan dengan daun kemangi yakni buah leunca.

Buah leunca memang memiliki rasa yang agak pahit, akan tetapi bagi orang yang memang suka makan lalap, pahit yang terkandung pada leunca dianggap sebagai rasa pahit yang nikmat dan menyegarkan.

10. Daun Mint

daun mint
daun mint segar

Daun mint memiliki aroma yang sangat khas, menyegarkan dan terkesan dingin yang bisa digunakan sebagai pelengkap berbagai jenis makanan dan minuman.

Penggunaan daun mint segar yang sedang menjadi tren saat ini adalah daun mint di minum setelah sebelumnya dijadikan infused water terlebih dahulu setelah dimasukkan kedalam infused water dan membiarkannya minimal 6 jam.

Apa bisa daun mint di makan langsung dalam kondisi mentah sebagai lalap? bisa juga, meskipun kebanyakan orang tidak menyukainya karena terasa terlalu panas di mulut.

Cara perkembangbiakan daun mint terdiri dari 2 cara yakni dengan biji dan juga stek, dan untuk cara yang lebih mudah dan juga lebih cepat anda bisa membeli pada penjual yang menjual bibit tanaman daun mint dan bukan bibit biji.

11. Seledri

seledri
sayuran bumbu seledri sedar

Selain digunakan sebagai pengharum masakan, seledri juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan dan juga bisa dibuat minuman infused water.

Waktu penanaman seledri sekitar 30 hari sebelum bisa untuk dipanen dengan proses berkecambah antara 7 sampai dengan 14 hari.

Jenis bibit seledri yang saat ini banyak beredar dipasaran adalah jenis seledri impor dan juga lokal yang diproduksi oleh perusahaan bibit lokal terkenal seperti cap panah merah.

12. Daun Bawang

bawang daun segar
bumbu sayur bawang daun segar

Daun bawang bisa dikatakan salah satu sayuran bumbu pelengkap yang harus selalu ada di dapur setiap rumah masyarakat Indonesia, karena berbagai menu masakan kebanyakan membutuhkan daun bawang.

Anda bisa dengan mudah menanam daun bawang dirumah menggunakan media pot atau polybag meskipun harus menunggu waktu yang agak lama sekitar 3 sampai 4 bulan sebelum dapat memanennya.

13. Cabai Rawit dan Cabe Besar

cabe rawit dan besar
cabai rawit dan besar

Meskipun jika dilihat secara ilmu botani, tanaman cabai masuk dalam kategori tanaman buah karena memiliki biji, tapi cabai dapat juga digolongkan sebagai sayuran terlebih ketika cabai digunakan sebagai bumbu masakan yang berfungsi sebagai penguat rasa pedas.

Beberapa jenis cabai, cabe atau lombok yang saat ini benihnya bisa anda beli secara online diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Benih Cabe Rawit Hijau dan Merah
  • Benih Cabai Besar Keriting
  • Benih Cabe Besar Hijau dan Merah
  • Benih Cabai Hias Pelangi Warna-warni (Cabai Rainbow)

Dan dari jenis-jenis cabai diatas masih ada puluhan dan bahkan mungkin ratusan varian lainnya yang memiliki bentuk, warna dan tingkat dan pedas yang berbeda-beda pula.

14. Paprika

paprika

Paprika juga masih sama seperti cabai yang meskipun kategori buah tapi masih bisa juga digolongkan sebagai sayur karena dapat digunakan sebagai bumbu penyedap rasa.

Paprika merupakan salah satu jenis buah sayur yang memiliki harga jual yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga cabai.

Beberapa jenis prapika yang saat ini beredar dipasaran diantaranya adalah: benih paprika merah, hijau, kuning, orange, coklat, ungu, paprika bentuk mawar, dan ada juga paprika sweet california yang memiliki rasa cenderung manis.

Harga biji benih paprika berapa? cukup murah dan terjangkau mulai dari Rp 3.000 per 1 biji dan bisa di beli secara ecer di toko online Shopee.

Baca juga rekomendasi:

Harga Bibit Anggur.

Bibit Pisang Cavendish.

Bibit Porang Terbaik.

Harga Bibit Strawberry.

Bibit Kelengkeng Unggul.

Bibit Mangga Manalagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.