cara membuat minyak sereh

Cara Membuat Minyak Sereh Secara Manual Tanpa Penyulingan

Diposting pada

Banyak yang menyangka bahwa cara membuat minyak sereh itu susah banget karena harus disuling dan membutuhkan alat penyulingan atau yang disebut sebagai destilator, yang harganya cukup mahal.

Padahal ternyata ada juga cara membuat minyak sereh secara manual tanpa perlu menggunakan alat penyulingan tersebut, dan bahkan tidak memerlukan alat elektrik seperti blender untuk menghaluskannya.

voucher tokopedia gratis
===

Meskipun memang, jika menggunakan blender tentu akan lebih bagus lagi karena bisa mempercepat waktu, akan tetapi jika memang tidak ingin menggunakannya bisa saja hanya menggunakan alat tumbuk manual saja.

Cara Membuat Minyak Sereh Secara Manual

Dengan membuat minyak sereh sendiri seperti ini, Anda akan bisa mendapatkan minyak sereh wangi yang lebih terjamin 100% asli tanpa campuran zat kimia apapun.

Bahan dan Alat Yang Diperlukan

Beberapa batang serai (tergantung kebutuhan dan tidak ada aturan pastinya), akan tetapi jika ini merupakan pertama kali Anda akan membuatnya, sebaiknya pergunakan beberapa batang sereh saja sebagai percobaan.

Alat yang dibutuhkan adalah alat tumbuk (bisa juga blender listrik), wadah stainless atau alumunium, dan panci untuk mengukus.

Penghalusan Batang Serai

potong batang sereh
Potongan batang sereh

Bersihkan batang sereh dari tanah, debu dan kotoran lainnya, kemudian potong menjadi kecil-kecil seperti gambar di atas.

Lalu masukkan ke tempat penumbukan atau blender, dan tumbuk atau haluskan hingga halus seperti gambar di bawah ini, karena pada contoh tutorial ini adalah ditumbuk secara tradisional saja.

haluskan batang sereh
Batang sereh halus setelah ditumbuk

Pengukusan Batang Sereh Halus Tanpa Ditutup

batang sereh halus dikukus
Batang sereh dikukus tanpa ditutup

Seperti pada gambar diatas, proses pengukusan menggunakan wadah yang bagian bawahnya rapat dan tidak berlubang sama sekali.

Panci yang digunakan untuk mengukus juga tidak boleh yang bertutup, dan alasannya adalah, agar air uapnya tidak jatuh dan membasahi batang sereh yang dikukus tersebut.

Karena jika terlalu basah dan kadar airnya terlalu banyak, maka proses pemisahan antara minyak dan airnya nanti akan menjadi lebih lama.

Dan terkait durasi berapa lama waktu untuk mengukus batang sereh ini adalah sekitar 1 jam, atau bisa juga lebih hingga batang sereh halus tersebut terlihat kecoklatan dan layu, agar menghasilkan minyak yang lebih murni dengan kadar air yang sedikit.

Peyaringan dan Pemerasan

peras batang sereh kukus

Setelah dikukus sekitar 1 jam atau setelah warnanya berubah menjadi kecoklatan dan terlihat layu, angkat batang sereh halus tersebut dan biarkan hingga dingin kemudian disaring menggunakan kain kering yang bersih.

Air yang keluarkan dari perasan tersebut adalah minyak yang masih bercampur air dengan kadar persentase sekitar minyak 90% dan air 10%.

Dan untuk memisahkan antara minyak dan airnya, Anda bisa menyimpannya di dalam wadah kaca seperti gelas misalnya, dan membiarkannya selama beberapa jam, dan nantinya antara minyak dan airnya akan terpisah dengan sendirinya, minyak ada pada bagian atas, dan air pada bagian bawah.

Jika Anda tidak memiliki cukup waktu di rumah untuk mempraktekkan tutorial cara membuat minyak sereh yang cepat jadi dengan cara seperti ini, Anda bisa membelinya saja secara online.

Baca juga:

Merek Minyak Sereh Wangi dan Harganya.

Minyak Kemiri Untuk Rambut Dewasa.

Materi tutorial tentang cara membuat minyak sereh wangi secara manual dan tanpa alat penyulingan ini bersumber dari channel YouTube “Gado-gado Channel” seperti video dibawah ini.

voucher alfamart gratis
===