cara membuat vco

Cara Membuat VCO Tanpa Proses Pemanasan (Tanpa Dimasak)

Diposting pada

Jangan kira membuat VCO atau virgin coconut oil itu susah ya! karena ternyata, cara membuat VCO itu mudah dan cepat, dan bisa dilakukan oleh siapa saja, karena tidak memerlukan peralatan khusus yang aneh-aneh.

Dan yang Bestlist maksud disini adalah cara pembuatan VCO atau virgin coconut oil, yang tanpa proses pemanasan sama sekali (minyak kelapa murni 100%), jadi Anda tidak membutuhkan kompor sama sekali ketika ingin membuatnya.

voucher tokopedia gratis
===

Dan meskipun VCO sebenarnya bisa dibeli dengan mudah, namun dengan membuatnya sendiri, Anda mengonsumsi VCO yang masih dari kondisi fresh dan baru jadi, yang tentu saja lebih terjamin higienis, karena Anda sendirilah yang membuatnya langsung.

Kelebihan Membuat VCO Sendiri

  • Lebih menghemat uang.
  • Mendapatkan VCO yang masih dalam kondisi fresh karena baru saja jadi.
  • Lebih terjamin higienis karena anda sendirilah yang membuatnya.

Cara Membuat VCO Tanpa Proses Pemanasan

Seluruh materi tutorial tentang cara membuat VCO ini bersumber dari channel YouTube “Dapur Berbagi Ilmu”, yang videonya ada pada akhir artikel.

Penyiapan Santan Kelapa

santan segar 250g
Santan segar 250g (setara 1 butir kelapa)

Dalam contoh kasus pada tutorial cara membuat VCO ini, menggunakan santan segar sebanyak 250g yang kurang lebih dihasilkan dari 1 butir kelapa.

Terkait air untuk mengencerkan santan adalah menggunakan air bersih biasa dan bukan menggunakan air kelapa karena kami membeli santannya sudah dalam bentuk jadi.

Namun akan lebih baik dan higienis lagi apabila santannya Anda sendiri yang membuatnya, yang bisa berasal dari kelapa utuh, atau membeli kelapa parut di pasar.

Dan untuk memudahkan prosesnya, santan dimasukkan kedalam plastik dan diikat dengan erat.

Penyimpanan Santan Di Suhu Ruang Selama 24 Jam

Selanjutnya masukkan santan tersebut ke dalam wadah tertutup, dengan tujuan agar lebih aman dan meminimalisir potensi pecah, seperti pada gambar dibawah ini.

masukkan santan ke wadah tertutup
Masukkan santan ke wadah tertutup

Setelah dimasukkan ke dalam wadah yang tertutup, langkah selanjutnya adalah menyimpannya di dalam suhu ruangan selama 24 jam, dengan tujuan, agar antara ampas atau blondo, minyak vco dan airnya menjadi terpisah.

lapisan santan terpisah dengan lemak
Lapisan santan terpisah dengan lemak

Penyimpanan di Kulkas Agar Membuat Blondo dan Minyak VCO Membeku

Langkah selanjutnya adalah memasukkan santan ini ke dalam kulkas (bukan di bagian freezer) dengan tujuan, agar memudahkan pengambilan blondo dan minyaknya.

Durasi menyimpan di kulkas kurang lebih 1 jam, atau hingga blondo dan minyaknya beku, akan tetapi lapisan airnya tidak. Seperti pada gambar dibawah ini.

santan beku disimpan di kulkas
Santan beku setelah disimpan di kulkas

Kemudian ambil bagian yang beku tersebut, kemudian biarkan di suhu ruangan, hingga mencair. Simak gambar dibawah ini.

blondo beku
Blondo beku

Penyaringan Blondo dan Minyak VCO

saring blondo
Penyaringan blondo dan minyak VCO

Dan setelah mencair, larutan yang mengandung blondo dan minyak tersebut disaring menggunakan saringan dapur biasa yang dilapisi beberapa lembar kapas agar larutan dapat tersaring dengan baik dan menghasilkan larutan minyak VCO yang bening sebening air mineral.

1 Butir Kelapa Bisa Menghasilkan VCO Berapa?

Berdasarkan tutorial cara membuat VCO seperti diatas yang menggunakan 250g santan kental yang setara dengan 1 butir kelapa, ternyata menghasilkan sekitar 60ml VCO.

Dengan kata lain, pada setiap 1 butir kelapa tua bisa menghasilkan minyak VCO sekitar 60ml.

Baca juga:

Cara Membuat Minyak Ikan Gabus.

Merek VCO Terbaik.

Minyak Kelapa Untuk Memasak.

Atau simak video tutorial cara membuat VCO berikut ini.

voucher alfamart gratis
===