7 Obat Sariawan di Apotik Yang Tidak Perih

Diposting pada

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi merk obat sariawan terbaik dan juga terpercaya yang tidak menimbulkan efek samping rasa perih dan sakit saat sedang digunakan yang bisa digunakan untuk mengobati luka sariawan yang ada di bibir, gusi, lidah dan juga bagian rongga mulut lainnya.

Dan dari beberapa merk tersebut terdiri dari bentuk jenis cair yang cara penggunaannya untuk berkumur-kumur, semprot dan juga tablet yang bisa dimakan seperti permen biasa.

Sariawan merupakan penyakit yang tergolong tidak berbahaya akan tetapi cukup terbilang sangat menjengkelkan dan dapat mengganggu aktifitas sehari-hari penderitanya.

Terlebih jika yang dialami adalah sariawan berat dengan beberapa lesi luka yang ada di mukosa mulut , gusi dan bahkan lidah dan tidak jarang juga akan ikut nyambung ke tenggorokan yang diiringi panas dalam.

Penyebab Sariawan

obat sariawan di apotik dewasa dan anak

Mengutip artikel yang sudah diterbitkan situs AloDokter yang membahas seputar penyebab sariawan dan cara mengobati serta cara mencegahnya, penyebab sariawan yang paling umum adalah karena cedera, seperti karena tergigit ketika sedang makan atau kesalahan dalam menyikat gigi.

Penyebab lainnya adalah terjadinya Infeksi jamur, virus, atau bakteri di mulut atau di bagian tubuh lainnya. Serta bisa juga disebabkan oleh penyakit autoimun, seperti lupus, dan juga kondisi tertentu, seperti perubahan hormon, kekurangan nutrisi, stres, merokok, dan faktor genetik.

Mengutip sumber situs lainnya juga disebutkan bahwa penyebab sariawan yang membandel dan susah sembuh bisa juga disebabkan karena sistem imun atau sistem kekebalan tubuh yang memang sedang menurun atau melemah.

Kemudian ada juga beberapa sebab lainnya seperti kekurangan vitamin B12, atau asam folat, atau bisa disebabkan karena adanya infeksi bakteri atau virus tertentu.

Dalam artikel tersebut juga disebutkan berbagai pilihan cara mengobati sariawan secara alami dengan menggunakan bahan-bahan yang kebanyakan sudah ada dan tersedia di dalam rumah.

Pencegahan Sariawan

pencegahan sariawan yang mudah dilakukan

Mencegah lebih mudah dari mengobati, anda setuju kan dengan peribahasa tersebut? dan hal tersebut juga berlaku untuk penyakit sariawan ini.

1). Selalu menjaga kebersihan mulut agar tetap bersih seperti menyikat gigi dan lidah secara teratur terutama setiap sesudah makan dan sebelum tidur dan juga berkumur dengan obat kumur jika memang diperlukan.

2). Mengunyah makanan secara hati-hati ketika sedang makan agar lidah atau bagian mulut tidak sampai tergigit yang akhirnya menjadi sariawan.

3). Jangan terlalu sering menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol karena justru bisa berpotensi menimbulkan iritasi di mukosa mulut.

Cara Mengobati Sariawan Dengan Obat Alami

cara mengobati sariawan dengan obat alami

Beberapa bahan herbal berikut ini bisa dijadikan sebagai obat alami yang tanpa efek samping dan bisa didapatkan dengan mudah serta tidak perlu membeli di apotik atau toko obat.

Madu murni
  • Madu memiliki sifat antiradang dan juga antibakteri yang cukup diandalkan untuk membantu mengurangi rasa perih sekaligus mempercepat proses penyembuhan pada luka sariawan.
  • Tapi pastikan bahwa madu digunakan adalah madu asli yang murni 100% tanpa campuran dan tambahan zat apapun.
Air Garam
  • Garam juga memiliki sifat antiradang dan juga bakteri dan cara penggunaannya dilakukan dengan mencampurkannya dengan air hangat kemudian dipakai untuk berkumur-kumur selama sekitar 1 sampai 2 menit.
Kelapa
  • Cara penggunaan bahan alami ini adalah dengan mencampurkannya dengan madu dan maksud kelapa disini adalah susu kelapa atau minyak kelapa, lalu oleskan ramuan tersebut di luka sariawan Anda. Ulangi sebanyak 3-4 kali dalam sehari, sampai sariawan mulai tampak mengempis.
Kantong Teh Bekas
  • Cara menggunakan bahan ini adalah dengan menempelkan kantong teh celup bekas pakai selama kira-kira lima menit pada lesi atau luka sariawan yang terdapat pada gusi atau bibir.
  • Kantong teh ini bersifat basa dapat menetralisir lingkungan mulut yang asam agar tidak memperburuk rasa sakit akibat sariawan tersebut.
Lidah Buaya
  • Cara menggunakan lidah buaya sebagai obat sariawan alami adalah dengan mencuci bersih kemudian, dipotong dan di oleskan getah atau daging langsung pada luka sariawan, kemudian biarkan selama beberapa jam dan ulangi hingga dua sampai tiga kali dalam sehari.
Es Batu
  • Es batu dapat membatu mengobati sariawan agar lebih cepat kempes dan sembuh.
  • Cara penggunaannya cukup dibungkus dengan kain lembut dan ditempelkan pada luka sariawan.
  • Atau, bisa juga es batu dikulum langsung kedalam mulut agar semua bagian lidah yang sariawan dapat dengan mudah terkena.

Dan kami tambahkan satu lagi obat herbal sariawan yakni VCO (Virgin Coconut Oil) yang berdasarkan pengalaman kami memang terbukti cukup ampu dalam meredakan dan mengobati sariawan dan efeknya cepat terasa membuat luka sariawan menjadi tidak terasa perih.

Obat sariawan VCO apakah manjur dan ampuh?

Meskipun dibuat dari bahan yang sama, VCO dan minyak kelapa biasa adalah berbeda. VCO dibuat tanpa melalui proses pemanasan sama sekali yang membuatnya memeliki khasiat dan manfaat yang lebih banyak dari minyak kelapa.

Menurut pengalaman kami sendiri jawabannya adalah iya, dan dampak yang paling terasa adalah cepat berkurangnya rasa perih pada luka sariawan.

Dan adapun cara menggunakan VCO sebagai obat sariawan adalah digunakan untuk berkumur-kumur selama hingga 1 mulut dan baru kemudian dikeluarkan.

Saat paling tepat untuk berkumur dengan VCO adalah di pagi hari sebelum makan dan minum apa-apa, disiang hari sebelum makan, kemudian pada malam hari 30 menit sampai dengan 1 jam setelah menggosok gigi.

Tips Memilih Obat Sariawan Yang Aman Digunakan

Yang paling utama yang harus menjadi syarat adalah obat tersebut harus terdaftar dan memiliki izin edar di Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (BPOM RI).

Terkecuali untuk jenis obat herbal yang memang hanya menggunakan 100% bahan tradisional alami.

Kemudian utamakan untuk memilih obatyang terbuat dari bahan herbal yang alami dan tanpa tambahan bahan kimia yang bisa mengakibatkan efek samping yang tidak baik seperti pada kasus albothyl yang akhirnya dilarang untuk diedarkan. 

Dan beberapa tips memilih obat untuk mengobati luka pada penyakit ini  lainnya adalah tidak perih saat dioleskan ke luka sariawan, tidak mengandung alkohol dan bahan kimia lainnya agar tidak bereaksi terhadap jenis obat lain yang mungkin akan atau sedang digunakan.

Dan berikut ini adalah beberapa daftar merk obat sariawan tidak perih yang paling banyak digunakan orang

7 Rekomendasi Merk Obat Sariawan Yang Tidak Perih

Beli online berbagai merk obat sariawan terpercaya untuk dewasa dan anak bentuk tablet, semprot, oles, dan cair yang sudah terdaftar di BPOM tanpa harus pergi ke apotik dan mengantri.

Salah satu hal yang selama ini cukup ditakuti oleh orang yang kebetulan sedang terserang penyakit sariawan adalah efek samping berupa rasa sakit dan perih yang timbul segera pasca diobati dengan obat jenis yang tersedia dipasaran.

1. Obat Sariawan Kuldon

Obat Sariawan Kuldon tidak perih

Obat sariawan tablet yang tidak perih

Obat yang tidak menimbulkan rasa perih dan sakit yang pertama adalah Kuldon Sariawan yang diproduksi oleh Deltomed, yang bisa juga digunakan untuk mengobati panas dalam.

Obat yang terbuat dari kombinasi herbal daun saga, bunga krisan dan juga alang-alang ini tidak memberikan efek perih dikarenakan bentuknya yang tablet yang bisa dihisap dimulut selayaknya permen biasa.

Jadi untuk anggota keluarga anda yang kebetulan sedang terkenan sariawan dan merasa takut untuk diobati karena efek perih yang ditimbulkan bisa mencoba untuk menggunakan obat Kuldon sariawan ini.

Dosis dan aturan pakai:

Dewasa 3 kali sehari 2 tablet, sedangn untuk anak-anak 1/2 dosis dewasa (3 kali sehari 1 tablet).

Kuldon dapat juga diminum langsung dan juga dikunyah-kunyah.

  • Harga kisaran Rp 2.000 – Rp 30.000
  • Lihat promo di Lazada.
  • Lihat promo di Shopee.

2. Obat Sariawan Cair Enkasari Herbal

Obat Sariawan Cair Enkasari herbal

Obat sariawan kumur yang aman ditelan

Enkasari merupakan obat yang bisa digunakan untuk mengatasi dan meredakan sariawan yang berbentuk cair yang dipergunakan untuk berkumur-kumur dan kemudian bisa ditelan.

Apakah Enkasari aman jika ditelan, tentu saja aman karena memang terbuat dari perpaduan bahan-bahan herbal alami yang berkhasiat seperti sari akar kayu manis, ekstrak daun saga,dan juga daun sirih.

Dan dari bahan-bahan herbal tersebut memang merupakan bahan herbal yang sudah cukup lama dikenal berkhasiat untuk mengatasi gangguan rongga mulut dan kerongkongan seperti panas dan bau mulut karena sifatnya yang menjadi anti bakteri alami.

  • Harga kisaran Rp 14.000 – Rp 20.000
  • Lihat promo di Lazada.
  • Lihat promo di Shopee.

3. Obat Sariawan Spray Aloclair Plus

Obat Sariawan Spray Aloclair Plus

Obat sariawan semprot yang praktis digunakan

Yang ketiga adalah Aloclair Plus Spray yang merupakan obat semprot yang juga terbuat dari bahan herbal lidah buaya (aloe vera).

Dan karena kandungan aloclair plus ini dari lidah buaya sehingga tidak membuat luka sariawan menjadi perih dan hanya sekedar terasa lengket pada mulut dan lidah.

Kelebihan dari obat sariawan ini adalah praktis, kemasan tidak mudah tumpah, dan mudah digunakan, serta bisa dengan mudah dimasukan kedalam tas dan dibawa ketika sedang bepergian jauh.

  • Harga kisaran Rp 80.000 – Rp 100.000
  • Lihat promo di Lazada.
  • Lihat promo di Shopee.

4. Betadine Obat Kumur Antiseptik

Betadine cairan Kumur Antiseptik terbaru

Obat sariawan cair antiseptik

Obat ini juga merupakan obat sariawan kumur-kumur yang praktis digunakan, meskipun menimbulkan sensari rasa sedikit perih jika dibandingkan dengan ketiga obat sariawan seperti diatas.

Bahan anti bakteri yang ada pada produk ini adalah zat povidone iodine yang berfungsi sebagai pembunuh dan memperlambat perkembangan kuman, bakteri, dan juga jamur yang ada disekitar rongga mulut dan lidah.

Merk obat sariawan Betadine ini bisa di beli seharga mulai dari 20 ribuan saja.

  • Harga kisaran Rp 20.000 – Rp 50.000
  • Lihat promo di Lazada.
  • Lihat promo di Shopee.

5. Osari Plus Propolis

Osari Plus Propolis tidak perih
gambar: tokopedia.com

Obat sariawan tetes mengandung propolis

Kelebihan dari obat sariawan Osari jenis tetes ini adalah terbuat dari bahan-bahan herbal seperti madu dan propolis yang terkenal ampuh dapat membunuh bakteri dan virus, serta ekstrak daun abrus prekotorius.

Tersedia dalam kemasan kecil berukuran 10 ml dan terlihat seperti kebanyakan kemasan propolis.

Harga untuk obat ini dibanderol mulai dari 20 ribuan.

  • Harga kisaran Rp 25.000 – Rp 35.000
  • Lihat promo di Lazada.
  • Lihat promo di Shopee.

6. Obat Sariawan GOM Dengan Borax Glycerin

Obat Sariawan GOM Dengan Borax Glycerin

Obat ini merupakan obat jenis tetes tapi juga bisa digunakan untuk kumur-kumur dengan mencampurkannya kedalam satu gelas air terlebih dahulu.

Dengan kandungan zat aktif borax glycerin, GOM dapat anda jadikan sebagai pilihan untuk mengobati sariawan anda.

Obat yang dibanderol dengan harga mulai dari 5 ribuann ini juga diberikan untuk anak-anak selama mereka sudah bisa berkumur dan meludah.

  • Harga kisaran Rp 3.000 – Rp 5.000
  • Lihat promo di Lazada.
  • Lihat promo di Shopee.

7. Obat Sariawan China Cheng Sie Lung Hau Feng Yao San

Obat Sariawan China Cheng Sie Lung Hau Feng Yao San

Meskipun terkadang banyak ditemukan dipasaran obat China ilegal yang tidak terdaftar di BPOM, ternyata berbeda dengan obat ini karena obat diproduksi di Indonesia.

Setelah kami cek menggunakan nomor registrasi BPOM “TR 183 212 841” ternyata obat memang benar-benar terdaftar dan didaftarkan oleh PT. Wajar Jakarta dengan nama produk “Obat Sakit Tenggorokan Cheng Sie Lung Hau Feng Yao San“.

Dan karena jenis serbuk, cara penggunaannya dengan cara ditaburkan sedikit ke bagian yang luka hingga 2 sampai 3 kali dalam satu jam.

  • Harga kisaran Rp 10.000 – Rp 20.000
  • Lihat promo di Lazada.
  • Lihat promo di Shopee.

Obat Sariawan China Apakah Aman Digunakan?

Sebelum anda menggunakan obat sariawan yang merupakan produk import dari China, pastikan bahwa produk tersebut terdaftar di BPOM dan memiliki izin edar di Indonesia yang jelas.

Jangan mudah percaya dengan testimoni, review atau perkataan orang tentang khasiat berbagai obat china tradisional yang bahkan terkadang tidak memiliki nomor registrasi BPOM.

Bisakah kecap untuk obat sariawan?

Memang pernah beredar informasi kesehatan bahwa kecap manis berguna dan dapat dijadikan sebagai obat sariawan, tapi hal tersebut belum terlalu jelas karena bukan berasal dari saran dokter dan belum dibuktikan secara ilmiah dalam uji laboratium.

Oleh karena alasan itulah sebaiknya jika anda ingin menggunakan obat sariawan yang alami, maka cobalah yang sudah jelas-jelas terbukti berkhasiat dan dapat diandalkan.

Video merk obat sariawan paling populer

Baca juga rekomendasi:

Obat Bau Mulut Terbaik.

Pasta Gigi Herbal HPAI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.