Kategori
Perawatan hewan

5 Mesin Pelet Ikan Terbaik Manual dan Listrik

mesin pelet ikan terbaik manual dan listrik

Untuk anda yang saat ini berencana akan beternak ikan, atau kebetulan memang sedang menjalani usaha budidaya ikan, sudah pernahkah Anda mencoba untuk membuat pakan ikan atau pelet sendiri menggunakan mesin pelet ikan? Ternyata harga dari alat pembuat pakan ini di jual dengan harga mulai dari 2 jutaan rupiah saja.

Dan dengan membuat pelet ikan sendiri, tentu saja akan lebih menghemat biaya produksi atau pengeluaran Anda untuk pembelian pakan ikan dari biasanya. Terlebih apabila jenis ikan yang Anda pelihara adalah jenis ikan yang tergolong rakus dan banyak porsi makannya seperti ikan lele.

Selain terhitung lebih murah, membuat pakan ikan sendiri juga akan lebih menjamin kandungan nutrisi pada komposisi atau bahan baku yang digunakan untuk membuatnya, dan hal ini tentu saja akan langsung berkaitan erat dengan proses pertumbuhan ikan yang menjadi lebih cepat besar dan otomatis akan lebih cepat dapat di panen.

Harga Mesin Pelet Ikan

Berdasarkan hasil pantauan dari BicaraProduk, harga mesin pelet atau mesin cetak pelet yang saat ini banyak tersedia di pasaran yang paling murah di banderol dengan harga 2 jutaan, dan yang paling mahal hingga ratusan jutaan.

Harga mesin cetak pakan ikan termurah yang hanya 2 jutaan ini berupa mesin pelet ikan manual yang cara kerja nya dengan cara di engkol dan tanpa membutuhkan sumber daya listrik sama sekali.

Mesin cetak pelet ikan apung harganya juga 2 jutaan?

Tidak, mesin cetak pelet yang dapat Anda beli seharga 2 jutaan ini adalah mesin pelet yang pada hasilnya berbentuk memanjang dan bukan jenis pelet bulat apung yang dapat mengapung ketika dimasukkan ke dalam air kolam.

Sedangkan untuk yang harga 3 jutaan, puluhan atau bahkan 100 jutaan, terkadang ada yang membutuhkan listrik dan ada juga tipe mesin yang sudah dengan mesin diesel sebagai penggerak utama, akan tetapi juga tetap membutuhkan listrik untuk proses pemotongan pelet pada proses terakhirnya.

Dan untuk mesin-mesin cetak pelet yang di banderol 5 jutaan keatas kebanyakan merupakan mesin pelet ikan apung yang berarti dapat menghasilkan pelet kering yang dapat langsung di berikan kepada ikan dan mengapung di atas air.

Pakan Ikan Kotoran Manusia Apakah Boleh?

Hal tersebut tidak diperbolehkan terlebih lagi jika memang ikan yang di beri pakan kotoran manusia tersebut di budidaya untuk di jual. Meskipun fakta nya, masih banyak masyarakat Indonesia yang melakukan hal-hal tersebut.

Ada yang memelihara ikan di dalam empang atau kolam air tanah yang kemudian di beri tempat buang air besar sehingga kotoran akan langsung jatuh dan di santap oleh ikan-ikan.

Dan ada juga yang membudidaya ikan di empang, akan tetapi pada WC yang di pergunakan untuk buang air, kotorannya tidak di arahkan ke septic tank melainkan langsung mengarah ke empang. Dan cara ini biasanya di pilih agar tidak terlalu mencolok bahwa ikan di empang mereka di beri pakan kotoran manusia.

5 Rekomendasi Merk Mesin Pelet Ikan Yang Bagus

Pembelian mesin cetak pelet ikan ini dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda masing-masing. Untuk kebutuhan kecil skala rumahan biasa, menggunakan yang manual pun bisa. Karena mesin yang berkapasitas besar cocok untuk pengusaha budi daya ikan besar atau untuk pengusaha yang akan berjualan pakan ikan.

1. Alat Cetak Pelet Ikan Manual

mesin pelet ikan manual murah

Maksindo MKS-PLT10 harga 2 jutaan

Alat ini merupakan sebuah mesin cetak pakan manual yang tidak hanya dapat digunakan untuk membuat pakan ikan saja, melainkan bisa juga untuk pakan ayam, kelinci, dan lain-lain.

Merk untuk alat pembuat pelet ini adalah Maksindo dan seperti yang sudah kami informasikan diatas, bahwa alat manual ini merupakan alat manual tanpa listrik yang di banderol dengan harga 2 jutaan.

Cara menggunakan alat pembuat pelet manual ini cukup mudah karena cukup di putar atau di engkol pada tuas yang sudah tersedia seperti pada blender tangan manual pakai tangan.

2. Mesin Cetak Pelet Ikan Listrik

Mesin Cetak Pelet Ikan Listrik
gambar: tokomesin.com

Maksindo MKS-PLT15

Rekomendasi mesin pembuat pelet selanjutnya adalah yang memiliki fitur dan kemampuan yang lebih baik dari yang diatas. Cara kerja sudah tidak 100 persen manual seperti diatas akan tetapi menggunakan tenaga listrik.

Namun meskipun membutuhkan daya listrik, ukuran untuk mesin ini masih tergolong kecil dengan dimensi 340x150x325 mm yang berarti masih nyaman untuk di bawa-bawa.

Mesin yang hanya memiliki bobot berat 3,4 kg ini membutuhkan daya listrik sebesar 450 watt, dan ketika digunakan mampu menghasilkan pelet hingga 20 kg per jam.

Untuk harga di banderol 1 jutaan lebih mahal dari alat manual seperti diatas karena Rp 3.240.000.

3. Mesin Cetak Pakan Apung 4 Jutaan

Mesin Pelet Apung 4 Jutaan
gambar: tokopedia.com

Rekomendasi mesin pelet selanjutnya bukan dari merk yang sama seperti yang diatas, dan bukan merupakan produk pabrik besar melainkan home industry yang bernama YP95 Teknik.

Mesin yang di jual menggunakan model pre-order ini memiliki berat 40 kg dan dapat mencetak pelet dengan kapasitas hingga 60 kg untuk setiap jam nya.

Mesin penggerak mesin pelet ini sudah termasuk?

Ya, dengan harga 4 jutaan atau tepatnya pada saat artikel ini di tulis, banderol harga untuk mesin yang di jual dalam kondisi baru adalah Rp 4.850.000 dan harga ini sudah termasuk mesin penggerak nya.

4. Mesin Cetak Pelet Apung Mini

cetakan pakan apung mini
gambar: shopee.co.id

Mesin type K30 ini merupakan mesin yang dapat membuat pelet apung kering yang ketika di masukan kedalam air akan mengapung ke permukaan dan tidak mau tenggelam selama beberapa jam.

Dan dari kebanyakan model mesin pelet apung, mesin ini tergolong murah dan terjangkau karena hanya dengan 5 jutaan saja sudah termasuk mesin nya.

Salah satu hal yang membedakan antara mesin pelet apung dengan yang tenggelam adalah yang dapat mencetak pelet apung sudah di lengkapi dengan mesin pemanas sehingga pelet yang keluar sudah dalam kondisi kering dan siap di pakan kan kepada ikan.

5. Mesin Pelet Besar Untuk Pengusaha

mesin besar untuk usaha jualan

Mesin Maksindo AGR-PAP70

Mesin pelet ini cocok untuk digunakan kalangan pengusaha yang ingin menjalankan bisnis jualan pelet, karena mesin ini memiliki kemampuan besar dalam berproduksi.

Untuk setiap per jam nya, mesin ini mampu mencetak pelet apung hingga kapasitas 200 kg sehingga dalam sehari beroperasi tentu saja akan menghasilkan puluhan karung pelet yang siap edar.

Spesifikasi produk:
  • Type : AGR-PAP70
  • Capacity : 180-200kg/h
  • Ukuran pelet : standart akan dapat 4 cetakan, yaitu 1.5 mm, 2.5 mm, 3.5 mm, 5 mm (ukuran lainnya, wajib konfirm)
  • Motor : 28HP diesel
  • Feeding motor : 0.4kw
  • Cutting motor : 0.4kw
  • Screw diameter : 70mm
  • Size : 1.461.281.25m
  • Weight : 600kg
  • Harga : Rp. 135.540.000

Namun meskipun mesin ini menggunakan tenaga penggerak dari mesin diesel, mesin ini masih tetap membutuhkan sumber daya listrik juga untuk menggerakkan motor cutting (pemotongan pelet) pada tahap akhir setiap proses pencetakan.

Kesimpulan

Mesin cetak atau pembuat pelet saat ini sudah cukup mudah di dapatkan dan bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Untuk pembudidaya ikan yang masih skala rumahan dengan tingkat kebutuhan pakan yang tidak besar, sebaiknya pilih mesin manual yang dapat di beli dengan harga terjangkau.

Baca juga rekomendasi:

Ikan Hias Murah.

Udang Hias Red Cherry.

Mesin Arum Manis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *