Kategori
Makanan & minuman

7 Minyak Goreng (Minyak Sayur) Terbaik Tahun 2021

merk minyak goreng terbaik 2021 aman untuk kesehatan

Minyak goreng atau minyak sayur jenis apa yang saat ini sering anda pergunakan untuk memasak? kemasan yang memiliki merek atau hanya jenis minyak sayur curah harga murah yang tidak berlabel dan juga tidak bermerek, tidak ada tanggal masa kadaluwarsa, serta tidak terdaftar di BPOM?

STOP! mulai sekarang sayangilah kesehatan tubuh anda dan juga kesehatan keluarga anda terutama untuk yang sudah terindikasi memiliki kadar kolesterol tinggi, gangguan pembuluh darah, tekanan darah tinggi dan yang lainnya dengan hanya menggunakan jenis minyak goreng kemasan branded atau bermerk agar lebih terjamin kualitasnya untuk menggoreng dan menumis semua jenis masakan anda dirumah.

Terlebih bagi anda dan keluarga anda yang memang hobi banget makan gorengan atau jenis masakan dan sayur lainnya yang prosesnya menggunakan minyak, tentu harus benar-benar mengutamakan kualitas minyak yang digunakan agar dampak bahaya yang ditimbulkannya lebih diminimalisir.

Minyak Goreng Curah VS Kemasan Bermerek

minyak goreng curah vs minyak kemasan bermerek
gambar: lifestyle.kompas.com

Minyak sayur curah yang memiliki ciri-ciri fisik cenderung lebih keruh adalah minyak yang dipasarkan tanpa menggunakan merek atau label, tanpa memberikan informasi masa kadaluarsa, dan juga tidak terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan RI.

Dan karenakan tidak terdaftar di BPOM sehingga membuat minyak jenis ini tidak sempat di uji tes laboratorium dan mendapatkan pengawasan dari BPOM sehingga belum jelas kualitas yang dimilikinya seperti apa.

Biasanya, minyak jenis ini dikemas per jerigen besar yang kemudian di repack atau dikemas ulang oleh penjual kedalam kemasan plastik berukuran kecil seperempat, setengah, hingga 1 kilo atau liter.

Sedangkan minyak kemasan bermerk adalah minyak yang dikemas oleh perusahaan baik CV maupun PT yang sudah terdaftar dan memiliki sertifikat BPOM setelah melalui proses lulus uji kelayakan mutu produk tersebut.

Bahaya Minyak Goreng Curah Murah

bahaya minyak goreng curah
gambar: radarpena.id

Terkait hal ini, BicaraProduk memiliki satu pengalaman pernah melihat langsung bahwa pada salah satu toko sembako di daerah provinsi Jawa Barat, penjualnya ada yang membuka minyak kemasan bermerek dan mencampurkan nya kedalam minyak sayur curah dan kemudian mengemas dan menjualnya sebagai minyak goreng curah.

Pada saat itu Bicara Produk tidak berani menanyakannya karena takut penjual tersebut tersinggung tapi dalam logika timbul pertanyaan “mengapa minyak goreng kemasan bermerek dijual menjadi minyak goreng curah yang notabene memiliki harga jual yang lebih murah?”

Dan satu hal yang terlintas terkait hal tersebut adalah berarti ada masalah pada minyak goreng kemasan tersebut dan yang paling masuk akal adalah sudah expired atau kadaluarsa.

Pemerintah sebenarnya sudah sejak beberapa tahun lalu sudah berencana akan melarang peredaran minyak goreng curah, dan per tanggal 1 Januari 2020 yang tadinya akan mulai benar-benar diberlakukan juga bisa dipastikan gagal total lagi.

Penyebab kebijakan pelarangan minyak goreng curah memiliki alasan dikarenakan hampir 50% kebutuhan minyak masyarakat masih menggunakan minyak curah jenis ini, dan hal tersebut bakal berpotensi merugikan banyak pengusaha kecil yang hal tersebut saat ini belum siap.

Bahaya Minyak Jelantah Untuk Kesehatan

bahaya minyak jelantah bekas menggoreng
gambar: cnnindonesia.com

Jelantah merupakan istilah atau nama dari minyak goreng sisa yang sudah digunakan untuk menggoreng dan dari segi kesehatan minyak ini sudah tidak baik apabila dikonsumsi melalui makanan.

Karena setelah minyak dipanaskan, kadar kolesterol, kalori dan lemak trans dalam minyak tersebut akan berubah, dan setelah dingin dan dipanaskan lagi, maka membuatnya menjadi semakin meningkat dan bertambah banyak sehingga membuat tubuh semakin susah untuk mengolahnya sehingga akan menumpuk di pembuluh darah dan berisiko menyebabkan berbagai penyakit berat.

Terkait hal ini, kami mengutip tulisan artikel yang ada di situs HelloSehat.com tentang fakta bahaya minyak jelantah yang dapat menyebabkan beberapa masalah seperti berikut.

  • Menyebabkan infeksi bakteri
  • Meningkatkan risiko kanker
  • Meningkatkan risiko penyakit degeneratif
  • Kelebihan berat badan atau obesitas

Tips Menggoreng Yang Baik

Masih merupakan kelanjutan dari artikel di situs kesehatan HelloSehat, berikut ini beberapa tips menggoreng agar lebih sehat agar dapat meminimalisir bahaya yang ada.

  • Menyaring minyak terlebih dulu

Sebelum menggoreng lagi, saring remah-remah dan ampas hitam yang biasanya ada di dasar penggorengan. Makin banyak sisa remah dan ampas, tambah banyak pula kalori dan lemak yang ikut terlepas saat menggoreng.

  • Jangan menggunakan api terlalu besar agar minyak tidak terlalu panas

Usahakan agar minyaknya tidak lebih panas dari 190º Celsius. Anda bisa pakai termometer khusus masak untuk mengukur suhunya.

  • Segera matikan api jika sudah matang

Jangan biarkan minyak dipanaskan terlalu lama karena struktur kimianya akan makin cepat berubah.

  • Simpan minyak di tempat yang dingin dan tertutup

Setelah menggoreng pertama kali, tutup penggorengan sampai minyaknya agak dingin. Lalu pindahkan ke wadah khusus yang tertutup dan simpan dalam suhu ruangan.

7 Rekomendasi Merk Minyak Goreng Yang Bagus

Meskipun dibanderol dengan harga yang lebih mahal dari minyak sayur curah, menggunakan kemasan yang bermerek dan terdaftar di BPOM lebih terjamin kualitasnya.

1. Minyak Goreng Bimoli Spesial

minyak goreng bimoli spesial
minyak goreng bimoli spesial

Minyak goreng 1 liter harga hemat

Minyak merk Bimoli merupakan salah satu yang paling populer bagi masyarakat Indonesia karena memang sudah cukup lama hadir untuk menyediakan kebutuhan memasak di dapur.

Dan hal tersebut lantaran minyak ini juga diproduksi oleh Indofood yang merupakan perusahaan besar yang sudah memproduksi berbagai jenis bahan makanan.

Tersedia dalam beberapa pilihan kemasan seperti pouch yang dijual satuan dan harga per karton yang lebih murah, botol plastik dan jerigen dari mulai yang berukuran 1 liter hingga yang besar.

2. Minyak Goreng Kunci Mas

minyakgoreng kunci mas
kunci mas dari buah sawit pilihan

Minyak merk Kunci Mas terbuat dari bahan buah kelapa sawit berkualitas yang diproses melalui sistem pemurnian yang baik sehingga menghasilkan minyak yang bagus.

Meskipun persaingan terkait produk minyak semakin ketat, hingga saat ini Kunci Mas masih tetap eksis dan bisa didapatkan dipasaran.

3. Sunco Minyak Goreng Bisa Diminum

sunco bisa diminum bening seperti air

Sunco merupakan salah satu merk yang pertama kali mengklaim bahwa minyak mereka dapat langsung diminum karena memiliki karateristik yang seperti air biasa.

Selain lebih bening jika dibandingkan dengan kebanyakan merk minyak goreng yang ada dipasaran, minyak SunCo juga tidak mudah beku dan tidak cepat berubah warna menjadi hitam.

Rahasia dari mengapa kualitas minyak SunCo seperti itu diantara adalah selalu membuat minyak goreng dari buah kelapa sawit yang masih segar maksimal 24 jam yang baru di petik dari pohonnya, dan juga melalui 5 tahan proses pengolahan dan 2 kali penyaringan.

4. Minyak Goreng Sedaap

minyak goreng sedaap
minyak goreng sedaap wings food

Sejak awal kemunculannya, minyak ini juga sudah cukup mendapatkan respon yang cukup baik dari konsumen dikarenakan memang dikeluarkan oleh perusahaan ternama yang Wings Food. Dan hingga kini minyak ini masih terus melengkapi pilihan akan kebutuhan minyak konsumen Indonesia.

Dalam program promo khusus di mini market atau toko swalayan tertentu, biasanya memberikan hadiah 5 pcs Mie Sedaap goreng kemasan khusus untuk setiap pembeli 2 jerigen ukuran 5 liter.

5. Sania Royale dan Premium Dengan Fortifikasi Vitamin A

sania royale kombinasi minyak kelapa vco
sania royale kombinasi minyak kelapa vco

Hingga tahun 2021 ini merk Sania telah memproduksi 2 jenis minyak goreng kualitas terbaik di pasaran yakni Sania Royale dan Sania Premium.

Kelebihan Sania Royale adalah merupakan minyak goreng yang dibuat dari hasil perpaduan 3 bahan alami yakni buah kelapa sawit, minyak kelapa dan VCO atau virgin coconut oil. Dan karena perpaduan tersebut sehingga membuat minyak ini lebih memiliki ketahanan terhadap panas yang panas dan tidak mudah hitam.

6. Minyak Goreng Tropical 2x Penyaringan

tropical omega 9 tidak berkabut
tropical 2x penyaringan

Dalam proses pembuatannya, minyak ini juga memberlakukan 2x proses penyaringan agar mendapatkan kualitas yang bagus. Selain itu, kadar asam lemak tak jenuh atau omega 9 pada minyak ini juga cukup tinggi hal tersebut terbukti ketika minyak di dinginkan setelah dipanaskan maka minyak ini tetap terlihat bening dan tidak berkabut.

7. Filma dari PT Smart Tbk

filma dari pt smart tbk
filma dari pt smart tbk

Minyak ini sebenarnya masih diproduksi oleh pabrik dari perusahaan yang sama dengan merek Kunci Mas hanya saja dengan pilihan kualitas dan mutu yang lebih baik dan premium.

Dan masih ada 2 minyak goreng merk lain dari perusahaan iniselain Kunci Mas yakni Mitra dan PalmVita yang tentu saja dibanderol dengan harga yang lebih murah dan terjangkau.

Kesimpulan:

Selain jenis dan merk minyak goreng yang digunakan, cara menggoreng nya juga harus selalu diperhatikan, dan juga, tetap rutin melakukan olahraga untuk membakar lemak di dalam tubuh agar jantung menjadi lebih sehat dan dapat beraktivitas dengan normal.

Baca juga rekomendasi:

Minyak Kedelai Untuk Menggoreng.

Minyak Kelapa Untuk Memasak.

Minyak Zaitun Untuk Diminum.

Merk Minyak Jagung Yang Bagus.

Minyak Canola Terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *