5 Minyak Kedelai Terbaik Yang Terdaftar BPOM

Diposting pada

Pengin mencoba minyak kedelai untuk menggoreng? selain minyak zaitun, minyak jagung, minyak canola, dan minyak kelapa murni, minyak kedelai juga merupakan minyak nabati yang sudah cukup sering digunakan sebagai minyak goreng untuk menggoreng karena memiliki kandungan lemak yang baik untuk kesehatan.

Beberapa alasan orang banyak mengganti minyak goreng sawit mereka dengan minyak kedelai dikarenakan minyak ini lebih banyak memiliki manfaat terutama untuk penderita kolesterol, atau bagi mereka yang sedang menjalani program diet khusus.

Dan bagi anda yang kebetulan baru akan pertama kalinya mencoba untuk menggoreng menggunakan minyak jenis ini, berikut ini akan kami share beberapa merk minyak terbaik yang juga sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan alias BPOM.

Apa itu minyak kedelai?

minyak kedelai terbaik untuk masak

Mengutip Wikipedia Indonesia, minyak kedelai adalah minyak nabati yang dihasilkan dari biji kedelai. Minyak ini merupakan salah satu minyak goreng yang paling banyak digunakan. Selain itu, minyak ini juga digunakan sebagai minyak pengering (drying oil), yaitu minyak yang mampu mengeras seiring waktu selama terpapar dengan udara dan membentuk lapisan kedap air. Sehingga minyak ini juga digunakan sebagai salah satu bahan baku tinta dan cat lukis.

Cara membuat minyak kedelai bagaimana?

Proses pembuatannya tergolong susah karena menggunakan metode ekstraksi terlebih lagi apabila dilakukan secara tradisional menggunakan peralatan seadanya.

Oleh karena itu daripada susah-susah mencari bagaimana cara membuatnya, saat ini sudah semakin mudah untuk mendapatkannya dengan cara membeli secara online.

Manfaat minyak kedelai

gambar: supaexport.ro

Mengutip TribunAsia.com yang juga mengambil informasi dari laman situs kesehatan Stylecraze, berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari minyak jenis ini.

  • Membantu pertumbuhan rambut
  • Melindungi dan memelihara kulit
  • Menurunkan kadar kolesterol buruk dan melindungi jantung
  • Membantu menambah berat badan dengan cara yang benar
  • Sangat penting untuk kesehatan tulang
  • Meningkatkan daya ingat dan memerangi penyakit Alzheimer

Minyak ini bikin badan lebih gemuk?

Video penjelasan tentang apakah minyak kedelai dapat membuat badan gemuk yang sudah diunggah oleh channel YouTube Wonderfood Net.

Kekurangan minyak kedelai dan efek sampingnya

Namun dibalik berbagai manfaat positif bagi kesehatan yang ada pada minyak ini, ternyata menyimpan pula sesuatu yang dapat memicu penyakit berat seperti jantung apabila dikonsumsi secara berlebihan seperti yang sudah dijelaskan pada sebuah artikel “https://lifestyle.okezone.com/read/2018/05/15/481/1898487/memasak-dengan-minyak-kedelai-bisa-sebabkan-serangan-jantung-benarkah”.

Dan sebagai pengganti ketika sudah terlalu sering menggunakan minyak ini, anda bisa menggunakan minyak zaitun dan juga mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran segar, kunyit, ikan dan kacang-kacangan serta menghindari alkohol dan merokok.

5 Rekomendasi Merk Minyak Kedelai Untuk Menggoreng

Rekomendasi merk minyak kedelai terbaik yang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan kulit dan jantung jika tidak dikonsumsi berlebihan.

1. Happy Soya Oil

Happy Soya Oil terbaik

Soybean merk Happy ini merupakan salah satu yang terlaris yang tersedia dalam beberapa kemasan dan ukuran seperti botol plastik dan pouch plastik ukuran 1 liter dan jerigen besar ukuran 5 hingga 18 liter.

Harga termurah dibandeMinyak Kedelairol mulai 30 ribuan untuk yang kemasan pouch refill ukuran 1 liter dan terdaftar di BPOM di nomer registrasi “MD 209509109024” yang diproduksi oleh PT Salim Ivomas Pratama Tbk.

  • Harga kisaran Rp 30.000 – Rp 200.000
  • Lihat promo di Lazada.
  • Lihat promo di Shopee.

2. Sania Soya Oil 1 Liter

minyak kedelai sania soya oil terbaru

Merk Sania tentu sudah perlu diragukan lagi ya, dan sudah barang tentu juga sudah terdaftar di BPOM dan juga memiliki sertifikat halal dari MUI.

Namun apabila anda masih penasaran dan ingin mengeceknya di situs resmi BPOM, anda bisa menggunakan nomor registrasi ini “MD 209531081157” dan pada hasilnya akan tertera PT Multimas Nabati Asahan selaku pendaftar dan pemroduksi.

Harga minyak merk Sania dipasaran saat ini bisa anda dapatkan dengan harga mulai dari 30 sampai dengan 40 ribuan.

  • Harga kisaran Rp 30.000 – Rp 200.000
  • Lihat promo di Lazada.
  • Lihat promo di Shopee.

3. Minyak Kedelai Mazola

Minyak Kedelai Mazola asli

Salah satu kemasan terlaris dari merk Mazola adalah botol plastik ukuran 900 ml yang dibanderol dengan harga mulai 60 sampai dengan 80 ribuan.

Produk ini merupakan produk import dari negara Malaysia oleh PT Pan Pacific Development.

  • Harga kisaran Rp 30.000 – Rp 200.000
  • Lihat promo di Lazada.
  • Lihat promo di Shopee.

4. Misoya Soya Oil

Misoya Soya Oil terdaftar bpom

Merk selanjutnya adalah Misoya yang di import dari Singapura oleh PT Sari Sarana Kimiatama dengan kemasan paling larisnya ukuran 2 liter yang dibanderol seharga mulai 80 ribuan.

Jika anda penasaran apakah merk ini sudah terdaftar di BPOM atau belum, silahkan cari di situs resmi BPOM menggunakan nomer registrasi “ML 209509003795”.

  • Harga kisaran Rp 30.000 – Rp 200.000
  • Lihat promo di Lazada.
  • Lihat promo di Shopee.

5. Minyak Kedelai MamaSuka

Minyak Kedelai MamaSuka terbaik

Merk Mama Suka bisa dikatakan sudah cukup terkenal dikalangan ibu-ibu rumah tangga Indonesia mengingat sudah beragam bumbu dapur, bubuk puding yang sudah diproduksinya.

Soya bean MamaSuka ini dikemas oleh PT Jico Agung yang terletak di DKI Jakarta yang juga selaku importir dari perusahaan pembuat atau pengolahnya yang bernama Jinyoune yang berada di Korea.

  • Harga kisaran Rp 30.000 – Rp 200.000
  • Lihat promo di Lazada.
  • Lihat promo di Shopee.

Mengapa hanya ada 5 merk minyak kedelai saja?

Untuk saat ini memang 4 merk seperti diatas saja yang populer dipasaran dan sudah jelas terdaftar di BPOM RI.

Beberapa merk lainnya yang juga sudah berlabel BPOM namun susah didapatkan dipasaran diantaranya adalah Hwami, Lou Ana, Dine Welhar, NewMoon, Vebean, dan lain-lain.

Baca juga rekomendasi:

Minyak Habbatussauda Yang Bagus.

Merk Minyak Jagung Yang Bagus.

Kegunaan minyak Wijen.

Harga Minyak Cengkeh.

Manfaat Minyak Kedelai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.