minyak zaitun untuk memasak

JANGAN SALAH! Ini Merek Minyak Zaitun Untuk Memasak Yang Tepat

Diposting pada

Salah satu alasan utama mengapa banyak orang yang menggunakan minyak zaitun untuk memasak adalah agar mendapatkan hasil masakan yang lebih bernutrisi dan juga lebih sehat.

Akan tetapi hingga saat ini ternyata masih banyak orang yang salah dan tidak tepat dalam menggunakan minyak zaitun atau olive oil untuk memasak.

voucher tokopedia gratis
===

Kesalahan yang masih banyak dilakukan orang tersebut adalah, mereka memasak menggunakan minyak zaitun jenis extra virgin olive oil (EVOO), yang sebaiknya tidak digunakan untuk memasak, akan tetapi lebih baik jika dijadikan sebagai minyak zaitun untuk diminum langsung.

Hal tersebut lantaran pada minyak zaitun jenis extra virgin olive oil memiliki kandungan nutrisi dan antioksidan yang tinggi, yang ketika dipanaskan pada suhu tinggi seperti ketika digunakan untuk menggoreng, memanggang, atau menumis akan rusak antioksidan tersebut.

Yang Terjadi Jika Memasak Menggunakan Minyak Zaitun Jenis Extra Virgin Olive Oil Apa?

extra virgin olive oil untuk memasak
Gambar: jawapos.com

Jika dampak yang terjadi hanya terkait rusaknya kandungan nutrisinya saja mungkin tidak terlalu menjadi soal, akan tetapi yang terjadi lebih dari sekedar itu. Apakah itu? yakni akan merusak juga cita rasa pada masakan yang dimasak.

Hal tersebut dikarenakan pada minyak zaitun jenis EVOO ini secara zatnya masih memiliki kandungan mentah karena diproses menggunakan sistem cold pressed tanpa pemanasan sama sekali, dan ketika dipanaskan, kandungan-kandungan zat mentah tersebut akan berubah sifat baik dari segi warn, rasa dan juga aromanya.

Jadi ketika minyak zaitun untuk masak yang Anda pergunakan adalah minyak zaitun jenis EVOO, maka masakan apa saja yang Anda masak malah justru akan menjadi berkurang kelezatan dan juga aromannya.

2 Rekomendasi Merek Minyak Zaitun Untuk Memasak

Yang jelas dan yang harus selalu menjadi patokan ketika ingin membeli minyak zaitun untuk memasak adalah yang tidak berlabel extra virgin olive oil, yang jika dilihat warnanya paling hijau hingga hijau pekat.

Sedangkan pada minyak zaitun untuk memasak yang tidak berlabel extra virgin olive oline, warnanya lebih jernih karena memang sudah melalui berbagai proses penyaringan. Dan jika dirasakan dengan cara diminum langsung, rasanya hambar dan tidak pahit dan keras seperti pada minyak zaitun EVOO.

Terkait mereknya apa saja? berikut ini sudah bestlist.id kumpulkan beberapa merek yang memang sudah cukup banyak beredar di pasaran, terutama di pasaran online.

1. Bertolli Extra Light Tasting Olive Oil

Bertolli Extra Light Tasting Olive Oil
LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI BLIBLI LIHAT PROMO DI BLIBLI

Merek Bertolli termasuk merek minyak zaitun brand asal Eropa yang paling terkenal, tak terkecuali di Indonesia. Dan produk Bertolli Extra Light Tasting Olive Oil ini bisa Anda pilih dan jadikan sebagai salah satu jenis minyak zaitun untuk masak favorit.

Harga Bertolli Extra Light Tasting Olive Oil ini dijual antara Rp 60.000 sampai dengan Rp 80.000 yang tersedia dalam kemasan botol bening kemasan ukuran 500 ml atau setengah liter.

Baca juga:

Minyak Kedelai Untuk Menggoreng.

Minyak Canola Untuk Memasak.

Minyak Jagung Untuk Menggoreng.

2. Bertolli Classico Olive Oil

Bertolli Classico Olive Oil

Yang satu ini masih merupakan brand atau merek yang sama, hanya saja memiliki varian yang berbeda. Akan tetapi sekalipun memiliki varian yang berbeda, Bertolli Classico Olive Oil ini masih sama-sama bukan jenis minyak zaitun EVOO, dan minyak zaitun ini memang diperuntukan untuk memasak.

Terkait harga, saat ini dijual dengan harga yang masih berada di kisaran harga yang sama seperti pada Bertolli Extra Light Tasting Olive Oil.

Apakah Hanya Ada 2 Merek Minyak Zaitun Untuk Memasak Saja?

Sebenarnya tidak, akan tetapi dari kedua merek minyak zaitun untuk masak tersebutlah yang paling mudah didapatkan di pasaran. Karena untuk saat ini yang paling banyak membanjiri pasaran adalah minyak zaitun jenis EVOO saja.

Kesimpulan:

Ternyata minyak zaitun untuk memasak dan minyak zaitun untuk diminum langsung berbeda, dan dapat memberikan dampat negatif jika salah penggunaannya.

Semoga bermanfaat info dari BestList kali ini. Terima kasih sudah menyimak.

Referensi: liputan6.com, dalam sebuah artikel berjudul “6 Jenis Minyak Zaitun dan Manfaatnya, Jangan Salah Pilih”.

Simak juga rekomendasi:

Harga Minyak Zaitun Terbaru.

Minyak Zaitun Untuk Wajah.

Minyak Zaitun Untuk Rambut.

Minyak Zaitun HNI.

Minyak Zaitun Untuk Memasak.

Minyak Zaitun Mustika Ratu.

voucher alfamart gratis
===