planter bag terbaik

Planter Bag, Pengganti Pot Tanaman Dengan Harga Lebih Murah

Diposting pada

Selain menanam tananam pada media tanah langsung, Anda bisa juga menanamnya menggunakan pot tanaman, polybag dan juga planter bag. Jika dibandingkan dengan pot dan polybag, planter bag hingga di tahun 2022 masih cukup jarang yang menggunakannya karena memang belum terlalu populer dan dikenal di masyarakat.

Padahal jika dibandingkan dengan kedua jenis lainnya tersebut, wadah yang bisa digunakan untuk tanaman ini memiliki lebih banyak kelebihan, terutama untuk Anda yang ingin tabulampot atau menanam tanaman buah dalam pot.

voucher tokopedia gratis
===

Apa Itu Planter Bag?

Planter adalah wadah atau tempat yang bisa digunakan untuk menaruh media tanam selayaknya pot atau polybag yang memiliki fungsi atau bisa digunakan untuk budidaya atau menanam berbagai jenis tanaman.

Perbedaan paling utama antara pot, polybag dan planter bag adalah bahan yang digunakan untuk membuatanya. Jika pot terbuat dari plastik keras, keramik (porselen), semen, atau kayu, polybag terbuat dari plastik, sedangkan planter bag terbuat dari bahan sejenis HDPE (High Density Poly Ethylene) atau sejenis kain (Fabric) atau terpal yang yang jauh lebih kuat dan tahan lama dari plastik polybag.

Kelebihan Planter Bag

Seperti yang sudah BestList singgung tadi bahwa meskipun memiliki fungsi yang sama seperti pada pot tanaman ataupun polybag, planter memiliki beberapa kelebihan yang lebih banyak yang diantaranya sebagai berikut:

Harga lebih murah dan terjangkau

Untuk harga memang hanya pantas dibandingkan dengan pot plastik dan bukan dengan polybag dengan membadingkan ukurannya. Misalnya pot plastik besar ukuran 50 x 50 cm dibanderol seharga paling murah Rp 40 ribuan sampai Rp 70 ribuan, sedang planter ukuran 50 x 50 cm dibanderol mulai dari Rp 20 ribuan dan bahkan ada yang kurang.

Planter Bag Cocok Untuk Tabulampot

Planter bag bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda yang ingin budidaya tanaman buah dalam pot atau yang biasa disingkat tabulambot, karena dapat menghemat modal cukup besar.

Beberapa jenis tanaman buah yang cocok ditanam menggunakan planter bag dan sudah cukup banyak dilakukan orang diantara adalah tanaman jeruk, tanaman anggur, tanaman kelengkeng, dan lain-lain.

Kekuatan dan ketahanan

Untuk kekuatan dan ketahanan memang tidak sekuat pot plastik, karena planter hanya bisa bertahan antara 7 tahun sampai dengan 10 tahunan.

Tersedia dalam berbagai ukuran

Kelebihan selanjutnya adalah tersedia dalam berbagai ukuran dari mulai yang paling kecil kapasitas 20 liter yang memiliki diameter sekitar 30 cm, sampai dengan yang paling besar kapasitas 300 liter, diameter 75 cm yang dibanderol seharga Rp 50 ribuan sampai Rp 70 ribuan.

3 Rekomendasi Jenis Planter Bag Yang Bagus

Tidak hanya berbentuk kotak atau bulat lonjong keatas saja, di pasaran saat ini sudah tersedia cukup banyak jenis dalam beberapa bentuk dan ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

1. Planter Bag Bulat

planter bag bulat tabulampot

Cocok untuk tabulampot (tanaman buah dalam pot)

Jenis bulat yang seperti gambar diatas merupakan jenis yang paling banyak tersedia di pasaran yang tersedia dalam cukup banyak ukuran sehingga selain bisa digunakan untuk tabulampot, bisa juga digunakan untuk tanaman buah sayur seperti tanaman tomat dan tanaman cabai.

Planter bag merek Easy Grow merupakan salah satu merek yang paling terkenal dan sudah cukup dipercaya konsumen memiliki kualitas yang lebih tanah lama.

2. Planter Bag Dinding

planter bag dinding

Planter bag dinding bisa dipasang dengan cara ditempelkan pada dinding dan cocok digunakan untuk menanam tanaman hias atau tanaman sayuran hijau seperti tanaman sawi, kangkung, selada air, dan lain-lain.

Jenis ini di pasaran juga tersedia dalam cukup banyak ukuran dan juga format jumlah kotak yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Planter Bag Persegi Panjang

planter persedi panjang

Yang berbentuk persegi panjang seperti pada gambar diatas ini juga cocok digunakan untuk menanam tanaman hias bunga-bunga kecil atau sayur-sayuran hijau.

Jadi untuk Anda yang saat ini memiliki halaman rumah yang beralaskan beton atau paving block, Anda masih tetap bisa untuk bercocok tanam menggunakan jenis persegi panjang seperti yang satu ini.

Perbedaan planter bag hitam dan hijau apa?

Yang tersedia di pasaran memang kebanyakan adalah yang berwarna hitam, akan tetapi ada juga yang berwarna hijau dan juga putih. Lantas apakah ada perbedaan kualitas atau kekuatan antara yang berwarna hitam dan hijau.

Antara yang hijau dengan yang hitam memang memiliki perbedaan dari segi bahan, yang berwarna hitam memiliki tekstur lebih kasar dan juga akan meninggalkan noda hitam ketika di sentuh tangan (pada kondisi baru), sedangkan yang hijau bertekstur lebih halus dan tidak meninggalkan noda pada saat disentuh.

Planter Bag untuk menanam bibit pisang dan bibit mangga apakah bisa?

Bisa. Dan untuk menanam tanaman buah ini minimal menggunakan yang memiliki ukuran 100 liter atau 200 liter atau 300 liter akan lebih bagus lagi.

Untuk jenis bibit mangga dan jenis bibit pisang yang akan ditanam juga harus dipilih bibit yang memang jenis genjah hasil dari cangkok, stek atau okulasi yang memang memiliki sifat lebih cepat berbuah.

voucher alfamart gratis
===