Kategori
Perawatan hewan

10 Shampoo Kucing Terbaik Untuk Semua Jenis Kucing

Ketika memelihara binatang yang berbulu lebat seperti kucing, tentunya Anda akan selalu menginginkan kebersihan badannya selalu terawat dan terjaga dengan baik, dan salah satunya adalah dengan cara memandikannya menggunakan produk shampoo kucing yang memang sudah terbukti berkualitas baik untuk mereka.

Namun dalam memilih shampo kucing, kita tidak boleh sembarangan apalagi yang hanya berpatokan pada yang asal harganya yang murah saja, melainkan harus yang benar-benar aman agar kulitnya tidak mengalami iritasi dan juga tidak membuat bulunya menjadi rontok.

Maka dari itu untuk mendapatkan shampo yang benar-benar aman demi memenuhi kebutuhan mereka, kali ini BestList.ID akan memberikan beberapa daftar rekomendasi merk yang terbaik sehingga Anda bisa memastikan telah mendapatkan produk shampoo kucing yang memang sudah sesuai untuk mereka.

Shampoo Manusia Untuk Kucing, Bolehkah?

shampo manusia untuk kucing

Jika harus menjawab secara singkat untuk pertanyaan apakah boleh kita menggunakan shampo manusia untuk kucing atau anjing?, maka jawaban dari kebanyakan dokter hewan adalah tidak boleh dan sangat tidak dianjurkan.

Mengapa?, hal tersebut dikarenakan antara PH manusia dengan PH kucing dan anjing memiliki cukup banyak perbedaan, dan karena hal inilah kemudian membuat komposisi bahan yang digunakan untuk membuat shampoo manusia hanya menyesuaikan pada PH manusia sehingga tidak cocok apabila digunakan pada kucing atau anjing.

Apakah shampoo kucing dan anjing sama?

Ada yang sama dan ada juga yang tidak, karena meskipun diantara keduanya sama-sama binatang peliharaan yang berbulu, dalam hal menggunakan shampo Anda harus tetap memilih shampo yang sudah dibuat khusus untuk masing-masingnya. Meskipun ada juga salah satu produk shampo yang diklaim terbuat dari bahan organik yang dapat digunakan untuk kucing dan juga anjing.

Dampak penggunaan shampo manusia untuk kucing apa?

Dampak yang paling umum terjadi ketika kucing dimandikan menggunakan shampo manusia adalah kulit kucing menjadi kering, dan kemudian rambut kucing menjadi banyak yang rontok.

Shampoo bayi untuk kucing bagaimana?

Shampo bayi memang mengandung bahan-bahan atau komposisi yang jauh lebih lembut jika dibandingkan dengan shampo orang dewasa, beberapa diantaranya adalah shampoo bayi tidak mengandung deterjen sehingga kemudian banyak juga dikalangan pecinta kucing menggunakannya untuk memandikan kucing mereka.

Tapi apakah hal tersebut diperbolehkan? jawabannya adalah, meskipun jika Anda melakukan konsultasi dengan dokter hewan hal tersebut tetap tidak dianjurkan, akan tetapi hal tersebut masih jauh lebih baik jika dibandingkan ketika kucing dimandikan menggunakan sabun orang dewasa.

Jenis-jenis shampo kucing

Ketika Anda hendak memilih shampo kucing, pilihkan jenis yang sesuai dengan kondisi kucing Anda karena saat ini ada tiga jenis yang beredar di pasaran yakni shampoo kucing normal, shampo kucing pembasmi kutu, dan shampo kucing pembasmi jamur.

Cara Memandikan Kucing Yang Benar

cara memandikan kucing yang benar

Sebelum memandikan kucing, pastikan kucing tidak dalam kondisi sakit dengan ciri-ciri mengalami demam, terlihat sangat lemah, atau setelah ia di vaksinasi. Anak kucing yang berumur 2 bulan kebawah, juga tidak boleh dimandikan atau atas saran dari dokter hewan.

Peralatan yang dibutuhkan:

  • Shampo kucing
  • Sisir kucing
  • Gunting kuku khusus kucing
  • Cotton buds, kapas, pinset, dan cairan pembersih telinga.
  • Gunting rambut (jika diperlukan untuk memotong rambut yang kepanjangan)
  • Alas (bisa berupa handuk kecil) agar tidak licin
  • Handuk kering
  • Hair dryer atau blower

Tahapan-tahapan memandikan kucing:

  1. Memotong kuku: hal ini penting dilakukan agar orang yang memandikan lebih aman dari cakaran ketika sedang memandikan. Selain itu, pemotongan kuku pada kucing juga diperlukan antara 10 hari sampai dengan 2 minggu agar kukunya tidak tumbuh terlalu panjang yang dapat memberikan ketidaknyamanan saat ia berjalan.
  2. Membersihkan area mata dan hidung: Caranya adalah dengan menggunakan kapas yang sudah dibasahi dengan air biasa atau dengan cairan khusus pembersih mata.
  3. Membersihkan telinga: Dengan menggunakan kapas yang dililitkan pada pinset, cotton buds dan cairan pembersih khusus telinga.
  4. Menggunting rambut pada area sekitar anus: Hal ini diperlukan untuk Anda yang memiliki kucing yang berambut panjang dan lebat seperti pada kucing Anggora atau Persia.
  5. Menyisir kucing: Kegunaan dari menyisir kucing sebelum ia dimandikan salah satunya adalah untuk mengetahui kondisi kulit kucing apakah ia mengalami infeksi jamur, kutu atau jenis parasit yang biasa pada hewan lainnya.
  6. Masukkan kapas ke telinga kucing: Tujuan dari memasukkan kapas yang digumpal ke telinga kucing sebelum dimandikan adalah sebagai antisipasi air telinganya tidak kemasukan air ketika sedang dimandikan.

Cara Grooming Kucing Sendiri Dirumah

Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap dari yang diatas, Anda bisa menonton tutorial video YouTube berikut ini yang sudah diunggah oleh seorang dokter hewan yang bernama Drh Lavinta Viena.

10 Rekomendasi Merk Shampoo Kucing Yang Bagus

rekomendasi merk shampoo kucing yang bagus

Setelah membaca tulisan diatas dan juga menonton video penjelasan tentang bagaimana cara memandikan kucing yang baik dan benar, sekarang Anda sudah tahu tentang bagaimana cara memilih shampoo kucing yang baik yang paling cocok untuk kucing Anda dan berikut beberapa rekomendasi merk terbaiknya.

1. Shampoo Kucing Espree

Shampoo Kucing Espree

Produk ini cocok sekali untuk Anda yang memiliki kucing dengan warna dominan putih karena efektif mengembalikan warna bulu putihnya kembali bersih. Karena kandungannya efektif menghilangkan minyak, noda membandel, dan kotoran yang menyebabkan bulu kucing menjadi kusam.

Disamping itu, produk ini bebas detergen dan mudah terurai 100%. Sehingga dengan kandungan organik yang tinggi membuatnya lebih aman untuk kitten dan juga kucing dewasa.

2. Kin+Kind Lavender Calm Dog Cat Waterless Bath

Kin+Kind Lavender Calm Dog Cat

Shampoo kucing yang bisa juga untuk anjing

Merk shampo kucing ini efektif memudahkan Anda memandikan anabul karena tanpa perlu dibilas dan memiliki sertifikasi USDA organic secara resmi. Selain itu, didalamnya mengandung tanpa sulfat dan juga paraben yang membuat keamanannya lebih terjaga. 

Menariknya lagi adalah waterless shampoo ini memiliki kandungan olive oil, coconut oil, serta gliserin yang membuatnya ampuh melembabkan kulit kucing dan mengatasi masalah gatal-gatal.

3. Shampoo Kucing Persia Tubby Feline

Shampoo Kucing Persia Tubby Feline

Shampo khusus untuk kucing persia ini aman sekali untuk pemakaian harian sehari-hari, khususnya kucing berbulu panjang. Supaya tidak mudah rontok, kandungan di dalamnya memiliki bahan unggulan untuk membuat akar bulunya lebih kuat. Sehingga selain membuat bulunya bebas rontok, namun juga menjadikan bulunya lebih lembut.

4. Shampoo Kucing Anjing Pro V

Shampoo Kucing Anjing Pro V

Smooth Touch Pro-V Cat The Best Shampoo for All Breed

Produk yang satu ini memiliki kandungan UV screen yang membuat anabul aman dari sinar matahari. Produk shampo kucing ini tergolong mewah karena selain bisa membersihkan kotoran, namun juga menutrisi bulu kucing, serta memberikan efek kilau indah pada bulunya. Sehingga tekstur bulu kasar bisa diperbaiki, sekaligus ampuh mencegah terjadinya peradangan dan alergi.

5. Shampoo Kucing Pembasmi Jamur dan Bakteri

Shampoo Kucing Pembasmi Jamur dan Bakteri

Dermcare Malaseb Medicated Shampoo

Khusus untuk kulit kucing yang bermasalah bisa mencoba produk ini. Karena shampo ini efektif mengontrol mikroorganisme, menghilangkan alergi bulu kucing, dan mengurangi masalah minyak yang berlebihan.

Hanya saja sebaiknya perhatikan petunjuk keamanannya dengan baik karena kandungan kimianya keras. Sehingga jangan terlalu lama memberikannya hingga melebihi dari 10 menit karena bisa menimbulkan iritasi.

6. Shampoo Kucing True Iconic Meow

True Iconic Meow

Shampo kucing premium impor dari Amerika

Produk shampo kucing ini bisa digunakan di segala cuaca karena efektif mengurangi masalah kusut dan penggumpalan pada bulu kucing. Selain itu, produk ini juga efektif menghilangkan kotoran serta minyak yang berlebihan tanpa mengurangi atau menghilangkan minyak alami pada kucing. Dengan memberikannya akan membuat bulunya direvitalisasi dan warnanya lebih cerah. Jadi aman untuk pemakaian jangka panjang.

7. Bioline Deshedding Shampoo for Cats

Bioline Deshedding Shampoo for Cats

Bila Anda memiliki kucing yang bulunya kasar, kaku, dan rontok, maka produk ini cocok sekali untuk mereka. Karena didalamnya mengandung beberapa nutrisi yang ampuh untuk mengurangi masalah bulu rontok dan mencegah terjadinya bulu kaku pada kucing.

8. Bio-Groom Klean Kitty No Rinse Shampoo

Bio-Groom Klean Kitty No Rinse

Shampo ini sangat direkomendasikan oleh top breeders dan juga professional groomers yang ada di dunia. Karena selain praktis tanpa dibilas, produk ini juga memiliki kandungan kondisioner di dalamnya.

Sehingga selain membuat bulunya bersih namun juga menjadi semakin lembut. Menariknya lagi adalah shampo ini bebas bahan kimia keras sehingga tidak akan menyebBioline Deshedding Shampoo for Catsabkan iritasi dan aman untuk kucing.

9. Shampoo Kucing Anti Kutu Armani

Shampoo Kucing Anti Kutu Armani

Armani Tick & Flea Shampoo

Shampo kucing yang satu ini efektif dalam membunuh parasit pada bulu anabul. Jadi cocok sekali untuk mengatasi masalah caplak, pinjal, kutu, dan parasit yang lainnya.

Itu karena di dalamnya memiliki kandungan obat anti kutu dalam batas aman sehingga membuat kucing lebih sehat secara menyeluruh dan bebas dari parasit yang mengganggu.

10. Shampoo Kucing Penghilang Stress

Earthbath Soothing Stress Relief Shampoo Eucalyptus & Peppermint

Earthbath Soothing Stress Relief Shampoo Eucalyptus & Peppermint

Produk yang satu ini sangat ramah lingkungan dan baik untuk mengatasi masalah dermatitis dan iritasi. Formulanya bebas sabun sehingga tidak akan menimbulkan masalah kulit kering dan iritasi saat digunakan untuk membersihkan bulu kucing. Di samping itu, shampo ini juga bebas bahan kimia berbahaya dan merupakan salah satu all natural 100% biodegradable.

Sehingga hal ini membuatnya lebih ramah lingkungan dan bisa diberikan juga untuk kucing yang usianya lebih dari 6 minggu. Jadi aman untuk segala usia kucing, termasuk anjing sekaligus. Untuk itu produk ini sering dipilih karena memiliki kandungan yang lengkap.

Kesimpulan:

Melakukan perawatan kucing terutama dalam hal kebersihan badannya tidak boleh asal-asalan. Jika Anda ingin memandikannya sendiri dirumah, pastikan Anda sudah mengerti dan paham terkait hal-hal yang boleh dilakukan dan yang tidak, serta pastikan juga hanya menggunakan shampoo kucing khusus agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan menimpa pada kucing kesayangan Anda.

Baca juga rekomendasi:

Baju Kucing Terbaik.

Sisir Kucing Terbaik.

Makanan Kucing Terbaik.

Mainan Kucing Ikan.

Shampoo Biotin Terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *