Kategori
Kosmetik & kesehatan Makanan & minuman

10 Teh Hijau Terbaik Untuk Diet dan Kesehatan

merk teh hijau terbaik
merk teh hijau (green tea) terbaik

Selain kopi, teh merupakan jenis minuman yang banyak disukai orang diseluruh penjuru dunia karena dianggap pas pada selera kebanyakan orang dan juga cocok disajikan dalam kondisi panas maupun dingin atau dibuat es teh. Dan pada kesempatan kali ini BicaraProduk ingin share beberapa rekomendasi teh hijau terbaik yang saat ini sudah banyak beredar di pasaran.

Dua jenis teh yang saat ini mendominasi pasar adalah jenis teh hitam dan teh hijau, dan meskipun dari keduanya terbuat dari bahan dasar yang sama, akan tetapi ketika dikonsumsi memiliki cita rasa dan juga manfaat yang berbeda.

Teh hijau sudah sangat populer karena memiliki berbagai khasiat dan manfaat yang baik untuk kesehatan terutama dalam hal mengobati secara alami penyakit yang berkaitan dengan tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Oleh karena itu, teh hijau cukup banyak diandalkan untuk diet bagi orang yang ingin membentuk tubuh yang ideal dan selama ini cukup dipercaya banyak orang, bahwa teh hijau berperan penting dalam menurunkan berat badan yang gemuk dan berlemak hingga menjadi kurus.

Sejarah Teh

sejarah teh pertama kali diminum manusia

Karena terjadi sejak ribuan tahun yang lalu, sehingga membuat catatan sejarah untuk teh ini cukup kompleks dan tidak bisa dijelaskan secara detail. Mengutip tulisan artikel yang ada di Wikipedia Indonesia, kemungkinan pertama kali ditemukan daun teh sebagai bahan minuman obat adalah berasal dari wilayah barat daya China selama dinasti Shang.

Karena berdasarkan data terawal yang terekam dalam meminum teh ada pada abad ke-3 Masehi, dalam sebuah teks medis yang ditulis oleh Hua Tuo. Kala itu teh pertama kali diperkenalkan ke pendeta dan pedagang Portugis di Cina pada abad ke-16.

Dan baru kemudian meminum teh menjadi populer di Inggris selama abad ke-17. Inggris memperkenalkan produksi dan konsumsi teh ke India dalam rangka menyaingi monopoli teh oleh Cina.

Perbedaan Teh Hijau dan Teh Hitam

perbedaan teh hijau dan hitam

Seperti yang sudah kami singgung sedikit diatas tadi, antara kedua jenis teh ini sebenarnya terbuat dari bahan yang sama yakni dauh teh segar. Yang membedakan adalah proses atau proses pengolahannya hingga menjadi teh kering yang siap edar.

Mengutip tulisan artikel yang ada di idntimes.com yang berjudul “5 Perbedaan Antara Teh Hijau dan Teh Hitam, Sudah Tahu?” berikut ini poin-poin dari kelima perbedaan tersebut.

Teh hitan diolah dengan cara dipanggang terlebi dulu dan kemudian difermentasi hingga berwarna gelap, sedangkan teh hijau tidak difermentasi dan langsung dipanggang.

Teh hijau lebih memiliki kandungan antioksidan yang jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan teh hitam, akan tetapi teh lebih banyak memiliki manfaat untuk kesehatan lambung dan saluran pencernaan dan juga antibodi.

Dan juga, dari kedua jenis teh ini, kandungan kafein pada teh hitam lebih tinggi dari pada teh hijau yang diolah tanpa melalui proses fermentasi terlebih dahulu.

Manfaat Teh Hijau (Green Tea)

manfaat teh hijau untuk kesehatan

Bukan hanya sekedar minuman yang diminum ketika sedang santai saja, teh hijau memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan seperti yang kami kutip dari situs merdeka.com dalam sebuah tulisan artikel yang berjudul “15 Manfaat Teh Hijau, Cegah Kanker dan Cocok Untuk Diet”

  • Menurunkan resiko kanker
  • Meningkatkan fungsi otak
  • Meningkatkan kesehatan oral
  • Dapat menurungkan resiko diabetes
  • Mengurangi penyakit kadiovaskular
  • Membantu memobilisasi lemak dan sel lemak
  • Meningkatkan pembakaran lemak
  • Meningkatkan metabolisme dalam tubuh
  • Membuat konsumsi kalori lebih sedikit
  • Menghilangkan lemak abdominal
  • Mengobati jerawat pada kulit wajah karena mengandung senyawa yang bersifat sebagai anti bakteri.
  • Mempercantik kulit wajah
  • Mengurangi mata bengkak dan lingkaran hitam
  • Mencegah penuaan dini
  • Berfungsi sebagai toner kulit

Cara Mengkonsumsi Teh Hijau Yang Baik

Bagaimana sih cara mengkonsumsi teh hijau agar cepat kurus? pertanyaan seperti sering kali ditanyakan oleh seseorang yang memang motivasi utama mengkonsumsi green tea untuk diet agar berat badan menjadi turun.

Terkait hal ini, kami mengutip salah satu artikel yang diterbitkan oleh situs dokter halodoc.com tentang “Cara mengkonsumsi teh hijau yang benar”, dan berikut ini beberapa intisari atau poin-poin penting dari artikel tersebut:

  • Teh hijau sebaiknya diminum hangat-hangat terutama untuk Anda yang memang menginginkan khasiatnya untuk membuat badan menjadi kurus.
  • Minum 3 sampai 4 cangkir sehari. Tapi ingat ya, ukurannya cangkir bukan gelas besar hehe. Dan juga usahakan agar meminumnya setelah makan karena ketika diminum pada saat perut kosong bisa merangsang produksi zat asam lambung berlebih.
  • Jangan menambahkan gula terutama untuk Anda yang dalam rangka diet. Atau untuk yang bukan dalam rangka diet bisa juga ditambahkan madu asli sebagai pemanis alami pengganti gula.
  • Hindari minum teh hijau sebelum tidur karena kandungan kafein yang ada padanya dapat membuat Anda menjadi lebih susah tidur.

10 Rekomendasi Merk Teh Hijau Yang Bagus

Teh hijau saat ini tidak hanya terbuat dari kemasan tubruk yang masih berbentuk daun kering yang kasar saja. Teh celup yang berbentuk halus dan bahkan ada juga yang serbuk yang terbuat dari pucuk daun pilihan juga sudah banyak diproduksi oleh perusahaan-perusahaan ternama seperti pada rekomendasi merk terbaik berikut ini.

1. Teh Hijau Kepala Djenggot

Teh Hijau Kepala Djenggot

Teh kesehatan dan kecantikan

Rekomendasi merk teh hijau yang pertama adalah sebuah merk yang sudah cukup terkenal sejak dulu yakni cap Kepala Djenggot. Teh ini diproduksi oleh PT Gunung Subur Sejahtera yang cukup dipercaya memiliki khasiat yang baik untuk diet dan kecantikan.

Di pasaran teh ini tersedia dalam varian celup dan juga tubruk yang cukup mudah di dapatkan termasuk tersedia di minimarket atau gerai Indomaret dan Alfamart dengan harga yang paling murah mulai dari Rp 6 ribuan untuk kemasan sachet ukuran 50 gram.

2. Teh Hijau Sariwangi 25’s

teh hijau sariwangi merk populer di indonesia

Merk teh terpopuler di Indonesia

Teh yang diproduksi oleh PT Unilever Indonesia TBK ini merupakan salah satu yang paling terkenal di Indonesia, meskipun untuk yang jenis teh hijau masih kalah jauh jika dibandingkan dengan teh hitamnya.

Untuk melengkapi kebutuhan dalam membuat minuman baik untuk anggota keluarga sendiri ataupun untuk tamu yang sedang berkungjung kerumah, alangkah baiknya apabila Anda juga menyediakan green tea ini selain dari teh hitam.

Harga untuk teh Sariwangi ini juga terbilang murah dan cukup merakyat karena dibanderol dengan harga mulai dari kisaran Rp 11.000 per 1 kemasan dus isi 25 kantung teh celup.

3. Teh Hijau Cap Botol

teh hijau cap botol aroma melati

Teh segar aroma melati

Pecinta memang terkadang berbeda-beda seleranya, ada yang menyukai green tea yang segar yang dilengkapi dengan aroma kesegaran bunga melati, akan tetapi ada juga orang yang justru malah tidak menyuka teh yang berbau melati dan bahkan alasan dari mereka yang tidak suka dikarenakan aroma melati pada teh bisa membuat perut menjadi mual meskipun tidak ada riwayat sakit lambung sekalipun (maag).

Dikarenakan teh cap Botol ini mengandung aroma melati yang cukup kuat, sehingga membuat teh ini hanya cocok dikonsumsi untuk orang yang memang menyukai kesegaran aroma melati pada teh.

Dan untuk Anda yang tidak menyukai aroma melati, Anda bisa memilih produk teh celup yang tidak mengandung aroma melati yang kuat seperti merk Kepala Djenggot atau Sariwangi seperti diatas tadi.

Di pasaran, teh merk cap Botol tersedia dalam kemasan tubruk dan juga celup yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp 6.000.

4. Teh Hijau Tong Tji

teh celup tong tji

Teh celup dengan kesegaran teh asli

Dibandingkan dengan merk-merk teh yang diatas, merk Tong Tji tergolong lebih lengkap dalam memproduksi berbagai produk teh dengan varian-varianya.

Seperti misalnya, ada produk teh original, teh hitam, teh hijau non melati, teh jahe melati, dan lainnya yang di kemas dalam desain dan kemasan yang berbeda-beda pula.

Tong Tji merupakan sebuah produk yang diproduksi oleh PT Tong Tji Tea Indonesia yang terletak di daerah kabupaten Tegal Jawa Tengah.

Jika di cek pada BPOM, merk Tong Tji hingga saat ini sudah cukup banyak mendaftarkan produknya dan termasuk untuk beberapa jenis yang memang hanya diperuntukan untuk pendistribusian di hotel-hotel tertentu saja.

5. Prendjak Teh Hijau Celup

Prendjak Teh Hijau Celup

Teh khas Tanjung Pinang Riau

Untuk Anda yang baru pertama kali tahu produk teh merk Prendjak ini, teh ini diproduksi oleh sebuah perusahaan yang terletak di kota Tanjung Pinang kepulauan Riau.

Preandjak sendiri merupakan nama sebuah burung yang memiliki postur tubuh kecil akan tetapi memiliki suara yang keras, melengking dan bagus.

Apakah teh hijau Prendjak sudah terdaftar di BPOM? tentu saja, produk yang dibanderol dengan harga kisaran Rp 11.000 ini sudah terdaftar secara resmi di BPOM dengan nomor registrasi MD 868129079001.

6. Green Tea Sir Thomas I Lipton

Green Tea Sir Thomas I Lipton

Green tea sencha Lipton premium

Teh ini merupakan salah satu produk teh premium yang dibanderol dengan harga yang lebih mahal dari kebanyakan teh hijau buatan lokal asli Indonesia.

Teh ini diproduksi oleh PT Agri Wangi Indonesia yang juga merupakan perusahaan yang memproduksi teh Sariwangi untuk PT Unilever Indonesia TBK.

Khusus untuk Lipton green tea yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp 50.000 ini tersedia dalam dua varian yakni teh original dan jasmine tea atau teh melati.

7. 2Tang Classic Green Tea Premium

2Tang Classic Green Tea Premium

Teh hijau lokal kualitas ekspor

Teh hijau klasik merk 2Tang ini dibuat melalui proses yang benar-benar ketat dimulai dari pemilihan daun teh yang paling berkualitas, dan juga menggunakan alat atau mesin pengolahan yang modern dan higienis sehingga menghasilkan teh yang berkualitas premium.

2Tang Classic Green Tea ini diproduksi oleh CV Duta Java Tea Industri yang beralamat di kabupaten Tegal Jawa Tengah yang hingga kini sudah cukup banyak memproduksi berbagai produk teh termasuk teh putih (white tea) yang berbentuk halus.

Dan bahkan produk 2Tang yang asli diproduksi di Indonesia ini sudah go internasional dan berhasil di ekspor ke beberapa negara yang ada di Eropa.

8. Teh Hijau Jepang Ohkuraen

Ohkuraen gree tea impor jepang

Teh impor Jepang dari pucuk daun pilihan

Jepang merupakan salah satu negara di Asia selain China yang sudah cukup lama memiliki tradisi meminum teh. Dan bahkan salah satu perkebunan teh terbesar yang diklaim memiliki kualitas terbaik di negara tersebut terletak di sekitar wilayah gunung Fuji yang sudah cukup terkenal karena keindahan alamnya sejak lama.

Produk teh asli Jepang ini diproduksi oleh Ohkuraen Co, LTD yang kemudian di impor ke Indonesia oleh PT Kartikawara Adisukses. Di pasaran bisa Anda temukan lebih dari tiga varian dari teh merk Ohkuraen ini yang diantaranya adalah Ohkuraen teh hijau bubuk (Spring Sencha VIP Tea Bag), Autumn Harvest Houjicha, dan Summer Harvest Micron Powder.

Berapa harga teh hijau Japang merk Ohkuraen ini? dari beberapa varian yang saat ini tersedia, untuk setiap 1 pack kemasan berisi 20 pcs sachet dibanderol dengan harga paling murah mulai dari Rp 130.000.

9. Teh Celup Harada 50’s

teh celup harada yabukita

Rekomendasi selanjutnya masih merupakan teh hijau impor Jepang dan untuk produk yang satu ini bermerek Harada yang diproduksi oleh sebuah perusahaan yang berada di Jepang yang bernama Harada Tea Processing Co, LTD, yang di Indonesia di impor oleh PT Anugrah Indo Mandiri yang sudah terdaftar resmi di BPOM di nomor registrasi ML 368109008012.

Untuk teh Harada ini memiliki varian yang jauh lebih lengkap dari yang diatas karena tersedia dalam bentuk bubuk atau serbuk teh hijau dengan berbagai rasa dan kombinasi bahan alami lainnya yang digunakan termasuk ada juga salah satunya yang menggunakan beras merah sebagai campurannya.

Untuk teh celup Harada Yabukita Blend Deep Steamed Sencha Green Tea seperti pada gambar diatas dalam satu dus karton berisi 50 pcs sachet yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp 120.000.

10. Twinings Green Tea & Lemon

Twinings Green Tea Lemon impor

Teh hijau lemon impor dari Polandia

Bagia pecinta teh hijau, salah satu alasan yang paling sering dilontarkan oleh mereka adalah karena teh jenis ini memang lebih berdampak menyegarkan tubuh secara cepat setelah diminum beberapa teguk saja.

Terlebih lagi dengan teh hijau yang dikombinasikan dengan lemon seperti pada merk Twinings ini, tentu akan semakin menambah efek kesegaran yang akan didapatkan oleh peminumnya.

Produk teh merk Twinings ini diproduksi oleh sebuah perusahaan yang berasal dari negara Polandia yakni R. Twining & Company Sp.z.o.o yang kemudian bisa sampai dan beredar di Indonesia karena di impor oleh PT Pandurasa Kharisma yang terletak di DKI Jakarta.

Baca juga rekomendasi:

Teh Herbal Daun Jati Cina.

Wedang Uwuh Terbaik.

Jahe Instan Sachet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *