10 Tepung Roti (Tepung Panir) Terbaik Tahun 2021

Diposting pada

Tepung panir disebut juga sebagai tepung roti, dan berbeda dengan kebanyakan jenis tepung-tepungan lainnya yang memiliki tekstur lembut dan halus, tepung ini justru sebaliknya karena memiliki tekstur yang kasar dan berbentuk butiran-butiran agak besar yang mirip seperti tepung gandum yang terbuat dari biji gandum utuh.

Selama ini tepung panir banyak digunakan sebagai pelengkap lapisan paling luar untuk pembuatan kue-kue yang dimasak dengan cara digoreng seperti kroket, risoles, nugget dan salah satu hidangan makanan khas jepang yang bernama tempura.

Meskipun secara umum tepung ini berbentuk jauh lebih kasar apabila dibandingkan dengan berbagai jenis tepung lainnya kecuali tepung gandum, tapi secara varian, pada masing-masing merk juga memiliki ukuran kekasaran dan juga warna yang berbeda-beda.

Perbedaan Tepung Panir Dan Tepung Roti

perbedaan tepung roti dan panir

Ada ga sih bedanya tepung panir dan tepung roti? meskipun selama ini selalu dianggap sama ternyata ada perbedaannya. Mengutip tulisan artikel yang ada di situs resepkoki.id, dijelaskan bahwa diantara kedua jenis tepung ini meskipun terbuat dari sumber atau bahan dasar yang sama akan tetapi tetap memiliki perbedaan.

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat tepung roti adalah roti segar tanpa kulit, yang kemudian dikeringkan dan digiling hingga menjadi butiran kecil seperti remah.

Tepung ini mempunyai tekstur yang lebih kasar dan butirannya lebih besar daripada tepung panir dan juga memiliki warna yang lebih cenderung putih atau keputihan.

Dan tepung ini sangat cocok digunakan untuk bahan tambahan dalam membuat nugget, tempura ikan dan seafood. Ada juga panko, sejenis tepung yang sering digunakan untuk tempura karena menghasilkan lapisan yang lebih bertekstur besar dan renyah daripada tepung biasa.

Tepung panir sebenarnya juga terbuat dari bahan yang sama yang juga dikeringkan, akan tetapi untuk jenis roti yang digunakan adalah roti dengan kulit pinggiran yang digiling hingga menjadi butiran yang lebih kecil.

Karena terbuat dari roti dengan kulit, tepung panir memiliki warna yang lebih gelap daripada tepung yang dibuat dari roti tak berkulit. Tepung panir sering digunakan sebagai bahan lapisan risoles, kroket, pisang pasir, dan bahan campuran dalam adonan rolade atau galantin.

Fungsi dan Kegunaan Tepung Panir

kegunaan tepung panir

Tidak hanya sekedar sebagai variasi atau untuk hiasan yang mempercantik makanan, tepung panir memiliki beberapa fungsi yang diantaranya adalah sebagai variasi taburan atau lapisan pada bagian luar makanan tertentu, yang sekaligus dapat merekatkan makanan yang dimasak agar tidak lepas atau rusak bentuknya.

Dan juga, pada makanan yang dimasak dengan cara digoreng, tepung panir berfungsi sebagai pemberi sensasi renyah yang kriuk-kriuk.

10 Rekomendasi Merk Tepung Roti dan Panir Yang Bagus

tepung roti panir terbaik

Berikut ini kami rekomendasikan untuk Anda beberapa merk tepung roti terbaik yang sudah terdaftar di BPOM yang bisa di beli secara langsung di toko groseri maupun secara online.

1. KOBE Tepung Roti Breadcrumbs

Pada awalnya memang di pasaran ada sebuah produk KOBE Tepung Panir yang cocok digunakan untuk membuat berbagai macam gorengan yang renyah dan garing, akan untuk saat ini hanya KOBE Tepung Roti Breadcrumb saja.

Tepung ini cocok untuk membuat berbagai jenis masakan yang digoreng dan menghasilkan sensasi kering dan renyah dan juga penampilan yang cantik pada setiap makanan disajikan.

Beberapa jenis gorengan yang enak apabila dimasak menggunakan tepung dibanderol dengan harga mulai dari Rp 10 ribuan ini diantaranya adalah jamur crispy, tempe goreng, perkedel kentang, dan lain-lain.

2. Tepung Roti Mix MamaSuka

Tepung Roti Mix MamaSuka

Rekomendasi merk tepung roti yang kedua adalah MamaSuka yang terbuat dari roti tawar yang kemudian digiling hingga menghasilkan serpihan halus yang memiliki aroma seperti layaknya roti tawar biasa.

Tepung ini cocok digunakan sebagai pelapis untuk melapisi berbagai macam gorengan seperti udang, ayam filet, ikan, dan lain-lain dan dapat menghasilkan kerenyahan yang maksimal.

3. Tepung Roti White MamaSuka

Tepung Roti White MamaSuka

Tepung roti putih dan halus

Yang membedakan warna antara tepung roti biasanya adalah, pada tepung yang cenderung berwarna putih terbuat dari roti tawar dari kulit, sedangkan yang berwarna agak kekuningan terbuat dari roti tawar yang berkulit.

Dan pada tepung panir putih merk MamaSuka ini selain akan memberikan warna yang lebih cerah pada kondisi setelah makanan matang, akan tetapi juga akan memberikan sensasi rasa yang lembut yang berasal dari tepung yang lebih halus.

Tepung panir putih merk MamaSuka ini bisa Anda temukan dengan mudah di gerai-gerai seperti Indomaret dan Alfamart dengan harga mulai dari Rp 5 ribuan untuk kemasan plastik ukuran 100g.

4. Fiesta Tepung Roti Serbaguna

Fiesta Tepung Roti Serbaguna

Rekomendasi yang ketiga tentu sudah bukan lagi merk asing bagi konsumen di Indonesia yakni Fiesta, yang sudah cukup terkenal akan produk nugget yang diproduksinya sejak bertahun-tahun yang lalu.

Dan untuk Anda yang ingin membuat nugget untuk konsumsi keluarga yang memiliki sensasi rasa yang enak sama seperti nugget Fiesta, Anda bisa menggunakan tepung panir merk Fiesta ini langsung yang dapat Anda beli seharga mulai dari Rp 10 ribuan untuk kemasan 200gr.

5. Le Gitt Panko Bread Crumb Putih / Orange

Le Gitt Panko Bread Crumb

Meskipun belum terlalu populer terutama di daerah yang bukan perkotaan, tepung roti merk Le Gitt ini diproduksi oleh perusahaan besar yang bernama PT Sriboga Bakeries Integra yang terletak di Kabupaten Bogor Jawa Barat.

Tersedia dalam dua varian yakni Bread Crumb Orange dan Bread Crumb Putih yang terdaftar di BPOM dengan nomor registrasi “MD 235728016017”.

Kelebihan tepung roti Le Gitt Panko ini apa?

Tepung ini ketika digunakan untuk melumuri makanan, maka akan menghasilkan warna yang lebih terang dan juga tidak lebih cepat gosong ketika digoreng. Dan juga sensasi kriuk atau kress-nya lebih dapat bertahan lebih lama.

6. Kriukz Bread Crumbs

Kriukz Bread Crumbs
gambar: shopee.co.id

Tepung roti terdaftar BPOM

Rekomendasi merk tepung panir selanjutnya adalah Panko Kriukz yang terdaftar di BPOM dengan nomor registrasi ‘MD 235728036150″ yang diproduksi oleh PT Tiara Indo Pangan yang berada di kabupaten Bogor Jawa Barat.

Tersedia dalam beberapa varian ukuran mulai dari 250 gram sampai dengan kemasan besar ukuran 10 kg seperti pada gambar diatas.

Harga tepung panir merk Kriukz ini dibanderol mulai dari Rp 5 ribuan untuk kemasan ekonomis berukuran 250 gr.

7. Tepung Roti Halus Kumala

tepung panir kumala

Tepung panir merk Kumala yang juga memproduksi tepung tapioka ini memiliki karakteristik halus dan berwarna cenderung kecokelatan. Sudah secara jelas terdaftar di BPOM.

Produk ini tidak memiliki pilihan ukuran lain dan hanya ukuran 500 gram yang dapat Anda beli seharga mulai Rp 10 ribuan.

8. Tepung Roti Korea Wilmond

Tepung Roti Wilmond Impor Vietnam

Rekomendasi yang selanjutnya atau yang kedelapan adalah produk tepung roti Korea akan tetapi untuk yang beredar di Indonesia di impor dari negara Vietnam yang diproduk oleh sebuah perusahaan yang bernama Sumimoto Technology Corporation.

Adapun bisa beredar sampai ke Indonesia dalam kemasan plastik ukuran 210g dan 1kg adalah di impor oleh PT Rejeki Inthi Abadi yang berlokasi di kota DKI Jakarta.

Harga tepung panir merk Wilmond ini di pasaran dibanderol dengan harga paling murah mulai dari Rp 12 ribuan untuk kemasan 210 gram.

9. Primera Panko

Primera Panko
gambar: shopee.co.id

Merk Primera ini sudah memproduksi tepung panir dalam cukup banyak pilihan kemasan dan ukuran dari mulai 100 gram sampai dengan 15 kg.

Untuk warna juga tergolong jauh lebih lengkap jika dibandingkan dengan kebanyakan merk karena ada varian tepung panir hijau, orange, putih, dan tepung panko mix atau campur.

10. Tepung Roti Jepang Soff Panko

Tepung Roti Jepang Soft Panko

Rekomendasi merk tepung panir yang terakhir adalah tepung panir Jepang yang memang diproduksi oleh sebuah perusahaan yang berada di negara Jepang yang bernama Yoshikawa Corporation, yang kemudian di impor ke Indonesia oleh PT Indomaru Lestari yang beralamat di DKI Jakarta.

Harga tepung roti Marufuji tergolong paling mahal jika dibandingkan dengan semua merk yang diatas karena untuk yang kemasan 180 gram saja dibanderol seharga Rp 50 ribuan.

Baca juga rekomendasi:

Tepung Terigu Segitiga Biru.

Tepung Beras Terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.