Kategori
Makanan & minuman

10 Tepung Sagu Terbaik Untuk Aneka Makanan

merk tepung sagu terbaik

Meskipun bukan merupakan makanan pokok yang merata diseluruh wilayah di Indonesia, kebutuhan akan tepung sagu untuk bahan tambahan dalam pembuatan makanan cukup dianggap penting. Dan bahkan pada kue atau jenis makanan tertentu, terkadang malah dianggap sebagai salah satu kunci utama atau penentu kualitasnya meskipun dalam penggunaanya harus tetap dicampur atau dikombinasikan dengan jenis tepung lain seperti tepung terigu misalnya.

Bagi penduduk yang tinggal di wilayah Indonesia bagian timur seperti Maluku, Nusa Tenggara dan Papua, sagu merupakan makanan pokok seperti halnya beras yang dimasak menjadi nasi oleh penduduk yang tinggal di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan lainnya.

Dalam cara pengolahan daging batang pohon sagu hingga menjadi hidangan yang siap disantap sehari-hari, sagu kemudian dibuat atau dimasak hingga menjadi bubur sagu yang biasanya disajikan dengan lauk ikan tongkol dan menu ini sudah menjadi salah satu menu favorit di daerah Indonesia timur.

Tepung Sagu Adalah

batang pohon sagu
gambar: beritapapua.id

Tepung sagu atau yang dalam bahasa inggirs disebut sago flour adalah tepung yang terbuat dari pohon sagu atau rumbia (Metroxylon sagu Rottb), dan pohon yang bisa tumbuh hingga setinggi puluhan meter ini banyak tumbuh secara liar di hutan-hutan di daerah Indonesia timur.

Meskipun secara penampilan dan juga ketika disentuh hampir mirip ciri-cirinya dengan tepung tapioka, tapi diantara dari tepung sagu dan tepung tapioka atau tepung kanji ini terbuat dari sumber bahan baku yang berbeda.

Untuk informasi tambahan, silahkan Anda tonton video dokumentasi di sebuah pabrik pengolahan sagu berikut ini yang merupakan proses cara membuat atau pengolahan batang sagu hingga menjadi bubuk atau serbuk yang siap edar.

Video pembuatan tepung sagu di pabrik sagu

Kegunaan Tepung Sagu

Selain dijadikan sebagai makanan pokok dan sumber asupan karbohidrat utama bagi penduduk di wilayah Indonesia timur, tepung sagu memiliki fungsi dan kegunaan sebagai bahan tambahan yang membuat kue menjadi terasa lebih lembut, empuk dan juga menjadi tekstur kue menjadi lengket.

Dan berdasarkan dari kegunaan seperti inilah, kemudian penggunaan tepung ini banyak digunakan untuk bahan tambahan orang dalam membuat kue lapis, talam ubi, pempek palembang, dan lain-lain.

Resep Kue Tepung Sagu

Apa sajakah kue atau camilan yang bisa dibuat menggunakan bahan dasar bubuk sagu? ternyata jumlahnya cukup banyak dan ketika disantap memiliki sensasi gigitan yang berbeda dari kebanyakan kue yang hanya dibuat dari tepung terigu atau tepung tapioka.

Dan mengutip sebuah artikel yang membahas seputar beberapa jenis makanan tradisional yang enak yang terbuat dari bahan utama bubuk sagu di situs https://brilicious.brilio.net berikut ini beberapa dari resep tersebut.

  • Kue lapis sagu
  • Ongol-ongol sagu gula merah
  • Bola-bola sagu
  • Sagu keju
  • Bagea keju
  • Bubur sagu ambon
  • Kue rangi sagu
  • Lompong sagu

Atau untuk lebih jelasnya, silahkan Anda tonton video tutorial berikut ini yang mempraktekan tentang cara membuat kue ongol-ongol sagu yang enak yang bisa dijadin sebagai takjil di bulan puasa.

Video tutorial resep kue ongol-ongol sagu enak anti gagal dari channel YouTube mrs TeeRecipe

10 Rekomendasi Merk Tepung Sagu Yang Bagus

Berikut ini kami rekomendasikan untuk Anda beberapa pilihan produk terbaik dari tepung sagu asli yang berasal dari batang pohon sagu asli, dan ada juga berasal dari pohon aren atau yang disebut tepung sagu aren.

1. Tepung Sagu Healthy Choice 500g

Tepung Sagu Healthy Choice 500g

Merk tepung sagu terdaftar di BPOM

Rekomendasi merk sago flour yang pertama adalah Healthy Choice yang merupakan jenis tepung sago asli yang diproduksi oleh PT Indospirit Natura yang berlokasi di daerah kabupaten Bekasi Jawa Barat.

Tepung yang sudah secara resmi terdaftar di BPOM dengan nomor registrasi “MD 229110017467” ini bisa Anda beli secara online dengan banderol harga yang paling murah mulai dari Rp 20 ribuan untuk kemasan plastik ukuran 500 gram.

2. Cap 2 Ikan Mas

Cap 2 Ikan Mas

Tepung cap 2 Ikan Mas ini juga sudah terdaftar di BPOM dengan nomor registrasi “MD 229831007373” yang diproduksi oleh PD Harsindo United Internusa yang memiliki pabrik di daerah kota Tangerang provinsi Banten.

Namun sayangnya, produk ini hanya tersedia dalam kemasan karung yang berukuran 50 kg, sehingga lebih cocok digunakan untuk kalangan industri dan bukan kalangan rumahan atau rumah tangga biasa.

3. Sapapua Tepung Sagu Asli Papua

Sapapua Tepung Sagu Asli Papua

Tepung sagu asli Papua

epung sagu ini merupakan tepung sagu yang asli sidapatkan dari pohon sagu yang berada pada daerah hutan di wilayah Papua yang masih terjaga kelestarian alamnya dan jauh dari berbagai kontaminasi zat-zat kimia terutama yang berasal dari pupuk atau pestisida kimia sintetis.

Produk yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp15 ribuan per kemasan 1 kg ini cocok untuk membuat berbagai jenis makanan seperti papeda, pentolan, kue sagu, sagu kering, sohun, bakso, dan lain-lain.

4. Pati Sagu Cap Rumbia

Pati Sagu Cap Rumbia
gambar: shopee.co.id

Pati sagu pulau Bangka

Merk ini diproduksi oleh sebuah perusahaan yang terletak di kabupaten Banka Kepulauan Bangka Belitung dari sebuah pabrik yang dimiliki oleh PT Bangka Asindo Agri.

Produk yang memiliki nomor registrasi BPOM MD 229830006013 ini tersedia dalam kemasan mulai dari 500 gram, 1 kg, 25 kg, dan 50 kg. Untuk harga kemasan 1 kg bisa Anda dapatkan seharga mulai dari Rp 12 ribuan.

5. Javara Sago Starch Flour

Merk tepung sagu paling laris saat ini

Di penjualan online, tepung sagu Javara merupakan salah satu yang paling laris dan sudah memiliki angka penjualan yang cukup banyak. Tersedia dalam pilihan kemasan yang cukup lengkap mulai dari 450 gram, 1 kg, 3 kg, 5 kg dan 10 kg.

Meskipun aslinya menggunakan sumber bahan baku batang sagu Papua, akan tetapi produk ini diolah dan diproduksi oleh PT Kampung Kearifan Indonesia yang terletak di Bekasi Jawa Barat.

6. Sagu Mutiara Thailand Mamata Brand

Berbeda dengan kebanyakan yang ada di pasaran, tepung pati sagu merk Mamata Brand yang merupakan produk yang berasal dari Thailand ini memiliki bentuk yang butiran butiran kecil seperti mutiara atau granules.

Adapun mengapa produk ini bisa sampai ke pasaran Indonesia, ternyata di produksi atau dikemas oleh sebuah perusahaan yang ada di kota Medan Sumatera Utara yang bernama Moon & Star Indonesia.

7. Tepung Sagu Aren siKenyal

Meskipun bukan merupakan bubuk sagu asli yang dibuat dari sumber batang pohon sagu yang digiling, bubuk sagu aren bisa dijadikan sebagai pengganti yang memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda.

Seperti pada merk tepung siKenyal ini, merupakan salah satu tepung aren yang cukup terkenal dan juga sudah terdaftar secara resmi di BPOM dengan nomor registrasi MD 229828003550.

8. Sakt1 Sagu Aren Kualitas Tinggi

Sakt1 Sagu Aren Kualitas Tinggi

Rekomendasi merk selanjutnya adalah merk Sakt1, yang tersedia dalam kemasan plastik ukuran 500g yang diproduksi oleh PD Harsindo United Internusa yang beralamat di kota Tangerang.

Cocok digunakan untuk berbagai jenis makanan atau kue-kue basah yang membutuhkan bahan pengenyal alami yang dapat dibeli dengan harga yang murah dan juga aman digunakan.

9. Alini Starch Flour

Alini Starch Flour

Tepung ini cukup populer di masyarakat meskipun belum terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM dan hanya baru memiliki perizinan dari P-IRT yang diterbitkan dari dinas kesehatan setempat.

Merk Alini banyak digunakan oleh penggunan rumah tangga biasa dan juga pengusaha industri rumahan yang membuat berbagai jenis makanan kecil atau camilan kue-kue basah.

10. Tepung Sagu Aren Murni Pondok Daun

Tepung Sagu Aren Murni Pondok Daun

Rekomendasi terakhir atau yang kesepuluh adalah merk Pondok Daun yang dibanderol dengan harga paling murah mulai dari Rp8 ribuan per kemanasan yang berukuran 500 gram.

Apabila Anda susah untuk mendapatkan tepung merk Pondok Daun ini, Anda bisa mencarinya di berbagai toko online yang terpercaya seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak dan lain-lain.

Kesimpulan:

Tepung sagu yang saat ini banyak beredar di pasaran ada yang asli terbuat dari batang pohon sagu, ada yang terbuat dari batang pohon aren atau enau, dan terkadang ada juga tepung tapioka yang dianggap sebagai tepung sagu yang salah satunya seperti tepung sagu tani yang meskipun terbuat dari singkong tapi tetap saja dianggap sebagai sagu.

Baca juga rekomendasi:

Tepung Gandum Utuh.

Merk Tepung Maizena.

Tepung Beras Rose Brand.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *