benih okra terbaik

5 Benih Okra Terbaik dan Cara Menanam Okra Dari Biji

Diposting pada

Sudah tahu berbagai manfaat dari okra? dan ternyata, benih okra atau yang disebut sebagai kacang bendi ini mudah ditanam dan juga cepat berbuah. Karena dalam umur paling cepat 50 hari setelah tanam tanaman okra sudah bisa berbuah dan sudah bisa untuk mulai dipanen.

Karena karakter okra yang memang pada kulit bagian dalamnya akan mengeras, maka sangat dianjurkan untuk segera memetik atau memanemnya ketika masih berukuran kecil, atau yang bisa disebut sebagai okra baby.

voucher tokopedia gratis
===

Cara mengonsumsi okra ini kebanyakan dijadikan sayur, namun tidak jarang juga yang menjadikannya sebagai jus okra untuk mendapatkan manfaatnya yang lebih besar. Dan selain dimasak atau dibuat jus, okra terkadang bisa juga dijadikan sebagai obat herbal dengan cara merendamnya kedalam air selama beberapa jam seperti ketika membuat infused water, kemudian meminumnya.

Manfaat Okra Untuk Kesehatan

manfaat okra

Jika dikonsumsi secara rutin, okra dapat memberikan cukup banyak manfaat untuk kesehatan. Seperti yang kami kutip dari Halodoc berikut ini.

  • Okra dapat membantu menurunkan kadar gula darah sehingga baik untuk penderita penyakit diabetes.
  • Okra dapat membantu menurunkan kolesterol.
  • Okra dapat mencegah Osteoporosis atau keropos tulang.
  • Okra kaya akan kandungan antioksidan.
  • Okra mengandung zat Anti kanker.
  • Okra baik untuk Ibu hamil karena mengandung folat yang cukup tinggi.
  • Okra dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan.

Cara Menanam Okra Dari Biji

cara-menanam-okra-dari-biji
Gambar biji okra: Lazada.co.id

Cara menanam okra dari biji sebenarnya cukup mudah karena cukup menyiapkan media tanam, bisa pot, polybag, atau tanah langsung. Kemudian merendam biji okra di air hangat selama 12 jam, namun perendaman ini tidaklah wajib dan boleh direndam, dan boleh juga langsung disemai.

Namun kelebihan ketika benih direndam dulu menggunakan air hangat, proses bertunas benih memang akan lebih cepat jika dibandingkan dengan yang tidak direndam, terutama untuk benih yang sudah dikeringkan lama.

Setelah itu langsung masukkan biji ke media tanah langsung, dan dalam waktu paling cepat 7 hari biasanya biji okra tersebut akan mulai bertunas. Atau silahkan Anda tonton video tutorial cara menanam okra dari biji berikut ini.

5 Rekomendasi Bibit Okra Yang Bagus

Dan berikut ini sudah BestList.id pilihkan untuk Anda, beberapa penjual benih okra terbaik yang bisa dengan Anda beli secara online di marketplace Lazada atau Shopee.

1. Redok F1 – Benih Okra Merah Bintang Asia

benih okra merah redok f1

Rekomendasi benih okra terbaik yang pertama adalah benih okra hibrida Redok F1 yang diproduksi oleh Bintang Asia. Redok F1 merupakan jenis okra merah yang dapat mulai berbuah sejak 50 hari setelah penanaman.

Ukuran panjang pada okra merah ini jika dibiarkan sampai tumbuh besar maksimal bisa hingga sepanjang 19 cm. Untuk tinggi tanaman jika mendapatkan perlakuan dan menjadi subur, bisa terus tumbuh hingga setinggi 1,5 meter.

2. Bendy F1 – Benih Okra Hijau Bintang Asia

benih okra hijau bendy f1

Rekomendasi benih yang kedua masih merek Bintang Asia, yang untuk benih hibrida Bendy F1 ini merupakan jenis okra hijau. Untuk ukuran, antara okra merah yang diatas dengan okra hijau yang satu ini tidak jauh berbeda.

Cara menanam okra hijau dengan okra merah pun sama, sehingga kebanyakan orang yang menanam okra merah, akan menanam okra hijau juga karena bisa dijadikan sebagai variasi atau ketika di sayur menjadi kombinasi warna yang bagus antara merah dan hijau.

3. Naila IPB – Benih Okra Hijau Terlaris di Shopee

benih okra naila ipb

Okra hijau IPB cocok ditanam di dataran rendah dan dataran tinggi

IPB atau yang merupakan singkatan dari Institut Pertanian Bogor tentu bukan nama yang asing di dunia pertanian kan? terkait benih okra, ternyata IPB juga memproduksi benih okra yang varietasnya dinamakan Naila. Dan okra Naila IPB ini merupakan jenis okra hijau.

Benih okra IPB ini juga merupakan salah satu yang untuk saat ini sudah memiliki angka penjualan terlaris di Shopee, karena harganya memang lebih murah. Pada 1 bungkus isi 50 benih hanya dibanderol Rp 10 ribuan saja.

4. Zahira IPB – Benih Okra Ungu

benih okra ungu zahira ipb

Benih okra Zahira yang juga dari IPB ini merupakan jenis okra ungu, dengan warna yang memang ungu dan tidak merah seperti pada jenis okra merah pada umumnya. Seperti yang juga sudah kami sampaikan, dengan menanam setidaknya 2 jenis okra yang berbeda warna, maka hal tersebut dapat membuanya lebih menarik ketika disajikan karena tidak hanya satu warna saja.

Harga benih okra Zahira IPB ini juga dibanderol sama seperti benih okra Naila yakni Rp 10 ribuan per bungkus yang berisi 10 butir biji benih, yang untuk kualitasnya tentu sudah tidak perlu Anda ragukan lagi.

5. Okra Red Hill Country

benih-okra-red-hill-country

Benih okra merah Daily Farm

Yang berikut ini juga merupakan jenis okra merah namun dari jenis atau varietas yang berbeda, yang memiliki bentuk yang lebih langsing atau kecil panjang dan terlihat seperti kuku yang panjang.

Jika Anda tertarik untuk menanam okra Red Hill Country ini, Anda bisa membelinya hanya seharga mulai dari Rp 10 ribuan saja, yang berisi 20 butir biji okra yang sudah siap untuk di semai.

Simak juga rekomendasi:

Benih Timun Lalap.

Bibit Labu Madu.

Bibit Terong Hijau.

Bibit Paprika Unggul.

Bibit Pare Raden F1.

Bibit Jagung Yang Bagus.

Bibit Tomat Panah Merah.

voucher alfamart gratis
===