bibit jahe terbaik

3 Jenis Bibit Jahe Terbaik, Harga Mulai 200 Perak Per Bibit

Diposting pada

Jika Anda ingin menanam jahe sendiri baik untuk skala usaha ataupun untuk kebutuhan rumah tangga biasa , Anda bisa membeli bibit jahe terdekat langsung yang biasanya adalah di pasar-pasar tradisional yang menjual jahe dan rimpang-rimpang lainnya.

Namun jika membeli bibit jahe di pasar, kekurangannya adalah jahe tersebut belum siap tanam karena sama sekali belum muncul atau keluar tunas sehingga masih membutuhkan waktu yang agak lama lagi untuk menumbuhkan tunasnya.

Berbeda ketika membeli bibit jahe yang memang sudah bertunas dan siap ditanam, maka hal tersebut akan membuatnya menjadi lebih cepat tumbuh.

Dan untuk memudahkan Anda dalam mendapatkan bibit yang sudah mulai bertunas tersebut, Anda bisa membelinya secara online yang tersedia di hampir semua marketplace online seperti Lazada, Shopee, dan lain-lain.

Harga Bibit Jahe

Harga bibit jahe yang bisa Anda beli secara online ini dibanderol dengan harga termurah mulai dari Rp 200 perak per 1 bibit yang berbentuk 1 ruas jahe yang sudah mulai bertunas dan siap untuk ditanam.

Namun ada juga yang jual bibit pohon jahe yang berupa pohon atau tanaman jahe yang sudah berdaun dan tumbuh hingga setinggi 20 cm sampai dengan 30 cm.

3 Rekomendasi Bibit Jahe Yang Bagus

Untuk pembelian dalam jumlah sedikit kami sarankan untuk membeli yang sudah berbentuk pohon hidup, meskipun harganya lebih mahal akan tetapi akan lebih cepat tumbuh besar.

Namun jika Anda hanya ingin membeli dalam jumlah yang banyak untuk kebutuhan akan ditanam di kebun yang luas, sebaiknya membeli yang masih berbentuk rimpang bertunas dengan harga yang lebih murah mulai dari Rp 200 rupiah per tunas.

1. Bibit Jahe Merah Bertunas

bibit jahe merah bertunas
gambar: shopee.co.id

Harga bibit jahe merah termurah hanya 200 perak per biji

Rekomendasi yang pertama adalah dari jenis jahe merah yang masih berbentuk rimpang jahe akan tetapi sudah bertunas sehingga akan lebih cepat tumbuh ketika ditanam pada media pot atapun tanah langsung.

Pada salah satu penjual yang kami rekomendasikan berikut ini merupakan bibit yang berasal dari jahe yang ditanam secara organik yang sudah berumur cukup tua sekitar 1 tahun sehingga memiliki potensi bertunas yang lebih baik jika dibandingkan dengan jahe yang di panen ketika masih muda.

2. Bibit Jahe Gajah Bertunas

bibit jahe gajah jumbo

Selanjutnya juga merupakan bibit jahe yang masih berupa rimpang bertunas yang di jual dengan harga per biji. Dan dikarenakan ukuran per 1 biji atau rimpang dari jahe gajah ini cukup besar dan sudah terdiri dari beberapa tunas, harga yang dibanderol Rp 700 per bijinya.

Selama ini jahe gajah cukup terkenal di masyarakat sebagai varietas jahe yang berbentuk besar meskipun untuk kadar atau level tingkatan pedas atau panas yang dimilikinya masih kalah dari jahe merah.

Untuk pembelian online, pada setiap tarif 1 kg ongkir atau ongkos kirimnya bisa muat atau berisi hingga sekitar 50 biji rimpang.

3. Bibit Jahe Emprit

bibit jahe emprit super pedas

Jahe putih kecil dengan pedas yang kuat

Kecil-kecil cabe rawit, pepatah ini mungkin juga masih pantas disematkan untuk jahe emprit yang berwarna putih ini. Karena meskipun bentuknya yang kecil, jahe ini cukup terkenal akan tingkatan pedas atau panas yang kuat yang dimilikinya.

Dan bahkan, jika dibandingkan dengan jahe gajah, maka jahe gajah akan kalah jauh meskipun menggunakan porsi takaran yang lebih banyak.

Akan tetapi memang terkadang ada sebagian orang yang kurang menyukai jahe putih emprit karena bentuknya yang kecil sehingga menjadikannya lebih sudah dibersihkan dan juga susah diiris-iris ketika akan digunakan sebagai bahan tambahan bumbu masakan.

Mau bibit pohon jahe yang sudah berbentuk pohon berdaun?

Ada juga yang menjualnya secara online, dan seperti yang sudah kami singgung tadi bahwa bibit yang sudah berupa pohon atau tanaman hidup lebih cocok untuk kebutuhan rumahan yang akan membeli dalam jumlah yang sedikit saja.

Baca juga rekomendasi:

Jahe Sachet Terbaik.