bibit labu terbaik

7 Bibit Labu Terbaik, Bibit Labu Siam, Labu Madu, DLL

Diposting pada

Tidak seperti mencari bibit tanaman buah, mencari bibit labu siam, bibit labu madu, atua jenis bibit labu lainnya tergolong lebih susah karena tidak semua toko benih dan pertanian menjualnya.

Hal tersebut dikarenakan tanaman labu memang tidak banyak yang membudidayakannya, karena dianggap terlalu memakan tempat dan hanya cocok ditanam di area sawah atau perkebunanan yang luas.

Padahal sebenarnya, menanam labu tergolong mudah, cepat dapat berbuah dan dipanen, dan tidak memerlukan tempat yang luas jika menggunakan metode para-para sebagai tempat merambat tanaman labu.

Manfaat buah labu untuk kesehatan

Dari beberapa jenis atau varietas labu seperti labu siam, labu kuning, labu air dan labu madu, ternyata memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik untuk kesehatan tubuh manusia. Seperti yang kamu kutip dari AloDokter, yang sudah menerbitkan artikel seputar manfaat labu kuning seperti berikut ini:

  • Labu kuning dapat menurunkan berat badan.
  • Labu kuning dapat membantu melancarkan sistem pencernaan.
  • Labu kuning dapat menekan risiko kanker.
  • Labu kuning dapat menjaga kesehatan mata.
  • Labu kuning dapat memelihara kesehatan jantung.
  • Membantu menjaga kesehatan dan fungsi otak.
  • Meningkatkan siste imun atau daya tahan tubuh.
  • Meningkatkan kualitas tidur.
  • Menjaga kesehatan kulit.

Harga bibit labu

Harga bibit labu cukup murah dan terjangkau karena dibanderol seharga mulai dari Rp2 ribuan yang berisi 5 butir biji bibit labu kuning.

Yang agak mahal adalah harga bibit labu madu atau labu butternut yang dibanderol mulai dari Rp1 ribuan per 1 biji benih.

Atau harga bibit labu siam juga tergolong lebih mahal dari semua jenis labu, karena bibit labu siam berbentuk besar dari buah labu siam yang memang sudah berukuran besar, dan bukan sekedar biji kecil seperti pada benih labu kuning atau labu air.

7 Rekomendasi Jenis Bibit Labu Terbaik

Dan untuk mempermudah Anda dalam membeli bibit labu, berikut ini BestList sudah pilihkan untuk Anda beberapa penjual benih terbaik yang sudah terpercaya di marketplace Lazada dan juga Shopee.

1. Bibit Labu Kuning Suprema F1 Cap Panah Merah

bibit labu kuning suprema f1
LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Rekomendasi yang pertama adalah bibit labu kuning Suprema F1 yang merupakan jenis labu kuning kuning hitam yang diproduksi oleh perusahaan benih ternama East West Seed atau Cap Panah Merah.

Labu kuning Suprema F1 ini cocok ditanam pada pertanian skala besar ataupun pertanian skala kecil atau skala rumahan, hanya dengan memanfaatkan halaman atau pekarang rumah.

Labu kuning Suprema F1 ini cocok ditanam pada daerah dataran rendah dan juga dataran tinggi, yang akan mulai berbuah ketika sudah berumur antara 80 sampai dengan 90 harian. Labu kuning ini bisa menghasilkan buah dengan bobot berat antara 3 kg sampai dengan 5 kg.

Harga bibit labu kuning Suprema F1 cap Panah Merah dibanderol mulai dari Rp15 ribuan per bungkus kemasan isi 10 butir biji benih.

Baca juga:

Bibit Jagung Manis.

Bibit Pare Belut.

Bibit Paprika Hijau.

2. Bibit Labu Siam Sudah Bertunas – Jenis labu sayur paling banyak di pasaran

bibit labu siam
LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Berbeda dengan bibit labu lainnya yang ditanam harus dari biji, bibit labu siam cara menanamnya adalah dengan cara menanam buahnya.

Meskipun dibanderol dengan harga yang lebih mahal yakni mulai dari Rp5 ribuan, akan tetapi bibit labu siam yang dijual seperti ini akan lebih cepat tumbuh dan besar karena dijual dalam kondisi sudah bertunas dan memiliki akar.

Pada penjual yang sudah kami pilihkan pada link diatas, memang dibanderol seharga Rp10 ribuan, akan tetapi untuk setiap pembelian 3 bibit akan mendapatkan 1 bibit labu siam gratis.

Selain dapat dipanen ketika sudah besar, labu siam bisa juga dipanen ketika masih dalam kondisi buah labu siam kecil, yang bisa di jus, atau di kukus seperti yang banyak dijadikan obat herbal penurun tekanan darah tinggi.

3. Benih Labu Madu F1 Cap Panah Merah – Labu Butternut super manis

benih labu madu butternut
LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Labu Butternut merupakan jenis labu madu madu yang memiliki rasa yang paling manis diantara berbagai jenis labu lainnya. Jika dikonsumsi langsung dengan cara di jus misalnya, maka akan memberikan sensasi rasa yang lezat menyegarkan.

Bibit labu madu seperti ini masih susah ditemukan di pasar-pasar karena memang petani yang membudidayakannya tidak sebanyak seperti labu kuning.

Dan jika Anda ingin mencoba untuk menanam labu madu ini, Anda bisa mencoba labu madu Cap Panah Merah agar lebih terjamin kualitasnya.

Bobot buah pada labu hanya ada di kisaran 1 kg – 1,5 kg dan sudah bisa mulai berbuah ketika sudah berumur 70 hari setelah panen.

Harga bibit labu madu F1 cap Panah Merah dibanderol mulai dari Rp15 ribuan per kemasan terkecilnya.

4. Bibit Labu Botol atau Labu Kendi

bibit labu botol
LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Jenis labu yang satu ini mirip seperti labumadu yang diatas, hanya saja bentuknya lebih mirip seperti botol atau model wadah tempat minum kuno yang ada pada film-film China tradisional.

Labu botol ini juga tidak memiliki rasa semanis seperti labu madu, dan sebenarnya masih termasuk kedalam jenis labu air yang cocok dijadikan sayur.

Jika tertarik untuk menanamnya, Anda bisa membeli benihnya pada salah satu penjual yang sudah kami pilihkan melalui link diatas, yang sudah berhasil menjual ribuan paket yang dikirimkan ke seluruh wilayah di Indonesia.

5. Bibit Labu Air Ruma F1 Cap Panah Merah – Jenis labu yang paling cepat panen

bibit labu air ruma f1
LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Dengan menanam bibit labu air ini sendiri di halaman rumah Anda, maka ketika Anda ingin memasak sayur bening akan menjadi semakin mudah. Manfaat yang dihasilkan juga akan lebih baik jika labu ini Anda tanam secara organik.

Bentuk labu air Ruma F1 dari Cap Panah Merah ini adalah memanjang rata pada bagian atas dengan bagian bawahnya. Berbeda dengan jenis labu air sudah sejak dulu dibudidaya yang memiliki bentuk mengecil pada bagian atas dekat dengan tangkai buahnya.

Labu air varietas Ruma F1 ini termasuk jenis labu air yang paling genjah atau cepat panen, karena sudah bisa mulai dipanen ketika sudah berumur sekitar 55 hari sejak di tanam.

Harga bibit labu air cap Panah Merah seperti ini dibanderol mulai dari Rp15 ribuan per kemasan yang paling kecilnya.

6. Bibit Labu Kabocha Golden Mama

bibit labu kabocha kuning

Labu jepang Kabocha kuning

LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Labu Kabocha merupakan jenis labu jepang yang sudah cukup populer di dunia karena bentuknya yang kecil dengan bobot berat maksimal 1,5 kg dan juga memiliki rasa buah yang manis. Labu Kabocha sudah bisa untuk mulai dipanen ketika sudah memasuki umur 70 hari setelah tanam.

Warna labu Kabocha kuning atau Golden Mama sebenarnya tidak terlalu kuning akan tetapi golden atau keemasan dan terkadang merah cerah.

7. Bibit Labu Kabocha Hitam

bibit labu kabocha hitam
LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI LAZADA

Selain yang berwarna kuning pada kulitnya, ternyata ada juga labu Kabocha hitam atau yang memiliki kulit berwarna hitam seperti labu Suprema F1. Hanya saja memang, ukuran labu jepang ini memang jauh lebih kecil dari labu Suprema yang bisa hingga mencapai bobot 5 kg.

Sebagai variasi dari tanaman labu yang Anda tanam, Anda bisa juga menanam keduanya, sebelah labu Kabocha kuning, dan sebelahnya lagi labu Kabocha hitam.

Apakah harga bibit labu Jepang Kabocha ini mahal? tidak, harga benih labu kabocha cukup murah dan terjangkau, karena jenis labu ini memang mudah ditanam dan cocok ditanam di Indonesia sehingga sudah banyak orang yang membudidayakannya.

Simak rekomendasi lainnya:

Bibit Timun Terbaik.

Bibit Terong Ungu.