bibit paprika terbaik

5 Bibit Paprika Terbaik, Jenis Paprika Merah, Hijau dan Kuning

Diposting pada

Setelah menanam bibit cabe rawit unggul dan bibit tomat, yuk sekarang kita tanam benih paprika atau bibit paprika agar nantinya bisa memanennya sendiri tanpa harus membeli di supermarket yang harganya mahal, karena hingga saat ini memang belum banyak petani yang membudidaya tanaman paprika.

Secara bentuknya, paprika memang menyerupai terong dan cabai akan tetapi rasanya manis dan tidak pedas, terutama jika paprika dibiarkan hingga matang dan berwarna merah. Dan ternyata gaes, cara menanam paprika juga mudah, dan tidak berbeda jauh ketika menanam cabai.

HPT atau hama penggangu tanaman yang sering mengganggu tanama paprika, sebagian besarnya juga sama seperti HPT yang mengganggu tanaman cabai, sehingga secara otomatis penanggulangannya juga sama.

Manfaat Paprika Untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi yang ada pada buah paprika ternyata cukup banyak gaes, dan yang paling menonjol salah satu adalah vitamin C nya. Dan mengutip ALoDokter, berikut ini beberapa manfaat paprika yang perlu untuk Anda ketahui:

  • Paprika dapat membantu memelihara kesehatan mata.
  • Paprika dapa mencegah anemi atau kekurangan zat besi dalam darah.
  • Paprik dapat membantu mengurangi peradangan.
  • Paprika dapat menurunkan risiko kanker.
  • Paprika dapat menurunkan berat badan.
  • Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Perbedaan paprika merah, paprika hijau dan paprika kuning

Ada beberapa sumber seperti misalnya https://dispertan.bantenprov.go.id yang mengatakan bahwa antara paprika hijau, paprika merah dan paprika kuning, ternyata masih dihasilkan dari jenis paprika yang sama, dan juga dari pohon paprika yang sama. Karena perbedaan warna tersebut hanya dikarenakan pada proses pematangannya saja.

Misalnya paprika hijau adalah kondisi buah paprika yang masih muda dengan rasa yang cenderung pahit, kemudian akan berubah menjadi kucing dengan rasa yang lebih manis, kemudian akan berubah lagi menjadi paprika merah dengan rasa yang paling manis karena sudah matang sempurna.

Akan tetapi ada juga orang yang mengatakan bahwa merka menanam paprika ketika masih mentah berwarna hijau, kemudian berubah menjadi ketika sudah matang dan tidak menjadi kuning terlebih dulu.

Harga Bibit Paprika

Meskipun bukan berasal asli dari Indonesia, namun harga benih paprika ternyata saat ini sudah cukup murah dan terjangkau dan bahkan dengan Rp 10 ribuan rupiah Anda sudah dapat beberapa butir biji benih paprika merah.

Atau, jika Anda memang sering berbelanja buah paprika segar, Anda bisa memilih paprika merah dan kemudian mengambil bijinya untuk di tanam langsung.

5 Rekomendasi Bibit Paprika Terbaik

Dan berikut ini sudah BestList pilihkan untuk Ada, beberapa rekomendasi bibit paprika terbaik dari penjual yang sudah terpercaya di marketplace Lazada ataupun Shopee.

1. Paprika F1 Red Star – Bibit Paprika Merah

bibit paprika merah red star

Dapatkan bibit paprika terbaik di:

LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Rekomendasi benih paprika terbaik yang pertama adalah Red Star yang berikut ini yang diproduksi oleh PT Known You Seed Indonesia yang merupakan sebuah perusahaan benih yang berasal dari Taiwan, yang saat ini memiliki cabang di Magelang – Jawa Tengah.

Terlepas dari apakah memang perbedaan antara paprika hijau, kuning dan merah hanya terletak pada vase pematangannya saja, tapi faktanya PT Known You Seed Indonesia menjual benih paprika yang berbeda-beda warna, salah satunya paprika merah F1 Red Star ini.

Baca juga:

Benih Terong Ungu.

Benih Timun Jepang.

Benih Selada Keriting.

2. Paprika F1 Beauty Bell – Bibit Paprika Hijau

bibit paprika hijau beauty bell
LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Rekomendasi yang kedua masih dari merk yang sama yakni KYS atau PT Known You Seed Indonesia, yang pada Beauty Bell F ini merupakan jenis paprika hijau. Dan paprika hijau seperti ini merupakan jenis paprika yang paling banyak beredar di pasaran selain yang berwarna merah.

Paprika hijau sering dijadikan sebagai bahan pelengkap untuk resep masakan seperti ayam tumis paprika hijau, ditumis dengan brokoli, dan lain-lain.

3. Paprika F1 Golden Star – Bibit Paprika Kuning

bibit paprika kuning golden star
LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Sesuai dengan namanya yang mengandung kata Golden yang berarti keemasan, paprika ini adalah paprika kuning yang mana jika dibandingkan dengan paprika hijau dan merah, maka paprika kuning lah yang memiliki warna paling mencolok.

Harga benih paprika kuning merk PT Known You Seed Indonesia ini dibanderol sama seperti benih paprika warna lainnya yakni Rp15 ribuan untuk satu bungkus kemasan 1 gram yang berisi sekitar 15 butir biji paprika kering.

Baca juga:

Benih Bayam Brazil.

Bibit Sawi Pakcoy.

Benih Kangkung Darat.

4. Paprika F1 Purple Star – Bibit Paprika Ungu

bibit paprika ungu purple star
LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Paprika ungu merupakan paprika yang paling jarang bisa kita temukan di pasaran, hal tersebut terjadi karena memang kebanyakan petani hanya menanam paprika hijau, merah dan kuning saja. Dan jika Anda ingin menanam benih paprika ungu ini, Anda bisa membeli benih merk PT Known You Seed Indonesia yang satu ini.

5. Paprika F1 Orange Bell – Bibit Paprika Orange

bibit paprika orange bell
LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Yang kelima atau yang terakhir adalah paprika orange yang bisa untuk Anda tanam sebagai pelengkap atau variasi lainnya dari tanaman paprika-paprika yang suda Anda tanam. Terlebih lagi warna paprika orange seperti jeruk yang akan berfungsi sebagai tanaman hias juga ketika sudah berbuah.

Mengapa Bibit benih Paprika Impor Semuanya?

Hingga saat ini memang bibit paprika impor semuanya (kebanyakan), karena memang perusahaan-perusahaan penyedia bibit atau benih lokal belum terlalu tertarik untuk mengembangkan bibit paprika. Dan hal tersebut kemungkinan karena minat petani dan juga permintaan pasar paprika di Indonesia tidak terlalu tinggi.