buku self improment terbaik

10+ Rekomendasi Buku Self Improvement Terbaik Yang Layak Dibaca

Diposting pada

Buku self improvement termasuk jenis buku yang cukup banyak peminatnya karena dapat memotivasi dan menambah semangat pengembangan diri di saat kondisi sedang merasa terpuruk dan berkurang atau bahkan hilang semangat hidup. Selain nasehat dan motivasi dari orang ustadz atau guru ngaji, dan orang- orang terdekat, buku juga bisa menjadi media yang ampuh yang dapat mendongkrak semangat di dalam diri.

Maka dari itu, tidak jarang kemudian seseorang lebih memilih untuk membaca buku dibandingkan jika ia harus meminta saran kepada orang lain. Hal itu juga berlaku jika orang tersebut merasa malu untuk menceritakan masalah yang sedang ia hadapi.

Karena tidak semua orang bisa dengan mudahnya menceritakan apa yang sedang ia alami kepada orang lain karena berbagai alasan. Terlebih bagi kaum laki-laki yang memang lebih memiliki kecenderungan lebih merasa malu untuk curhat kepada orang lain.

Apakah Buku Self Improvement Itu?

pengertian self improvement

Arti atau pengertian dari istilah self improvement yang seperti yang kami kutip dari situs toko buku online terpercaya gramedia.com adalah segala bentuk upaya, kegiatan, atau tindakan yang diambil untuk meningkatkan kemampuan diri, minat, bakat, potensi, kesadaran diri, keterampilan hingga kualitas kehidupan dengan tujuan agar menjadi lebih baik dari sebelumnya. Self improvement atau pengembangan diri dapat dilakukan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja.

Pada hakikatnya, self improvement memanglah sesuatu yang sudah menjadi tanggung jawab bagi diri individu. Hal itu karena, dalam meningkatkan kualitas dan pengembangan diri, diharuskan adanya kemauan yang berasal dari diri individu tersebut, bukan dari orang lain.

Membaca Buku Self Improvement, Apa Manfaatnya?

Untuk mengetahui manfaat membaca buku self improvement, silahkan Anda tonton video yang berjudul “Kenapa harus baca buku pengembangan diri (self improvement)?” berikut ini yang ada di channel YouTube Handinata Santoso.

Cara Memulai Self Improvement

Tidak usah bingung harus darimana terlebih dulu untuk memulai self improvement, karena hal tersebut bisa Anda mulai dari langkah-langkah yang paling mudah terlebih dahulu. Seperti yang kami kutip dari hellosehat.com, berikut ini beberapa poin-poin penting tentang cara untuk memulainya.

  • Berusaha untuk tidur lebih baik

Kebiasaan buruk seperti menonton film dan bermain gadget hingga larut malam harus dikurangi agar bisa tidur dengan waktu yang cukup yang berdampak langsung pada mood dan juga kesehatan fisik.

  • Lebih peka terhadap sekeliling

Sebelumnya, Anda mungkin tipe orang yang cuek. Akan tetapi, setelah ada peningkatan dalam diri, Anda akan merasa bahwa sikap ini perlu diubah. Pasalnya, untuk meningkatkan diri, Anda harus lebih peka dengan kondisi dan orang-orang di sekeliling.

  • Berbuat baik pada orang lain dan diri sendiri

Selain menjadi pribadi yang lebih ramah, peningkatan diri juga bisa diwujudkan dengan berbuat baik pada orang sekitar. Kenapa? Berbuat baik kepala orang lain membuat perasaan Anda juga jadi lebih baik dan bahagia, bukan? Di samping itu, tindakan ini juga menjadi tanda bahwa Anda bersyukur dengan apa yang Anda miliki dan rasakan.

  • Berdamai dengan diri sendiri dan orang lain

Setiap manusia pasti pernah berbuat salah, termasuk Anda dan orang di sekitar Anda. Setelahnya, Anda pasti merasakan perasaan bersalah dan ada pula yang merasakan kebencian.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa hidup dengan penuh penyesalan, rasa sakit hati, dan kebencian pada diri sendiri maupun orang lain, pada akhirnya akan merugikan diri sendiri.

10+ Rekomendasi Buku Self Improvement

Dan berikut adalah beberapa daftar rekomendasi buku self improvement terbaik versi BestList yang dapat untuk Anda baca, agar mendapatkan semangat dan berbagai motivasi-motivasi positif yang sangat diperlukan dari setiap diri seseorang.

1. Tak Apa-Apa Tak Sempurna (The Gifts of Imperfection)

buku Tak Apa-Apa Tak Sempurna The Gift of Imperfection
gambar buku: shopee.co.id

Buku self improvement terlaris menurut New York Times

  • Deskripsi buku:
  • Judul buku: Tak Apa-Apa Tak Sempurna (The Gifts of Imperfection)
  • Text bahasa : Indonesia
  • Negara : Indonesia
  • Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
  • Penulis : Brene Brown, Ph.D.
  • Jumlah halaman : 248
  • Harga kisaran: Rp 71.500

Buku self improvement karya dari Dr. Brene Brown ini termasuk yang terlaris di New York Times. Dengan jumlah 248 halaman, buku ini mampu mengajak pembaca belajar untuk tidak terlalu mencemaskan pikiran orang lain. Baik itu terhadap diri sendiri atau pun hal lain. 

Jadi, buku ini mengarahkan pembaca agar lebih mencintai diri sendiri dan mengajak untuk menjalani hidup dengan sepenuh hati. Caranya dengan merangkul kerapuhan dan kerentanan, menumbuhkan belas kasih dan keberanian. 

Di dalam buku tersebut disebutkan adanya 10 tiang petunjuk kekuatan hidup. Jika seseorang dapat menjalankannya, maka hidup akan menjadi lebih sehat, bahagia, dan bersyukur.

2. Jika Kita Tak Pernah Baik-Baik Saja

Jika Kita Tak Pernah Baik-Baik Saja
gambar buku: lazada.co.id

Buku self improvement penulis lokal

  • Deskripsi buku:
  • Judul buku: Jika Kita Tak Pernah Baik-baik Saja
  • Text bahasa : Indonesia
  • Negara : Indonesia
  • Penerbit : Gagas Media
  • Penulis : Alvi Syahrin
  • Jumlah halaman : 216
  • Harga kisaran: Rp 93.000

Buku self improvement ini karya dari Alvi Syahrin dengan jumlah halaman sebanyak 208. Buku ini membahas tentang cara bangkit setelah mengalami hal-hal yang menyakitkan. Semua orang tentu pernah mengalami krisis.

Terkadang juga tidak pernah baik-baik saja menerima keadaan, bahkan sering menyalahkan diri sendiri. Buku ini akan membantu pembaca untuk mengenal arti kecewa dan bahagia demi diri sendiri.

Tulisan dari Alvi Syahrin ini juga akan membantu meringankan beban dan kesedihan di hati. Pembaca pun akan mengetahui arti kegagalan dari sudut pandang lain.

Ada 4 bab dalam buku ini, yaitu patah hati dan kehilangan, upaya melepaskan, bahagia yang hilang. Sedangkan, yang terakhir adalah self love. Dari poin-poinnya saja sudah terlihat bahwa setiap masalah tentu ada solusinya.

3. Berani Tidak Disukai

Berani Tidak Disukai
gambar buku: shopee.co.id
  • Deskripsi buku:
  • Judul buku: Berani Tidak Disukai
  • Text bahasa : Indonesia
  • Negara : Indonesia
  • Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
  • Penulis buku : Ichiro Kishimi dan Fumitake Koga
  • Jumlah halaman : 350
  • Harga kisaran: Saat ini tidak tersedia dalam bentuk buku fisik di Gramedia Digital dan untuk membacanya harus daftar layanan berlangganan premium bulanan.

Buku self improvement ini merupakan pemaparan dari filsuf Austria abad ke -19, yaitu Alfred Adler. Isinya tentang bagaimana menjalani hidup melalui percakapan antara seorang filsuf dan pemuda.

Konsep dari buku ini lebih mengajak untuk berdiskusi dan tidak terkesan menggurui. Jadi, pembaca akan merasa nyaman dan membuka wawasan tentang bagaimana penerimaan diri.

Buku ini terdiri dari 5 bab yang mampu mengajarkan bagaimana seseorang mampu menentukan arah hidup. Selain itu, menuntun untuk bebas dari trauma masa lalu dan beban ekspektasi orang lain.

Penulis dari buku self improvement ini adalah Ichiro Kishimi dan Fumitake Koga dan sudah ada versi terjemahannya. Total halamannya ada 323 dan pertama kali terbit di Jepang pada tahun 2016.

4. You Do You

You Do You
gambar buku: radiopinguinfm.com

Baru 4 bulan saja, buku ini sudah terjual lebih dari 10 ribu eksemplar. Penulis buku ini adalah Fellexandro Ruby yang dikenal sebagai food photographer pada sebuah agency di Jakarta.

Buku self improvement ini menekankan bahwa self-awarenes itu penting sebagai langkah awal dalam proses pencarian ikigai. Ikigai ini merupakan filosofi yang cukup lama lahir di Jepang.

Konsep ini lebih mendalam daripada passion yang seringkali dijadikan acuan ketika ingin melakukan sesuatu. Ikigai sendiri memiliki arti sebagai sesuatu yang memberikan motivasi hidup secara berkelanjutan.

Meskipun konsep tersebut cukup rumit, tetapi Fellexandro mampu mengemasnya menjadi bacaan yang mudah di pahami. Jadi, pembaca dapat mengikuti perencanaan berkarir melalui konsep ikigai dengan mudah.

5. Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat

Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat
gambar buku: shopee.co.id

Pendekatan yang waras dengan menjalani hidup yang baik

Buku self improvement ini masuk dalam daftar best seller New York Times dan Washington Post. Dari judulnya saja tentu akan membuat orang penasaran dengan isinya.

Penulis mengajak pembaca untuk membuka pikiran bahwa terdapat hal-hal yang tidak perlu dipersoalkan dalam hidup. Gagasan dan argumentasi dalam buku ini sangat lugas dan terstruktur.

Apalagi dilengkapi dengan cerita-cerita pengalaman hidup. Bukan hanya tentang hidup penulisnya, melainkan juga kisah nyata dari beberapa tokoh. Diantaranya seperti Charles Bukowski, William James, dan Dave Mustaine.

Buku ini sangat cocok bagi seseorang yang membutuhkan semangat bangkit dari titik terendah. Nantinya akan diajak untuk memahami makna hidup dan apa saja yang layak diperhatikan.

6. Brave

buku Brave

Tips untuk sukses dalam pekerjaan, cinta dan kehidupan

Buku self improvement ini terdiri dari 5 bab yang mengajak pembaca untuk lebih berani dalam menghadapi kehidupan. Diantaranya seperti melawan ketakutan dan mulai percaya dengan intuisi.

Bab 1 mengupas tentang apa saja yang dibutuhkan untuk hidup dengan berani. Di dalamnya terdapat 10 sub-bab. Bab 2 membahas tentang bagaimana caranya untuk bisa berbicara dengan berani.

Dalam bab 2 tersebut terdiri dari 11 pembahasan yang dapat pembaca jadikan acuan. Sedangkan bab 3 membahas tentang bagaimana cara melihat resiko dari keberanian. Tentunya harus menyesuaikan dengan potensi yang dimiliki.

Untuk bab 4 dan 5 mengajarkan cara tentang menjadi tangguh dan bagaimana mengejar mimpi dengan ambisi besar. Buku self improvement ini sangat cocok untuk membantu meraih kesuksesan.

7. Breakthrough!

buku breakthrough
gambar buku: ebooks.gramedia.com
  • Deskripsi buku:
  • Judul buku: Breakthrough!
  • Bahasa : Indonesian
  • Negara : Indonesia
  • Penerbit : Elex Media Komputindo
  • Penulis : Muk Kuang
  • Jumlah halaman : 143
  • Harga kisaran: Rp 36.300

Buku self improvement yang satu ini cukup tipis yaitu hanya 143 halaman, tetapi mampu membuka pikiran pembaca untuk lebih semangat berusaha. Sebab, jika tidak melakukan lebih dalam hidup, maka yang didapatkan hanya itu-itu saja.

Setiap orang tentu pernah mengalami kegagalan, sehingga seringkali meratapi nasib, mengeluh, dan menyesali kehidupan. Bahkan, terkadang malah menyalahkan orang lain.

Ketika sedang dalam masa itu, maka lakukanlah sesuatu dan bukan hanya menggerutu. Selain itu terus lanjutkan hidup dengan harapan dan bukan dengan ratapan.

Sebab, orang-orang yang berhasil dalam hidupnya bukan berarti tidak mengalami kesulitan. Akan tetapi, mau melakukan breakthrough atau terobosan untuk kesulitan yang ada.

8. Berdamai dengan Diri Sendiri

Berdamai dengan Diri Sendiri
gambar buku self improvement: bukukita.com

Tips cara menerima diri apa adanya

  • Deskripsi buku:
  • Judul buku: Berdamai dengan Diri Sendiri
  • Bahasa : Indonesia
  • Negara : Indonesia
  • Penerbit : Psikologi Corner
  • Penulis :Muthia Sayekti
  • Jumlah halaman : Tidak disebutkan
  • Harga kisaran: Rp 80.325

Buku self improvement ini ditulis oleh Muthia Sayekti dengan jumlah halaman 216. Buku ini mengajak pembaca untuk menerima apa pun yang Tuhan berikan, baik itu berupa kelebihan atau kekurangan.

Masih banyak sekali orang yang terlalu sibuk dalam pencarian jati diri dan merasa penuh kekurangan. Padahal dalam diri masing-masing telah tersemat berbagai kelebihan yang memiliki potensi besar.

Dengan berdamai dengan diri sendiri, maka menjalani kehidupan yang penuh tuntutan ini akan lebih tenang. Sebab, konflik batin seringkali membuat seseorang merasa terpuruk dan putus asa.

Buku ini sangat cocok bagi orang yang sudah merasa putus asa dalam meraih mimpi. Bahasa dalam buku ini juga cocok bagi para remaja, sehingga pesan yang ada mudah tersampaikan.

9. Atomic Habits

buku atomic habits
gambar: gramedia.com

Tips cara mudah membentuk kebiasaan baik dan menghilangkan kebiasaaan buruk

  • Deskripsi buku:
  • Judul buku: Atomic Habits
  • Bahasa : Indonesia
  • Negara : Indonesia
  • Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
  • Penulis :James Clear
  • Jumlah halaman : 356
  • Harga kisaran: Rp 97.900

Penulis dari buku self improvement ini adalah James Clear, sebanyak 356 halaman. Buku ini termasuk yang terlaris di Gramedia Indonesia. Isinya mengajarkan tentang cara membangun kebiasaan baik.

Nyatanya, sesuatu yang kecil bisa berdampak besar pada kehidupan seseorang. Perubahan-perubahan kecil akan menjadikan sesuatu hal yang luar biasa. Caranya dengan melakukannya secara rutin dan telaten.

Menurut penelitian, kebiasaan baru akan terbentuk setelah 20 sampai 60 hari. Membiasakan hal-hal kecil memang lebih baik daripada berambisi memulai hal besar. Sebab, kebiasaan tersebut nantinya tidak akan mudah hilang.

Dalam buku ini akan menjelaskan mengenai hal tersebut. Selain itu, juga terdapat contoh nyata kebiasaan kecil yang memiliki dampak besar. Dengan begitu, pembaca tidak akan meremehkan lagi hal-hal yang bersifat kecil.

10. Filosofi Teras

buku Filosofi Teras
gambar: bukalapak.com

Buku ini merupakan penjelasan dari filsafat Yunani-Romawi kuno. Filsafat tersebut mampu membantu untuk mengatasi emosi negatif. Selain itu, bisa menghasilkan mental yang tangguh ketika menghadapi masalah hidup.

Dalam buku ini menjelaskan tentang definisi filosofi teras dan penerapannya di kehidupan sehari-hari. Buku self improvement ini bukan menjanjikan cara menghilangkan kesulitan dan tantangan hidup.

Akan tetapi, dapat mengembangkan mental tangguh dan bersikap tenang. Tentunya hal tersebut akan sangat berguna dalam mengarungi kesulitan-kesulitan yang ada.

Buku ini sangat cocok untuk generasi millenial yang ingin menjadikan dirinya lebih tangguh. Selain itu, juga bagus bagi seorang entrepreneur yang ingin meningkatkan kemampuannya.

11. Think and Grow Rich

buku Think and Grow Rich
gambar: ebooks.gramedia.com
  • Deskripsi buku:
  • Judul buku: Think and Grow Rich
  • Bahasa : Indonesia
  • Negara : Indonesia
  • Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
  • Penulis :Napoleon Hill
  • Jumlah halaman : 406
  • Harga kisaran: Rp 75.900

Buku ini berisi resep kesuksesan yang diambil dari 500 lebih orang Amerika yang sukses menggapai kekayaan. Orang-orang tersebut menggapai kesuksesan mulai dari nol.

Dalam buku ini terdapat 13 langkah menuju kesuksesan yang dapat pembaca jadikan acuan. Langkah-langkah tersebut berasal dari 3 faktor utama untuk bisa menggapai kesuksesan.

Diantaranya yaitu motivasi atau dorongan diri, kreativitas dan ketekunan, serta faktor stimulus eksternal. Jadi, sangat cocok bagi orang yang belum tahu cara mewujudkan kesuksesan.

Selain itu, juga untuk seseorang yang pernah gagal dan ingin bangkit kembali. Buku ini ditulis oleh Napoleon Hill dengan halaman sebanyak 294. Buku ini sangat laris di pasaran, sehingga sudah melakukan cetak ke sekian kalinya.

12. The Power of Habit

buku the power of habit
gambar: bukukita.com

Buku self improvement yang sudah jarang di pasaran

  • Deskripsi buku:
  • Judul buku: The Power of Habit
  • Text bahasa : Indonesia
  • Negara : Indonesia
  • Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
  • Penulis : Charles Duhigg
  • Jumlah halaman : 371
  • Harga kisaran: Rp 79.200

Penulis buku yang penuh dengan pesan-pesan motivasi ini adalah Charles Duhigg yang merupakan seorang reporter investigasi The New York Times. Buku ini hadir dalam 371 halaman dan mampu mengubah pola pikir pembacanya.

Pembaca dapat mempelajari alasan terbentuknya kebiasaan, unsur-unsurnya, dan cara mengubahnya. Dimana kebiasaan tersebut nantinya dapat mempengaruhi kebiasaan seseorang.

Buku ini mengungkapkan temuan ilmiah terbaru yang menjelaskan bagaimana cara perubahan kebiasaan. Mulai dari diri sendiri, komunitas, atau pun masyarakat.

Dengan begitu, pembaca akan bisa memahami dahsyatnya kebiasaan yang merupakan sebagian dari potensi. Buku ini sangat cocok bagi seorang pemimpin atau siapa saja yang ingin mengubah kebiasaannya.

13. The Power of Now

the power of now
gambar: gramedia.com
  • Deskripsi buku:
  • Judul buku: The Power of Now
  • Text bahasa : Indonesia
  • Negara : Indonesia
  • Penerbit : Bhuana Ilmu Populer
  • Penulis : Eckhart Tolle
  • Jumlah halaman : 302
  • Harga kisaran: Rp 73.000

Buku self improvement ini mengajarkan bagaimana cara mengenali diri sebagai pencipta rasa sakit itu sendiri. Selain itu, juga menuntun seseorang untuk mengetahui cara hidup bebas rasa sakit.

Semua orang dapat mengakses diri lebih dalam yang sejati dapat dipelajari. Caranya dengan cara membebaskan dari tuntutan pikiran.  Dengan begitu, bisa menemukan rasa damai, suka cita, dan kepuasan yang mendalam.

Bukan hanya dapat menemukannya, tetapi juga bisa mempertahankan rasa tersebut. Tema utama dari buku ini ialah yakin bahwa manusia bisa berubah dengan kembali ke pusat spiritual.

Misalnya seperti belajar dari masa lalu untuk melihat benang merah dari harapan yang ada. Dengan begitu, akan bisa menjalani kehidupan yang sekarang dengan lebih tenang. 

14. The Book of Overthinking

buku the book of overthinking
gambar: shopee.co.id

Tips cara menghilangkan kekhawatiran

Penulis dari buku ini adalah Gwendoline Smith yang merupakan seorang psikolog dan penulis terlaris. Buku ini hadir dengan bahasa yang jelas dan memiliki konsep sederhana.

Buku self improvement ini akan membantu pembaca untuk memahami dampak overthinking. Selain itu, juga menjelaskan tentang kebenaran kekhawatiran dan cara menghadapi virus pikiran.