merk tensimeter terbaik

7 Tensimeter Digital Terbaik Yang Akurat dan Mudah Digunakan

Diposting pada

Memastikan tekanan darah dalam range yang aman, diperlukan alat ukur tensi atau tekanan darah yang dinamakan tensimeter, dan alat ini bisa dibilang alat yang cukup penting untuk disimpan di rumah. Terlebih lagi saat ini sudah banyak di pasaran tensimeter versi digital yang bisa menjadi salah satu opsi yang paling mudah digunakan yang didukung dengan fitur yang cukup beragam, dan hal tersebut akan membantu monitor tekanan darah Anda yang bisa menjadi salah satu indikator kondisi yang sedang Anda alami.

Meskipun Anda bukanlah seorang dokter atau praktisi kesehatan sekalipun, Anda bisa dengan mudah menggunakan alat pengukur tensi darah seperti ini, dan jika Anda menyimpan alat pengukur ini sendiri di rumah, maka mengontrol kesehatan menjadi lebih mudah Anda lakukan setiap hari, terutama untuk orang yang memang sudah mengalami riwayat penyakit yang masih terkait dengan tekanan darah.

Jadi, daripada Anda repot-repot pergi ke dokter hanya sekedar untuk memeriksakan tekanan darah, akan lebih efisien jika Anda memiliki alat tensimeter sendiri di rumah, gunakan versi digital yang untuk saat ini sudah memiliki tingkat akurasi tinggi.

Fungsi dan cara memilih tensimeter yang bagus

harga tensimeter terbaru

Tensimeter, atau yang lebih tepatnya disebut sfigmomanometer, merupakan alat yang berfungsi untuk mengukur tekanan darah pada tubuh seseorang. Dan mengutip AloDokter, berikut ini beberapa tips cara memilih alat tensimeter yang bagus sebelum Anda membelinya.

Cara menentukan jenis tensimeter

Beragam jenis dan model tensimeter dijual bebas di toko alat kesehatan, apotek, bahkan toko online. Ada tensimeter yang digunakan secara manual (jenis air raksa dan aneroid), dan ada pula jenis tensimeter digital.

Tensimeter manual terdiri dari meteran penunjuk tekanan darah, balon pompa, serta selang yang terhubung dengan manset. Mengunakan tensimeter manual cukup sulit dilakukan oleh orang awam. Oleh karena itu, tensimeter jenis ini sebaiknya dipilih jika di rumah ada tenaga medis atau orang yang bisa melakukan pemeriksaan tekanan darah.

Berbeda dengan tensimeter manual, alat pengukur tekanan darah digital lebih mudah dan praktis digunakan. Setelah manset terpasang di lengan, hanya dengan menekan tombol periksa, manset akan mengembang otomatis, lalu sensor pada tensimeter digital akan membaca tekanan darah dan hasilnya ditampilkan di layar tensimeter.

Cari ukuran manset yang sesuai

Kesalahan umum dalam mengukur tekanan darah adalah ukuran manset yang tidak sesuai dengan lingkar lengan pasien. Jika ukuran manset tidak pas, baik kekecilan atau kebesaran, hasil pengukuran bisa menjadi tidak tepat.

Manset yang terlalu kecil atau terlalu ketat di lengan akan membuat pengukuran tekanan darah menjadi lebih tinggi. Jika manset terlalu longgar, pengukuran tekanan darah akan menjadi lebih rendah.

Pada anak-anak yang ukuran lengannya lebih kecil, atau orang dengan obesitas yang ukuran lengannya lebih besar, dibutuhkan manset khusus yang bisa dipesan di toko peralatan medis.

Pilih alat dengan harga terjangkau

Harga tensimeter yang dijual di pasaran berbeda-beda, tergantung kepada merek dan fiturnya. Beberapa tensimeter yang lebih mahal mungkin menyertakan fitur tambahan yang tidak dibutuhkan oleh pasien. Jadi, pilihlah alat pengukur tekanan darah yang sesuai dengan anggaran serta fitur yang sesuai dengan kebutuhan.

Untuk menentukan jenis tensimeter yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda, konsultasikan ke dokter lebih lanjut.

Harga tensimeter digital

Harga tensimeter terbaru saat ini dibanderol dengan harga yang paling murah mulai dari Rp 100 ribuan dan bisa dengan mudah Anda beli secara online di hampir semua toko online populer yang ada di Indonesia. Jadi Anda tidak perlu lagi mencarinya di Apotik atau toko obat terdekat, karena dengan membeli di Lazada atau Shopee, Anda lebih menghemat waktu dan juga bisa memilih cukup banyak pilihan.

Dan meskipun penggunaannya sudah cukup jarang karena tidak cocok digunakan oleh orang awam, tensimeter manual jenis aneroid (non raksa) dibanderol dengan harga yang lebih murah dan terjangkau karena pada salah satu merk seperti OneMed misalnya hanya dibanderol Rp 70 ribuan.

7 Rekomendasi Merk Tensimeter Digital Yang Bagus

Alat tensimeter digital memang lebih mudah digunakan, dan Anda bisa menyesuaikan budget serta fiturnya. Berikut ini 7 pengukur tekanan darah digital terbaik versi BestList yang mudah digunakan sendiri di rumah dengan pembacaan yang akurat.

1. Taff Omicron B869

tensimeter Taff Omicron B869

Model satu ini sangat mudah digunakan, tepatnya penggunaan di lengan atas dengan standar WHO sehingga dijamin akurat. Anda lebih bebas memeriksa tekanan darah sendiri di rumah karena alat sudah dibekali teknologi Intellisense.

Untuk memeriksa hasil pengukuran, cukup melihat di layar LCD, akan terbaca Sistolik, Diastolik, Denyut Nadi dan Detak Jantung orang yang diperiksa. Ini sangat cocok dibawa kemana-mana, dan fungsi alat juga dijamin akurat.

Anda tidak perlu repot mencatat sendiri hasil pengecekan, karena sudah dilengkapi memori penyimpanan data bagi dua pengguna, sehingga cukup mengukur tekanan darah rutin saja untuk memastikan range aman dan sehat.

Cek harga dan promo di Lazada Cek harga dan promo di Lazada Cek harga dan promo di Shopee Cek harga dan promo di Shopee

2. TECHNU Blood Pressure Monitor CK-102S

tensimeter model gelang TECHNU CK-102S

Tensimeter model gelang yang mudah dipakai

Tensimeter digital ini mudah dibawa serta dipindah-pindah, produk masih tergolong produksi terbaru sehingga sudah dilengkapi teknologi terbaru. Anda tidak hanya bisa mengecek tensi, namun juga mengukur detak jantung sekaligus.

Hasilnya akan terlihat langsung pada display Pulse Number, dan produk yang sekarang adalah penyempurnaan versi pendahulunya sehingga terjamin lebih akurat hasil pengukurannya.

Jauh lebih akurat dari versi sebelumnya! (versi lama harga lebih murah)

Pengukur tensi memang alat yang cukup penting terlebih jika Anda punya masalah kesehatan hipertensi atau sejenisnya, namun penting jika fungsi alat tensi akurat sehingga deteksi pada kesehatan sesuai kondisi aslinya.

Alat ini adalah pilihan tepat untuk tujuan tersebut, sangat efisien dalam mengukur tensi setiap dibutuhkan berkat ukurannya yang mini. Anda sangat mudah menyertakannya ketika bepergian, terlebih penggunaannya mudah sekali.

3. Omron JPN-500 Automatic Blood Pressure Monitor

Omron JPN-500 Automatic Blood Pressure Monitor

Salah satu merek pengukur tensi rumahan paling akurat dan terjangkau di pasaran. Anda tidak perlu banyak skill untuk menggunakannya sendiri, karena produk sudah dilengkapi teknologi IntelliSense, sehingga lebih nyaman memonitor tekanan darah ketika dibutuhkan.

Cuff yang digunakan produk Jepang ini fleksibel, dan keberadaan IntelliSense teknologi membuatnya menyesuaikan posisi lebih tepat. Pengguna tidak perlu khawatir itu terlalu sempit atau terlalu longgar ketika melakukan pemeriksaan.

Kesalahan akibat pemasangan cuff yang kurang tepat sangat minim kemungkinannya dengan tensimeter Omron model ini, sehingga pemantauan tekanan darah lebih akurat dan hasilnya sesuai kondisi asli Anda.

Sudah dilengkapi juga dengan memori penyimpanan untuk hasil pengukuran hingga 60 pemeriksaan terakhir, fitur yang sangat memudahkan pengguna mengetahui kondisi kesehatannya, dan tentu lebih akurat.

4. Hartmann Tensoval Duo Control

Hartmann Tensoval Duo Control

Pemakaian produk ini akan membantu mengukur tekanan darah jauh lebih akurat karena dibekali dengan teknologi dua sensor. Ini memang cukup jarang dalam alat tensi, menerapkan teknologi oscilometric dan Korotkoff akan memberikan hasil optimal.

Model Hartmann yang satu ini banyak juga digunakan oleh professional, namun penggunaan individu di rumah akan menguntungkan. Terlebih orang dengan kondisi irama jantung terganggu, maka deteksi tensi lebih bagus memakai produk tersebut.

Cek harga dan promo di Lazada Cek harga dan promo di Lazada Cek harga dan promo di Shopee Cek harga dan promo di Shopee

5. Elvasense BP680

tensimeter digital Elvasense BP680

Selain menjamin pengecekan tensi yang akurat, model tensimeter ini terkenal unggul karena mampu menyimpan hingga 120 data rekaman pengukuran sebelumnya, itu bahkan bisa digunakan oleh dua orang sekaligus memorinya.

Jadi sangat pas jika Anda membutuhkan alat tensi untuk memantau tekanan darah setiap hari karena tidak perlu repot mencatat setiap dilakukan pemeriksaan. Ini juga bisa langsung dihubungkan dengan ponsel untuk keperluan lain.

6. Tensimeter Omron HEM 8712

tensimeter digital Omron HEM 8712

Model lain dari merek Omron ini cocok digunakan untuk mendeteksi kondisi tensi dengan penggunaan di lengan. Produk yang sangat mudah juga digunakan dan hasil pengecekan juga akurat.

Cuff model satu ini punya indikator guna memastikan Anda memasangnya sudah tepat sehingga pengukuran dipastikan lebih akurat. Pembacaan pada alat tensi juga akan menunjukkan tekanan darah, gerakan tubuh, dan hasil pengukuran terakhir.

Telah dilengkapi dengan Intellisense Teknologi terbaru, maka hasil pengecekan akan lebih sesuai kondisi tubuh pengguna. Anda tidak perlu repot menyesuaikan cuff karena alat bekerja sendiri memompa hingga mencapai tingkat ideal.

7. Taff Omicron RAK 289

Taff Omicron RAK 289

Alat tensi ini juga sudah sesuai standar WHO sehingga hasil pemeriksaan tekanan darah pasti akurat. Terlebih sangat mudah menggunakannya sendiri, dan mampu sekalian mengecek detak jantung.

Sphygmomanometer hanya perlu dipasang pada lengan tangan, kemudian akan terlihat hasil setelah beberapa saat pada LCD. Produk ini cocok sekali bagi keluarga dengan kecenderungan hipertensi sehingga bisa mengontrol tekanan darah aman.

Penderita gangguan tekanan darah memang lebih baik menyediakan sendiri alat pengukur dan mengecek kondisinya sendiri dirumah. Itulah mengapa menyiapkan alat pengukur tekanan darah digital dengan akurasi tinggi tidak akan merugikan Anda.

Cek harga dan promo di Lazada Cek harga dan promo di Lazada Cek harga dan promo di Shopee Cek harga dan promo di Shopee

Alat tensimeter manual apakah masih ada di pasaran?

tensimeter manual Aneroid OneMed

Alat tensimeter manual di pasaran masih cukup mudah ditemukan baik tipe yang menggunakan air raksa ataupun tipe non air raksa (aneroid). Akan tetapi alat ini tidak cocok digunakan oleh kalangan awam karena membutuhkan pengaturan yang tidak semudah yang jenis digital.

Salah satu merk tensimeter manual terbaik yang masih memiliki penjualan yang cukup baik adalah Aneroid OneMed. OneMed Aneroid Sphygmomanometer adalah sebuah alat tensimeter aneroid atau yang disebut juga sebagai tensimeter jarum yakni sejenis alat pengukur darah manual.

Meskipun alat pengukur tekanan darah jenis manual seperti ini saat ini kurang diminati, tapi ternyata tidak sedikit petugas medis yang hingga saat ini masih suka untuk menggunakannya. Ha tersebut terbukti dari masih cukup larisnya penjualan alat ini.

Harga tentimeter Aneroid OneMed dibanderol lebih murah dari yang jenis digital karena dapat Anda beli seharga dibawah Rp 100 ribuan, dan kebanyakan seller menjualnya di kisaran harga Rp 70 ribuan.

Cek harga dan promo di Lazada Cek harga dan promo di Lazada Cek harga dan promo di Shopee Cek harga dan promo di Shopee