bibit kecipir terbaik

5 Bibit Kecipir Terbaik, Kecipir Hijau dan Ungu

Diposting pada

Rekomendasi bibit kecipir unggul. Kecipir cukup populer dimasak tumis atau oseng-oseng dan juga direbus, dan ternyata kecipir juga memiliki manfaat yang cukup banyak untuk kesehatan. Padahal banyak anak-anak muda zaman now yang tidak menyukai sayuran ini karena dianggap memiliki rasa yang pahit.

Padahal jika ditanam dengan baik, dan juga diolah atau dimasak dengan benar, rasa kecipir tidaklah pahit dan bahkan memiliki sensasi rasa yang manis, dan sangat jauh berbeda dengan buah atau sayur pare yang memang memiliki sensasi rasa yang pahit.

Tanaman kecipir cukup mudah untuk ditanam dan tidak memerlukan perawatan khusus, dan bahkan bisa juga ditanam pada polybag atau planter bag yang berukuran besar, dan dalam waktu kurang dari 3 bulan, kecipir biasanya sudah dapat mulai berbuah.

Manfaat kecipir untuk kesehatan

manfaat kecipir untuk kesehatan
manfaat kecipir: health.grid.id

Mengutip orami.co.id, sayuran kecipir yang sering dipandang sebelah mata oleh para anak-anak muda zaman now ini ternyata memiliki cukup banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, yang beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Menjaga sistem saraf agar tetap sehat.
  • Mencegah gejala asma atau sesak napas.
  • Membatu mencegah diabetes.
  • Meningkatkan kekebalan dan melawan pilek.
  • Kecipir baik untuk sistem pencernaan.
  • Kecipir dapat mencegah asam urat.
  • Kecipir dapat membantu tubuh mengurangi peradangan atau inflamasi.
  • Membantu mengatur suasan hari dan siklus tidur.
  • Kecipir dapat membantu mencegah penuaan dini.
  • Kecipir dapat menjaga kesehatan mata.
  • Kecipir dapat mencegah anemia dan penyakit jantung.

Dan untuk memudahkan Anda dalam berkebun dan mendapatkan bibit atau benih kecipir, berikut ini rekomendasinya, yang bisa Anda tanam untuk pertanian skala besar, atau untuk pertanian skala rumahan saja.

5 Rekomendasi Bibit Kecipir Terbaik

Dan berikut beberapa rekomendasi bibit kecipir yang bisa untuk Anda tanam di halaman rumah ataupun untuk pertanian skala besar.

1. Bibit Kecipir Zhafira IPB

bibit kecipir zhafira ipb
CEK PROMO DI LAZADA CEK PROMO DI LAZADA CEK PROMO DI SHOPEE CEK PROMO DI SHOPEE

Rekomendasi benih atau bibit kecipir yang pertama adalah merk Zhafira IPB, yang merupakan jenis kecipir hijau yang berukuran kecil atau sedang yang selama ini sudah banyak di budidaya di Indonesia. Bibit ini berupa benih biji atau yang biasa disebut sebaga botor, dan dalam 1 bungkus yang berisi sekitar 50 benih biji ini bisa Anda beli seharga Rp 15.000.

Dikarenakan benih kecipir ini diproduksi oleh IPB, yang notabene perusahaan penyedia benih terpercaya, jika Anda ingin menanam kecipir untuk skala besar, Anda bisa menggunakan benih ini.

Baca juga:

Bibit Timun Lalap.

Bibit Okra Merah.

2. Fairuz IPB – Bibit Kecipir Hijau

bibit kecipir fairuz ipb
LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Yang satu ini masih diproduksi oleh IPB, meskipun masih sama-sama jenis kecipir hijau, akan tetapi untuk beni Fairuz ini akan dapat menghasilkan buah kecipir dengan ukuran yang lebih kecil dari bibit kecipir Zhafira, dan untuk warna juga lebih hijau muda.

Harga bibit ini juga masih sama seperti yang diatas, yakni mulai dari Rp 15 ribuan per bungkus, namun di pasaran ketersediaan bibit kecipir Fairuz IPB sudah tergolong jarang, dan yang lebih mudah didapatkan adalah bibit Zhafira IPB.

3. Bibit Kecipir Merpati Seed

benih kecipir roji merpati seeds
LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Yang selanjutnya ada benih cipir yang diproduksi oleh Merpati Seed yang juga masih merupakan jenis kecipir hijau. Harga benih cipir merk Merpati Seed lebih mahal dari merk IPB karena dibanderol dengan haurga Rp 11.000 untuk kemasan 1 bungkus sachet isi 15 butir benih.

Apakah benih ini benih kecipir panjang? untuk ukuran panjang dari kecipir ini memiliki ukuran rata-rata panjang yang sama dengan jenis kecipir lokal lainnya.

4. Bibir Kecipir Ungu Sandi IPB

benih kecipir ungu ipb
LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Sudah pernah lihat kecipir ungu? ternyata memang beneran ada meskipun budidaya kecipir ungu seperti ini masih sangat jarang di Indonesia.

Kecipir ungu seperti ini disebut-sebut memiliki kandungan antioksida alami yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis kecipir hijau.

Bibit kacang ungu Sandi dari IPB ini merupakah jenis kecipir genjah yang dapat cepat berbuah dalam hitungan 1,2 bulan atau 3 bulan sejak ditanam.

Kecipir ungu ini cocok ditanam di pekarangan rumah, dan meskipun bisa saja ditanam dalam skala besar, akan tetapi faktanya di pasaran kecipir ungu memang kurang disukai oleh konsumen. Terlepas dari manfaat kecipir ungu yang sebenarnya lebih banyak jika dibandingkan dengan kecipir hijau.

5. Bibit Kecipir Unggul Dalring-01 Wiranusa

benih kecipir darling 01 wiranusa
LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Rekomendasi bibit benih kecipir yang terakhir dari BestList adalah Darling-01 yang diproduksi oleh Wiranusa. Nama darling-01 ini memang cukup unik dan lucu, karena jika dalam bahasa inggris arti darling adalah sayang, dan ini digunakan untuk menamai varietas bibit kecipir.

Darling-01 ini merupakan jenis bibit kecipir unggul, yang cocok dibudaya dan ditanam untuk kebutuhan pertanian skala besar.

Bibit Kecipir Panah Merah Apakah Ada?

Sepertinya tidak ada, atau bisa saja dulu pernah ada, akan tetapi sudah sejak lama dari pihak cap Panah Merah tidak memproduksinya lagi. Dan bibit cap Panah Merah merupakan salah satu merk perusahaan penyedia bibit tanaman yang sudah cukup terpercaya, dan banyak dijadikan andalan oleh para petani di Indonesia.

Terkait bibit kecipir ini yang paling banyak memproduksinya hanya IPB, dan selain varietas yang sudah BestList rekomendasikan diatas, sebenarnya masih ada juga yang lainnya seperti kecipir Melody IPB.

Rekomendasi lainnya:

Bibit Cabe Rawit Hijau Yang Bagus.

Bibit Tomat Hitam.

Benih Terong Hijau.