7 Resep Infused Water Terbaik Untuk Diet, Ibu Hamil, DLL

Diposting pada

Hanya bermodalkan do’a dan buah atau sayuran Anda bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat dengan cara membuat infused water. Pada dasarnya semua buah dan sayuran memang bisa dibuat infused water, akan tetapi dengan menggunakan resep infused water tertentu khasiatnya akan dapat lebih maksimal.

Pada kesempatan kali ini BestList ingin berbagi beberapa resep infused water terbaik yang banyak digalakkan oleh Dr Zaidul Akbar yang bisa digunakan sebagai usaha atau ikhtiyar untuk menjadikan tubuh menjadi lebih sehat secara alami dan juga aman, serta dengan biaya yang murah.

Meskipun hasil atau manfaat dari rutin minum air infus ini tidak cepat terlihat, tapi paling tidak kita mencegah dari penyakit datang, atau menyebuhkan penyakit secara perlahan dan tidak membuatnya menjadi parah.

Seperti slogan atau pepatah tentang kesehatan yang berbunyi “mencegah lebih mudah daripada mengobati” Mungkin pepatah tersebut sangat cocok ditujukan untuk setiap orang yang rutin mengkonsumsi air infus.

Manfaat infused water

resep infused water terbaik
resep infused water terbaik, gambar: cosmopolitan.co.id

Infused water adalah jenis minuman yang mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang dibuat menggunakan campuran air mineral dengan berbagai macam potongan buah-buahan segar, sayuran, herbal, atau rempah-rempah.

Mengutip tulisan artikel yang ada di situs HelloSehat, berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari meminum infused water.

  • Menurunkan berat badan
  • Mencegah penuaan kulit
  • Untuk detoks atau membuang racun dalam tubuh
  • Hidrasi tubuh sebagai pengganti air putih biasa
  • Cara sehat dan mudah minum vitamin
  • Membantu melancarkan sistem pencernaan

Cara membuat infused water yang baik

cara membuat infused water yang baik
cara membuat infused water, gambar: hellosehat.com

Meskipun infused water mengandung banyak manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan, namun jika proses pembuatan dan juga penyimpanannya tidak benar malah bisa berpotensi menimbulkan dampak buruk untuk kesehatan.

  • Pergunakan wadah yang baik

Wadah yang baik yang kami maksud disini adalah terbuat dari bahan kaca, atau jika menggunakan botol plastik kualitas buruk terlebih menggunakan air panas untuk memulai membuatnya, maka hal tersebut dapat mengeluarkan zat kimia plastik dan bercampur dengan airnya.

Jika memang tidak bisa memastikan botol atau wadah yang dipergunakan bukan terbuat dari jenis plastik yang baik seperti salah satunya yang berlabel BPA Free, lebih baik menggunakan gelas kaca biasa yang ditutup rapat dan hal ini jauh lebih aman.

  • Jangan minum infused water setelah 12 jam

Menurut para pakar kesehatan seperti dr. Zaidul Akbar misalnya, masa atau durasi pembuatan air infus seperti ini adalah minimal 6 jam dan maksimal 12 jam jika tidak dimasukkan kedalam kulkas atau lemari pendingin.

Apa yang terjadi ketika meminum infused water yang sudah lebih dari 12 jam?, hal tersebut dapat berdampak tidak baik karena dikhawatirkan sudah ada bakteri yang mulai berkembang.

7 Rekomendasi Resep Infused Water Yang Baik Untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa resep infused water yang bisa bermanfaat untuk ibu hamil, diet, kolesterol, asam lambung, dan detox tubuh atau membuang racun dan membersihkan usus.

Dan perlu diperhatikan bahwa, ketika membuat air infused tidak usah terpaku hanya pada 1 jenis bahan yang terbuat dari buah atau sayur yang itu-itu saja tapi usahakan dalam setiap hari ganti.

1. Infused Water Untuk Ibu Hamil

infused water untuk ibu hamil
gambar: cookpad.com

Beberapa buah yang bisa dijadikan sebagai infused water untuk ibu hamil diantaranya adalah Lemon, Jambu biji, Anggur, Pir, Delima, Mentimun, Strawberry, daun mint, lidah buaya, dan lain-lain.

Bahan-bahan tersebut bisa juga dicampur pada setiap pembuatannya seperti misalnya mentimun dengan lemon, mentimun dengan strawberry, atau yang lainnya, dan usahakan agar setiap hari selalu berganti-ganti jenis buah atau bahannya.

Dan ada juga 2 minuman yang selalu disarankan oleh Dr Zaidul Akbar agar selalu diminum setiap hari untuk ibu hamil yakni 1 sendok makan madu dan 1 sendok makan minyak zaitun sampai dengan bayinya lahir.

2. Infused Water Untuk Diet

infused water untuk diet
gambar: yummy.co.id

Untuk Anda yang merasa sudah memiliki berat badan yang melebihi ideal atau hampir melebihi, Anda bisa mencoba untuk membuat resep air infused untuk diet dengan beberapa bahan-bahan seperti berikut ini:

1 buah apel, 1 buah mentimun, 1 buah lemon, dan 3 batang seledri, kemudian kesemuanya dimasukkan atau dicampur kedalam air 1,5 liter. Atau bisa juga untuk bahan tambahan lainnya ditambah lagi dengan kayu manis.

3. Infused Water Untuk Asam Lambung

 air infus untuk asam lambung
gambar: kumparan.com

Penyakit maag, asam lambung atau pada kondisi yang lebih parah disebut sebagai GERD (gastroesophageal reflux disease) cukup banyak diderita oleh orang-orang di masa sekarang. Dan salah satu resep infused waternya adalah sebagai berikut:

Dan resep berikut ini merupakan resep ala Dr Zaidul Akbar yang sudah pernah dipublikasi di Instagram @dr.zaidulakbar.resep.

Bahan-bahan yang dipergunakan hanya terdiri dari kurma 3-5 butir, jahe sebesar jempol orang dewasa, dan air 300-500 ml. Untuk jenis kurma bisa menggunakan jenis apa saja, tapi yang paling bagus bisa menggunakan kurma ajwa yang merupakan jenis kurma terbaik.

Cara membuatnya buah kurma dipenyet dan dimasukkan beserta dengan bijinya, sedangkan untuk jahe nya bisa digeprek dan dimasukkan ke air langsung. Dan yang digunakan harus jahe segar dan bukan jahe bubuk instan.

4. Untuk Kolesterol Tinggi

infus kunyit
gambar: cookpad.com

Resep infused water untuk kolesterol tinggi berikut ini juga merupakan resep yang direkomendasikan oleh Dr Zaidul Akbar. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya juga mudah didapatkan yakni ketumbar setengah sendok teh, kunyit dan jahe merah masing-masing sebesar jempol orang dewasa, dan air 300-600 ml.

Kombinasi bahan-bahan tersebut memiliki khasiat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah (LDL), sebagai zat anti kanker, anti radang, dan lain-lain.

5. Infused Water Untuk Imunitas

Pada dasarnya hampir semua jenis buah-buahan secara alami sudah mengandung nutrisi yang dapat membantu tubuh meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. Akan tetapi dikarenakan kadar kandungan nutrisi antara buah yang satu berbeda dengan buah yang lain, agar lebih maksimal memilih dan mengkombinasikannya dengan beberapa buah tertentu dapat memberikan hasil yang baik.

Terkait infused water untuk daya tahan tubuh, buah lemon, buah jeruk nipis, dan madu ternyata menjadi salah satu kombinasi yang bagus. Seperti yang BestList kutip dari Kompas Health yang juga mengambil dari sebuah buku karya Ayu Bulan Febry K.D., S.KM yang berjudul “Jus & Infused Water Buah-buahan: Ampuh Tuntas Penyakit, Awet Muda dan Langsing” yang sudah diterbitkan sejak tahun 2014 silam.

Resep untuk membuat air infused yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh ini adalah 2 buah lemon, 2 buah jeruk nipis, 1 sendok teh madu, dan 1 liter air putih. Kemudian dibiarkan minimal 6 jam dan maksimal 12 jam.

6. Untuk Tekanan Darah Tinggi

Secara medis, tekanan darah tinggi atau hipertensi yang tidak tidak terkontrol dan berlangsung lama bisa memicu penyakit berat seperti stroke. Dan hal tersebut dikarenakan pembuluh darah otak yang mengeras sehingga aliran darah menjadi tidak lancar.

Salah satu air infus yang dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi secara alami adalah infused water semangka dan kurma dengan takaran 9 butir kurma beserta bijinya, 1 potong semangka, dan 1 liter air putih. Resep ini juga direkomendasikan oleh Dr Zaidul Akbar seperti yang ada pada Instagram @zaidulakbar.

Cara membuat infused water untuk tekanan darah tinggi ini adalah sbb:
  1. Rendam semangka dengan air cuka atau garam selama 15 menit untuk mengeluarkan pestisida. Kemudian potong-potong agak besar.
  2. Masukkan potongan semangka, kurma, dan air kedalam wadah tertutup. Rendam selama minimal 6 jam dan maksimal 12 jam.

Selain dapat menurunkan tekanan darah, resep air infus ini dapat melancarkan sistem pencernaan, menyehatkan kulit dan juga menjadi tubuh lebih fit.

7. Untuk Mengatasi Jerawat

Hampir semua jenis buah dan sayur diatas sebenarnya sudah mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan, oleh karena itu kesemuanya bisa dijadikan untuk membuat air infused untuk jerawat.

Seperti yang sudah dipublikasikan di situs Liputan6.com, sedikitnya ada 6 resep yang bisa digunakan yakni infuse water lemon, mentimun, daun mint, jeruk dan strawberry, apel dan kayu manis, dan daun basil.

Kesimpulan:

Infused water dapat dibuat dari berbagai jenis buah dan sayuran segar termasuk yang tidak kami sebutkan diatas. Dan perlu digarisbawahi bahwa ketika membuatnya tidak usah terpaku hanya pada satu jenis saja, melainkan harus menggunakan bahan yang berganti-ganti agar kandungan nutrisi yang ada pada buah atau sayuran tersebut dapat saling melengkapi pada tubuh kita.

Baca juga rekomendasi:

Botol Infused Water Yang Bagus.