7 Beras Shirataki Terbaik Untuk Diet Sehat

Diposting pada

Untuk orang yang sedang menjalani program diet ketat yang harus benar-benar mengontrol setiap asupan kalori yang di konsumsi, biasanya orang tersebut akan berhenti mengkonsumsi nasi. Akan tetapi untuk saat ini, orang yang sedang diet pun tetap bisa memakan nasi asalkan nasi yang di masak tersebut berasal dari beras shirataki.

Karena tidak dapat kita pungkiri bagi orang yang sudah sejak kecil terbiasa menjadikan nasi sebagai makanan pokoknya, akan merasakan hal yang sangat kurang ketika ia harus tidak memakan nasi sama sekali. Ia akan merasa seperti belum makan, dan terkadang merasa lebih cepat merasa lapar meskipun baru sebentar ia makan.

Dan dengan kehadiran beras Shirataki ini tentu saja bisa menjadi solusi terbaik bagi siapa yang ingin menjalankan program diet dengan rasa yang nyaman dan tetap sehat serta tidak merasa tersiksa karena harus terlalu menahan lapar setiap hari.

Beras Shirataki Itu Apa?

beras shirataki terbaik

Beras shirataki adalah beras yang berasal dari jepang yang sebenarnya adalah beras hasil rekayasa yang di buat dari tepung konyaku yang merupakan jenis tanaman umbi-umbian atau iles-iles atau porang yang pada awalnya banyak tumbuh di dalam hutan.

Jadi jika Anda bertanya apakah ada tanaman padi varietas shirataki yang menghasilkan beras shirataki, maka jawabannya adalah tidak ada, karena beras ini bukanlah beras yang berasal dari tanaman padi yang ada di sawah akan tetapi beras yang di buat di dalam mesin modern di sebuah pabrik di Jepang.

Alasan mengapa porang atau iles-iles dibuat menjadi beras ini adalah karbohidrat pada porang sangat rendah kalori sehingga sangat cocok untuk orang yang sedang mengatur pola makan untuk menjaga kesehatan termasuk dalam program sehat.

Terlebih lagi, karena beras ini murni terbuat dari tepung konyaku atau tepung porang yang notabene tidak mengandung gluten, maka bagi orang yang mengidap alergi atau memiliki penyakit yang intoleran terhadap gluten bisa mengkonsumsi nya dengan aman.

Pabrik beras dan mie shirataki di Indonesia dimana?

pengolahan porang tepung konjak
Pengolahan konjak yam, keripik konjak, dan tepung konjak: ambico.co.id

PT AMBICO adalah sebuah perusahaan pabrik pembuat mie instan dan juga beras shirataki yang ada di Indonesia. PT AMBICO atau PT Ambitious Trading Co sudah berdiri sejak tahun 1971 yang di dirikan oleh seorang mantan tentara Jepang yang di kirim ke Indonesia yang bernama Masaharu Ishii.

Pabrik yang berkantor pusat di alamat jalan Dinoyo no.29 Surabaya Jawa Timur ini hingga tahun 2021 ini sudah berhasil mengolah porang atau umbi iles-iles menjadi berbahan bahan makanan seperti berikut:

  • KONNYAKU
  • KONNYAKU TSUBU BESAR
  • KONNYAKU TSUBU KECIL
  • KONNYAKU BASO
  • KONNYAKU BOBA ASHITABA
  • BERAS KONNYAKU KERING
  • DBK GG
  • BERAS KONNYAKU KERING
  • DBK GN
  • BUBUK KONNYAKU KERING
  • KONNYAKU GRANULAR KERING GG
  • KONNYAKU GRANULAR GN KERING

Sedangkan untuk pabrik beras shirataki tertua yang berada di Jepang adalah San Syokuhin Co Ltd yang sudah di dirikan sejak tahun 1930 dan menjadi besar sebagai Co Ltd pada 8 Mei 1975 yang dipimpin oleh seorang presiden direktur perusahaan yang bernama Mikio Kato.

Harga Beras Shirataki

Harga beras shirataki berapaan? di mana kita bisa membeli beras ini? setelah Anda mengetahui akan kelebihan dan manfaat dari beras ini, tentu selanjutnya Anda akan bertanya dan ingin tahu tentang harga beras ini berapa dan dimana Anda bisa membelinya.

Harga beras ini di pasaran Indonesia saat ini di banderol antara 200 sampai dengan 300 ribuan per kg, dan untuk pembelian Anda bisa membelinya secara online di berbagai toko online dan marketplace terpercaya yang ada di Indonesia seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, dan lain-lain.

Beras Shirataki ada di Indomaret atau Alfamart?

Indomaret dan Alfamart merupakan 2 gerai mini market yang banyak dijadikan sebagai tempat belanja sembako favorit baik di kota maupun di desa, akan tetapi jika Anda ingin membeli beras shirataki di Indomaret atau Alfamart, untuk saat ini ternyata belum semua gerai menyediakannya.

Cara yang paling mudah untuk mendapatkan beras ini saat ini adalah dengan membelinya di supermarket-supermarket besar atau membelinya secara online.

Cara Memasak Beras Shirataki

cara masak beras shirataki
gambar: teen.co.id

Jika Anda baru untuk pertama kalinya akan memasak beras shirataki ini untuk diet, berikut cara memasak beras shirataki untuk diet yang kami kutip dari situs dokter halodoc.com sebagai berikut.

Metode cara memasak 1
  • Rebus beras dengan air bersih dengan durasi minimal selama 20 menit sampai benar-benar matang dengan tanda warnanya sudah mengalami perubahan.
  • Nasi shirataki kering bisa mengembang hingga ukuran empat sampai lima kali lipat dari ukuran awal.
Metode cara memasak 2

Masak dengan penanak nasi untuk rasa yang lebih nikmat, begini caranya:

  • Cuci beras biasa hingga bersih seperti biasa, kemudian tambahkan 40 gram beras shirataki kering dan biarkan terendam kedalam air selama 30 menit. Kemudian beras bisa dipindahkan ke dalam saringan dan ditiriskan seluruhnya agar tidak menjadi terlalu lembek.
  • Langkah selanjutnya adalah dengan menambahkan 300-350 mililiter air dan masak dengan rice cooker, atau bisa juga di masak menggunakan slow cooker dengan air yang lebih banyak agar lebih lembek seperti bubur.
Metode cara memasak 3 

Masak beras ke dalam panci (masak dengan di campurkan ke nasi):

  • Taruh 180 mililiter (160 gr) nasi ke dalam mangkuk. Cuci beras dengan lembut dengan gerakan melingkar dan buang airnya. Ulangi proses pencucian ini ini sekitar 3-4 kali sampai benar-benar bersih.
  • Lalu rendam beras dan 40 gram shirataki kering dalam air dingin selama 30 menit. Pindahkan beras ke dalam saringan dan tiriskan seluruhnya agar tidak menjadi lembek.
  • Campurkan beras biasa dengan beras konyaku, dengan menambahkan air sebanyak 300-350 mililiter ke dalam wajan tebal, dan kemudian didihkan dengan api sedang dengan kondisi tertutup rapat.
  • Periksa saat air mendidih, jika tidak jangan buka tutupnya. Setelah air mendidih, kecilkan api dan masak selama 12 sampai dengan 15 menit, atau hingga air benar-benar terserap. Jika kamu melihat masih ada air yang tersisa, tutup penutup nya dan lanjutkan memasak sedikit lebih lama.
  • Angkat panci dari api, tutup dan biarkan mengukus selama 10 menit lagi. Aduk nasi dengan rice paddle jika sudah matang. 
Metode cara memasak 4

Memasak beras shirataki dengan campuran bahan makanan lain: 

  • Masak beras seperti pada metode kedua atau ketiga.
  • Setelah matang, tambahkan nasi dengan tumisan untuk dijadikan nasi goreng atau campurkan nasi yang sudah matang ke dalam rebusan sup.

7 Rekomendasi Merk Beras Shirataki Yang Bagus

Beras shirataki bisa Anda beli dalam kemasan ekonomis secara eceran yang murah dan terjangkau dengan harga mulai dari untuk kemasan ukuran 100 gram. Dan kemasan ini cocok untuk Anda yang baru pertama kali ingin mencoba beras sehat yang terbuat dari tepung porang ini.

1. Joy & Smart Healthy Life

joy and smart healthy life
gambar: shopee.co.id

Beras shirataki kering kemasan repack 1 kg

Meskipun di banderol dengan harga Rp 230.000 per satu kilo gramnya, beras ini cukup laris manis penjualannya di toko online Shopee dan terutama di buru oleh para pembeli yang ingin menjalankan program diet keto.

Dan dari hasil pantauan BestList, produk sudah mendapatkan review dan testimoni komentar yang cukup baik dari pembeli sehingga layak untuk beli.

2. Beras Shirataki Terlaris di Shopee

beras shirataki shopee terlaris
gambar: shopee.co.id

Cocok untuk diet dan penderita penyakit diabetes

Jika di bandingkan dengan merk yang diatas, merk ini lebih laris penjualannya yang merupakan salah satu beras shirataki terlaris yang ada di toko online Shopee karena sudah mendapatkan ribuan penjualan.

Dapat Anda beli dengan harga yang lebih murah dari yang diatas karena hanya di banderol seharga Rp 190.000 rupiah saja.

3. Beras Shirataki Ambico Repack

ambico konyaku shirataki rice repack
gambar: shopee.co.id

Produk konyaku rice selanjutnya masih merupakan yang terlaris yang ada di Shopee yang bermerek Chiajoy yang merupakan produk repack atau produk yang di kemas ulang menjadi kemasan eceran 1 kg.

Dan sebagai informasi tambahan terkait nilai gizi atau nutrisi yang ada pada setiap 100 gram beras shirataki adalah mengandung 15 kalori, 0,02 gram lemak, 3 sampai 4 gram karbohidrat, dan 19 gram protein.

4. Beras Shirataki Basah Tsubu Konyaku

beras shirataki basah harga eceran murah
gambar: shopee.co.id

Berbeda dengan ketiga rekomendasi yang diatas, untuk produk Shirataki Tsubu Konyaku Konyaku merupakan jenis beras shirataki basah yang kaya akan serat dan tentu saja juga kadar rendah kalorinya. Dan jika di perjelas lagi secara lebih rinci tentu saja beras ini terbebas dari lemak, bebas gula, bebas gluten, dan bebas natrium.

Jika Anda masih bingung tentang bagaimana cara memasaknya, beras bisa Anda masak seperti ketika Anda memasak nasi biasa. Anda bisa mendapatkan beras shirataki ini dengan harga ekonomis mulai dari ukuran 250 gram.

5. House of Organix Shirataki Konyaku

House of Organix Konyaku
gambar: blibli.com

Merk beras shirataki selanjutnya adalah House of Organix yang merupakan beras shirataki yang memiliki kandungan rendah kalori dan juga bebas lemak sehingga sangat cocok di konsumsi oleh mereka yang sedang berdiet.

Harga untuk beras merk House of Organix yang cukup rendah kalori ini bisa Anda beli dengan harga mulai dari 200 ribuan untuk kemasan berukuran 1 kg.

6. Genki Plant Shirataku Konnyaku Rice

beras shirataki genki plant
gambar: shopee.co.id

Kelebihan dari beras shirataki merk Genki Plant ini diantaranya adalah memiliki karbohidrat dan amilopektin yang lebih berkualitas baik karena proses pembuatannya yang menggunakan alat dan teknologi modern.

Dan dikarenakan proses pembuatannya yang menggunakan alat yang lebih modern, sehingga membuat Shirataki rice merk Genki Plant ini lebih istimewa karena bahan yang digunakan dari tepung konjac yang lebih kenyal, nikmat, dan juga rendah kalori.

7. Choconola Shirataki Konnyaku Rice

Choconola Shirataki Konnyaku Rice
gambar: blibli.com

Rekomendasi merk beras shirataki lainnya adalah merk Choconola yang juga sudah memiliki angka penjualan yang cukup lumayan tinggai di beberapa toko online populer seperti Shopee dan Blibli.

Salah satu kemasan terlaris untuk merk ini adalah kemasan ukuran 500 gram yang di banderol dengan harga paling murah mulai dari 100 ribuan saja.

Dalam dunia kuliner di negara Jepang, bahan makanan konnyaku banyak digunakan sebagai bahan pelengkap menu shabu-shabu dan sukiyaki.

Kesimpulan:

Beras shirataki merupakan beras rekayasa dan bukan beras yang dihasilkan dari pohon atau tanaman padi. Beras ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik untuk kesehatan karena rendah kalori sehingga sangat di rekomendasikan untuk penderita penyakit diabetes atau orang yang sedang menjalankan program diet.

Baca juga rekomendasi:

Beras Organik Untuk MPASI.

Sabun Beras Susu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.