merek emplex terbaik

2 Merk Emplex (emulsifier dan perenyah kue) Terbaik (Sudah BPOM)

Diposting pada

Lagi nyari emplex Bun? Dalam pembuatan kue kering modern, sebagian besar jenis kue kering saat ini menggunakan bahan utama tepung terigu terkadang dibutuhkan juga tepung gandum utuh dalam jumlah yang sedikit sebagai pelengkap.

Kemudian ada beberapa jenis bahan tambahan lainnya seperti mentega atau margarin, garam, baking powder atau soda kue, dan ada satu lagi yang namanya belum terlalu populer yakni emplex.

Emplex itu apa sih? untuk Anda yang sebelumnya belum tahu, menurut filmapro.co.id, Emplex adalah bahan kimia tambahan yang berbentuk bubuk yang digunakan untuk sebagai campuran dalam pembuatan kue kering dan juga kue basah.

Kue nastar merupakan salah satu jenis kue kering khas lebaran yang sebagian besar dibuat menggunakan bahan tambahan ini, karena disebut-sebut juga tidak hanya dapat membuat renyah tapi juga membuat kue menjadi lebih awet dan bebas jamur dalam waktu yang lebih lama.

Jadi fungsi emplex secara keseluruhan kurang lebihnya adalah sebagai pengawet kue, perenyah kue dan juga sebagai emulsifier atau bahan pengemulsi yang dapat membantu adonan kue dapat tercampur rata dengan lebih sempurna.

Pengganti emplex untuk kue kering atau basah bisa juga menggunakan bahan lain seperti ragi atau baking powder dan soda kue (baking soda) seperti yang lebih populer dan sudah digunakan sebelum kemunculan bahan tambahan jenis ini.

Takaran emplex untuk kue kering berapa?

Anjuran takaran emplex untuk kue kering adalah 0.4-0.8% dari berat tepung, dan ini juga berlaku jika digunakan untuk membuat gorengan, apalagi jika menggunakan emplex untuk nastar.

Sedangkan takaran emplex pada kue basah adalah 0.3-0.6% dari berat tepung.

Ingat! demi keamanan dan agar tidak berdampak pada kesehatan dalam jangka panjang, silahkan praktikan cara pemakaian emplex sesuai dosis atau takaran yang dianjurkan.

Bahaya emplex apakah ada?

Sejauh ini seperti yang sudah BestList coba cari informasinya, emplex tidak berbahaya selama tidak digunakan melebihi takaran yang dianjurkan. Selain itu, pastikan untuk membeli merk atau brand yang sudah terdaftar di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) agar lebih terjamin keamanannya.

Akan tetapi meskipun tidak dapat menimbulkan efek atau dampak buruk untuk kesehatan secara langsung, dikarenakan terbuat dari bahan kimia sintetis dan bukan murni terbuat dari bahan alami, usahakan agar tidak sering-sering mengkonsumsi makanan yang mengandung emplex ini.

Harga emplex

Harga emplex terbaru yang saat ini bisa dengan mudah Anda beli secara online di Shopee atau Lazada dibanderol mulai dari Rp 30 ribuan untuk satu bungkus kemasan ukuran 250 gram. Atau ada juga penjual yang menjual secara eceran (kemasan repack) dengan harga yang lebih murah mulai dari Rp 10 ribuan.

Simak juga:

Tepung Hunkwe di Indomaret.

Kapur Sirih di Indomaret.

Garam Himalaya di Indomaret

2 Rekomendasi Merk Emplex Terbaik

Dan berikut ini adalah satu merk yang sudah terdaftar di BPOM sehingga untuk keamanan produknya lebih terjamin jika dibandingkan dengan merk yang belum terdaftar dan memiliki izin edar dari BPOM.

1. Haan Emulplex

emplex haan emulplex

Cocok untuk roti dan donat

LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI LAZADA LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Rekomendasi merk terbaik yang pertama dan memang yang terakhir adalah Haan Emulplex yang untuk saat ini merupakan salah satu yang paling laris penjualannya.

Cocok untuk berbagai jenis cookies termasuk banyak digunakan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan donat agar hasil akhir menjadi lebih kenyal dan lembut, serta membuat pori-pori pada lapisan luar kue terlihat lebih halus.

Selain digunakan untuk kue kering dan basah, Haan Emulplex ini juga bisa digunakan untuk membuat gorengan agar hasil akhir menjadi lebih kering dan renyah dengan cara dicampurkan pada tepung terlebih dahulu sebelum dicampur dengan tepung bumbu serbaguna untuk gorengan apabila menggunakannya.

Haan Emulplex tersedia dalam kemasan pouch alumunium foil ukuran 250 g dan 1 kg dan sudah terdaftar di BPOM dengan nomor registrasi “MD 678731287028” yang diproduksi oleh PT Gandum Mas Kencana yang berlokasi di Tangerang.

Dan berdasarkan hasil pengecekan BestList di tiga marketplace besar seperti Lazada, Shopee, dan Tokopedia, penjual yang menjual produk tambahan ini menjual merk Haan Emulplex saja.

2. Emplex Cap Onta

emplex cap onta
LIHAT PROMO DI SHOPEE LIHAT PROMO DI SHOPEE

Selain merk Haan Emulplex, di pasaran ternyata saat ini sudah ada juga beredar Emplex Cap Onta yang diproduksi oleh CV Teladan Aneka Nusantara yang berlokasi di Kalimantan Barat.

Dan dikarenakan pabriknya yang terletak di pulau Kalimantan tersebut kemudian membuat pendistribusian Cap Onta ini tidak terlalu banyak dapat ditemukan di pulau Jawa.

Merk Cap Onta ini sudah resmi terdaftar di BPOM di nomor registrasi BPOM “MD 278714013037“.

Apakah hanya merk Haan Emulplex dan Cap Onta saja yang sudah terdaftar di BPOM?

Untuk saat ini BestList hanya merkomendasikan dua merk tersebut saja dikarenakan hanya Haan Emulplex dan Cap Onta ini yang sudah terdaftar dan sudah dipercaya oleh cukup banyak konsumen.

Di marketplace Shopee ada juga Emplex Cap Cendrawasih yang terlihat pada kemasannya tertulis nomor registrasi BPOM “MD 278313108147”, akan tetapi setelah tim BestList cek ternyata nomor registrasi tersebut palsu dan tidak terdaftar di BPOM, atau memang sudah kadaluwarsa.

Simak juga:

Tepung Garut Terbaik.

Tepung Maizena Terbaik.

Bumbu Ayam Goreng Terbaik.